Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Wajib Dikuasai, Pentingnya Soft Skill dalam Dunia Kerja

pentingnya soft skill

Untuk membuka peluang karier yang lebih potensial, kamu tentu harus terus mengembangkan diri. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa asing. Kamu bisa mengambil kelas bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Selain itu, ada kemampuan lain yang penting kamu kembangkan agar sukses di dunia kerja, yakni soft skill.

Apa itu soft skill? Apa pentingnya soft skill dalam dunia kerja? Simak ulasannya berikut ini.

Soft Skill adalah

Soft skills adalah sifat-sifat pribadi yang memengaruhi seberapa baik kamu bekerja atau berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan ini mempermudah kamu dalam membangun relasi dengan orang lain, membangun kepercayaan, dan memimpin orang lain.

Pada dasarnya, soft skills sangat penting untuk kesuksesan di dunia kerja, kesuksesan perusahaan, dan dalam kehidupan pribadi.

Perbedaan Soft Skill dengan Hard Skill

Soft skills merujuk ke kemampuan komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan ini tidak berwujud, sehingga sulit untuk diukur.

Soft skills berkaitan dengan kepribadian yang dikembangkan dan dipelajari seumur hidup. Contohnya adalah kecerdasan emosional, manajemen waktu, kemampuan beradaptasi, kreativitas, dan lain-lain.

Hard skills adalah kemampuan yang berkaitan secara langsung dengan pekerjaan. Contohnya analisis data, desain, pemasaran, dan lain-lain.

Hard skills diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan tertentu. Materi yang diajarkan termasuk bagaimana menggunakan peralatan tertentu.

Pentingnya Soft Skill

Kesuksesan sebuah tim dan bisnis tidak hanya bergantung pada kemampuan teknis pekerjaan. Kesuksesan tersebut juga ditentukan dari bagaimana karyawan berinteraksi dengan rekan kerja dan klien.

Soft skills membantu karyawan memaksimalkan hard skills mereka. Kemampuan seperti menyelesaikan konflik, kecerdasan emosional, dan bekerja di bawah tekanan sangatlah penting di tempat kerja.

Pekerja dengan soft skills yang baik akan mampu bekerja di dalam tim dan menjadi manajer yang efisien. Mereka pintar membangun relasi dengan orang lain.

Mereka juga memiliki potensi untuk bertumbuh di perusahaan.

7 Soft Skills yang Penting dalam Dunia Kerja

Saat proses rekrutmen, calon karyawan harus mengikuti tes hard skills dan soft skills. Apa saja soft skills yang penting dalam dunia kerja?

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah soft skills penting dalam setiap industri. Penting untuk mampu berinteraksi secara efektif dengan rekan kerja dan konsumen.

Kemampuan komunikasi ini meliputi komunikasi verbal dan tertulis.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional dapat diartikan sebagai kemampuan mengidentifikasi dan memanajemen emosi serta merespons emosi orang lain.

Kecerdasan emosional di antaranya terdiri dari kesadaran diri, manajemen diri, motivasi, empati, dan kemampuan bersosialisasi.

Bekerja dalam Tim

Kemampuan bekerja dalam tim bersama rekan kerja adalah hal yang penting. Menjadi pemain tim berarti terbuka terhadap ide dan masukan, menghormati sudut pandang orang lain, serta merasa nyaman bekerja di dalam tim.

Pola Pikir Berkembang

Pola pikir bertumbuh atau berkembang adalah salah satu faktor penentu kesuksesan dalam karier. Pekerja dengan pola pikir berkembang memiliki motivasi diri dan bersikap proaktif.

Mereka tahu pentingnya mengembangkan kemampuan dengan menghadapi tantangan serta introspeksi kelemahan sendiri.

Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik membantu pekerja merencanakan dan mengatur jadwal harian dan tenggat waktu. Mereka yang mampu memanajemen waktu dengan baik dapat bekerja secara lebih efisien dan produktif.

Kreativitas

Kemampuan ini berarti memiliki wawasan, imajinasi, dan fleksibilitas dalam memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi dalam pekerjaan.

Mereka yang kreatif lebih mampu berinovasi dan berproses dalam sistem di perusahaan.

Kepemimpinan

Pekerja dengan kepemimpinan yang baik tampak unggul di antara timnya. Mereka mampu membimbing orang lain mencapai potensi terbaiknya.

Mereka mampu membuat keputusan, fleksibel, dan potensial menjadi pemimpin yang baik.