Permohonan Visa Kamu Ditolak? Simak 7 Alasan ini

Program Lister – Dalam proses permohonan visa, tidak selamanya akan berjalan lancar. Simak tujuh alasan di balik visa ditolak berikut ini.

Dokumen yang Diunggah Buram (Blur)

Dilansir dari Direktorat Jenderal Imigrasi, alasan pertama yang umum ditemui adalah dokumen yang diunggah kurang jelas.

Jangan lupa untuk mengecek ulang hasil scan dokumen persyaratan sudah terlihat dengan jelas karena hasil scan sangat mempengaruhi keputusan persetujuan visa.

Pastikan juga ukuran dan jenis dokumen sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan.

Dokumen Tambahan Tidak Lengkap

Dokumen visa yang harus dilengkapi adalah dokumen wajib (mandatory) dan dokumen tambahan.

Dalam beberapa kondisi seperti pada saat masa pandemi Covid-19, dokumen tambahan menjadi berpengaruh dalam proses permohonan visa. Misalnya surat vaksinasi, hasil tes PCR, atau surat kesediaan melakukan karantina.

Jadi, pastikan untuk mengisi dokumen tambahan jika diperlukan, ya!

Masa Berlaku Paspor Tidak Cukup

Sebelum mengajukan permohonan visa, kamu harus mengetahui terlebih dahulu informasi masa tinggal visa dan menyesuaikan dengan masa berlaku paspor. Umumnya, masa berlaku paspor wajib minimum 6 bulan lebih lama daripada masa tinggal visa yang diajukan.

Paspor.
Paspor.

Paspor berbeda dengan visa dan memiliki proses pengajuan yang berbeda pula. Berikut ulasannya dalam artikel Mengapa Perlu Paspor untuk ke Luar Negeri? Ini Penjelasannya.

Dana Tidak Mencukupi

Untuk mengunjungi negara manapun, kamu harus memiliki saldo yang mencukupi di rekening bank. Konsulat telah menetapkan jumlah tertentu sebagai biaya yang dibutuhkan di negara tujuan.

Jika rekeningmu tidak memenuhi jumlah minimal yang ditentukan, maka ini bisa menjadi alasan penolakan visa.

Adanya Ketidaksesuaian Data

Adanya data yang tidak sesuai dalam dokumen dapat menjadi kekhawatiran bahwa pemohon visa melampirkan data palsu. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan double cross check pada data yang kamu lampirkan.

Pernah Melakukan Tindakan Kriminal

Jika memiliki jejak kriminal yang tercatat hukum, kamu dikhawatirkan dapat membahayakan keamanan di negara yang kamu tuju.

Tidak Memiliki Asuransi Perjalanan

Jika kamu gagal menunjukkan asuransi perjalanan atau asuransi perjalanan kamu tidak valid, bisa jadi permohonan visa kamu ditolak. Beberapa kedutaan meminta pihak asuransi untuk menanggung sejumlah biaya, jadi jangan lupa mengecek ulang, ya!

Tips agar Permohonan Visa Disetujui

Nah, setelah mengetahui alasan permohonan visa kamu bisa ditolak, simak tips berikut agar proses pengajuan visa kamu lancar:

  • Memastikan bahwa dokumen yang diajukan lengkap dan sesuai persyaratan
  • Memberikan informasi yang jelas dan akurat pada formulir aplikasi
  • Menyediakan bukti yang cukup untuk menunjukkan tujuan perjalanan dan kemampuan keuangan dalam membiayai perjalanan yang akan dilakukan
  • Disarankan untuk mengajukan permohonan visa beberapa bulan sebelum jadwal perjalanan

Tips lainnya yang penting diketahui adalah menyesuaikan jenis visa dengan tujuan kunjungan. Sebagai contoh, kamu dapat mengajukan visa Schengen ke 26 negara yang menerima visa jenis ini. Simak tahap pengajuannya dalam artikel Apa itu Visa Schengen? Kegunaan, Jenis, dan Cara Membuatnya.

Ingin Menguasai Banyak Bahasa? Ikuti Program di Lister!

Menguasai banyak bahasa memiliki berbagai keuntungan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Daftarkan dirimu dalam Program Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.