9 Ide Parcel Lebaran Sederhana, Murah, dan Bermanfaat

parcel lebaran

Program Lister – Perayaan Idul Fitri sering dijadikan momen untuk memberikan bingkisan kepada keluarga, saudara, atau kerabat. Isi dari parcel lebaran atau hampers bisa beraneka ragam.

Berikut ide parsel yang bisa kamu pilih dengan budget terjangkau dan tetap bermanfaat!

Rekomendasi Parcel Lebaran untuk Keluarga, Teman, dan Kerabat

Pemberian parsel lebaran dapat menjadi makna, kesan, dan perhatian tersendiri untuk yang menerimanya. Bertukar bingkisan juga dapat menyambung silaturahmi dan hubungan sosial yang baik.

Parsel merupakan bingkisan yang dibungkus rapi dan menarik yang diberikan untuk keluarga, saudara, hingga kerabat dalam rangka hari tertentu.

Berikut rekomendasi parcel lebaran dengan harga yang terjangkau, sederhana, dan tetap bermanfaat.

1. Kue kering atau makanan ringan

parcel lebaran

Kue kering identik dengan suasana hari raya Idul Fitri. Beberapa contoh jenis kue kering untuk lebaran adalah nastar, kue kacang, kastengel, kue semprit, putri salju, dan lidah kucing.

Parsel lebaran yang terdiri dari kue kering dapat disantap bersama keluarga dan sanak keluarga. Selain kue kering khas lebaran, ada pula berbagai jenis makanan ringan yang dapat diberikan, seperti biskuit, coklat, permen, atau wafer.

Ukuran dan jumlah kue kering atau makanan ringan dapat diatur sesuai budget, agar tidak memberatkan diri dalam mengeluarkan biaya.

Apa saja kue kering paling favorit yang selalu ada di setiap rumah saat lebaran? Simak artikel ​​Rekomendasi 5 Kue Lebaran Terfavorit Sepanjang Masa.

2. Sembako

Sembako dapat menjadi pilihan parsel lebaran untuk kerabat, saudara, karyawan, atau tetangga. Selain memiliki harga yang terjangkau, tentunya dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Beberapa inspirasi isi parsel sembako antara lain teh, kopi, mi instan, minyak goreng, gula, dan garam.

3. Perlengkapan ibadah

parcel lebaran

Idul Fitri merupakan hari raya yang ditunggu-tunggu umat Islam. Biasanya keluarga akan menjalankan ibadah dan kumpul bersama.

Parsel perlengkapan ibadah akan bermanfaat untuk ibadah Idul Fitri maupun keperluan ibadah sehari-hari. Contohnya antara lain mukena, sajadah, sarung, Al-quran, dan sebagainya.

4. Handuk

Handuk adalah salah satu inspirasi parsel yang umum, sederhana, dan berguna untuk penerimanya. Berbagai warna dan jenis handuk banyak dijual di pasaran dengan biaya yang cukup terjangkau.

5. Makanan khas lebaran buatan sendiri

parcel lebaran

Jika memiliki kemampuan memasak, tidak ada salahnya untuk memberikan makanan lebaran buatan sendiri. Selain dapat memberikan kesan yang spesial, makanan khas lebaran bisa langsung disajikan dan dinikmati bersama.

Beberapa contoh makanan khas lebaran antara lain opor ayam, lontong sayur, ketupat, rendang, atau sambal goreng ati.

6. Frozen food

Bagi teman atau keluarga yang tidak mendapat kesempatan untuk mudik atau pulang kampung, memberikan parsel frozen food juga dapat menjadi pilihan.

Selain itu, karena kesibukan atau aktivitas, parsel lebaran belum tentu langsung digunakan atau dikonsumsi.

Frozen food dapat menjadi pilihan yang tepat karena memiliki waktu konsumsi yang panjang, beragam harga terjangkau, hingga bermanfaat bagi penerimanya.

7. Buku

Pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia. Buku dapat menjadi hadiah yang berguna dan tak terlupakan untuk penerimanya.

Apalagi, jika buku tersebut dapat dipakai untuk persiapan dalam meraih mimpi studi ke luar negeri, beasiswa, atau karier. Salah satu buku yang akan berguna yakni buku untuk belajar persiapan tes bahasa Inggris. Simak rekomendasi buku latihan IELTS terbaik dalam artikel 5 Buku IELTS Terbaik, Bantu Kamu Jalani Preparation!

8. Baju lebaran

parcel lebaran

Lebaran adalah salah satu ajang membeli baju baru. Hadiah berupa baju lebaran dapat menjadi pilihanmu.

Menjelang lebaran, seringkali terdapat promo hingga diskon yang cukup banyak di pasar grosir, lokal, ataupun marketplace.

9. Set alat bekal dan tempat minum

parcel lebaran

Ingin memberikan bingkisan yang berguna untuk kerabat atau teman yang sering membawa bekal makan siang di sekolah atau kantor? Parsel lebaran berupa satu set alat bekal dan tempat minum akan menjadi penyemangat baru untuk memulai aktivitas setelah libur lebaran nanti.

Kini sudah banyak berbagai jenis alat bekal dan tempat minum dengan desain menarik dan harga terjangkau.

3 Tips Memberikan Parsel Lebaran Anti Gagal

parcel lebaran

Masih bingung bagaimana memberikan parsel yang sesuai dan bermanfaat? Simak tips memilihnya berikut ini.

1. Sesuaikan parsel dengan penerimanya

Parsel untuk orang terdekat atau yang sudah dikenal dapat berupa bingkisan yang spesifik dan unik. Akan tetapi, jika belum mengenal penerima dengan baik, maka bingkisan yang umum seperti kue lebaran atau perlengkapan ibadah dapat menjadi pilihan.

2. Mengirim parsel lebaran jauh-jauh hari

Banyak orang menggunakan jasa pengiriman saat musim lebaran. Oleh karena itu, usaha untuk mengirimkan bingkisan jauh-jauh hari untuk menghindari keterlambatan pengiriman.

3. Memberikan kartu dengan pesan ucapan

Menulis pesan pribadi untuk sang penerima parsel dapat memberikan makna yang berkesan. Apalagi jika kartu ucapan tersebut ditulis dengan tangan sendiri atau bahkan dibuat secara handmade

Lister, Kursus Bahasa Asing dengan Tutor Berkualitas! 

Punya mimpi study abroad atau karier di perusahaan multinasional? Skill bahasa asing menjadi salah satu yang utama untuk dapat meraihnya.

Temukan kursus bahasa asing yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Tutor-tutor Lister memiliki penerapan pengajaran yang interaktif dan efektif sehingga kamu dapat nyaman belajar hingga mudah memahami materi.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.