10 Contoh Greetings dalam Bahasa Inggris

contoh greetings

English for Customer Service – Greetings adalah salah satu etika yang baik dalam percakapan. Di dunia bisnis greetings sangat penting dilakukan terutama untuk memulai perbincangan dengan pelanggan maupun mitra bisnis.Cek 10 contoh greetings dalam bahasa Inggris ini untuk dipelajari. 

Greetings Artinya 

Sebelum mengenal tentang contoh greetings ada baiknya kita tahu, apa itu greeting dan digunakan untuk apa? 

Greetings dalam bahasa inggris adalah ungkapan sapaan dalam bentuk kalimat yang digunakan seseorang untuk menyapa atau memberi salam kepada seseorang. 

Greetings juga merupakan bagian dari ekspresi yang menunjukkan rasa sopan santun, rasa bahagia atau senang juga rasa simpati atau perhatian. Jadi tidak hanya terbatas pada salam saja ya!  

Dalam praktiknya, greetings atau sapaan ada dan umum di berbagai kebudayaan maupun wilayah. Di Indonesia sapaan seperti ini pastinya sudah sangat melekat. 

Greetings masuk sebagai salah satu sopan santun atau etika yang baik ketika kita mengajak seseorang berbincang maupun hanya sekedar say hi

Ada banyak jenis contoh greetings tentunya penggunaan disesuaikan dengan situasi dan kepada siapa kamu berbicara. Ada greetings formal maupun non formal. Jadi gunakan keduanya ditempat yang tepat ya! 

baca juga : 3 Formal Greetings untuk Email Bisnis: Dos and Don’ts

Apa pentingnya greetings? 

Memang terlihat sederhana, namun greetings ini memiliki manfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya

1. Menunjukkan tanda sopan satu dan penghargaan 

Penggunaan greeting di percakapan sehari-hari adalah salah satu etika baik untuk menunjukkan kita menghargai lawan bicara. Hal ini tentunya menunjukkan simpati dan sopan santun kita untuk orang lain. 

Dengan sopan santun seperti ini tentunya lawan bicara akan lebih nyaman untuk berbincang lebih lanjut. Dan juga cukup merasa dihargai. 

2. Tanda memulai dan mengakhiri pembicaraan 

Mengucapkan greeting terlebih dahulu juga menjadi awalan yang baik untuk memulai pembicaraan. Jika percakapan langsung dilakukan tanpa awalan, tentunya hal ini terlihat kurang sopan dan cukup to the point. 

Apalagi untuk seseorang yang kurang akrab atau kurang kenal satu sama lain. Gunakan greetings untuk memberi tanda kamu ingin berbincang dengannya. 

Begitu juga dengan mengakhiri percakapan, penggunaan greetings menandakan percakapan telah diakhiri. 

3. Mengungkapkan rasa simpati 

Greetings bukan hanya sekedar sapaan ketika bertemu atau untuk memulai percakapan, ada banyak ekspresi greetings. Termasuk ekspresi mengungkapkan rasa simpati atau perhatian kepada seseorang. 

Misalnya ketika memberikan greetings untuk teman yang sedang ulang tahun, maupun mengungkapkan rasa sedih dalam percakapan. 

4. Greetings untuk mempermanis ucapan 

Salah satu manfaat penggunaan greetings dalam percakapan kita adalah greetings memberikan kesan manis dalam percakapan kita. Tentunya hal ini akan sangat mengurangi ketegangan dalam percakapan. 

Kalimat-kalimat yang kamu ucapkan akan jauh dari kata kaku dengan greetings yang tepat. 

Penggunaan greeting untuk berbagai kondisi 

Ada beberapa kondisi yang memerlukan greetings dengan baik, diantaranya adalah 

1. Percakapan sehari-hari 

Banyak contoh greetings cukup umum digunakan untuk percakapan sehari-hari yang bersifat informal. Umumnya digunakan kepada keluarga, teman, tetangga dan lainya. Tentunya greetings informal ini sifatnya cukup santai namun tetap sopan dan menambah keakraban. Beberapa acara yang umum menggunakan greetings informal ini biasanya pada acara kumpul keluarga, pesta maupun pertemuan dengan para tetangga. 

2. Percakapan formal 

Greetings untuk percakapan formal umumnya digunakan untuk memulai percakapan maupun memberi sapaan di situasi yang memerlukan kesopanan tingkat tinggi. Biasanya digunakan untuk menyapa dalam acara formal dan juga seseorang yang memiliki tingkat sosial yang lebih tinggi. 

3. Pembuka email 

Email juga membutuhkan greetings untuk memberikan kesan ramah, sopan dan profesional. Baik pesan untuk mitra kerja maupun pelanggan, pembuka email berisi greetings adalah hal wajib. 

Jika kamu belum terbiasa menggunakan greetings untuk menulis email baik di awal maupun akhir pesan, mungkin sekarang waktunya mulai biasakan menggunakan greetings. 

4. Percakapan telepon 

Untuk pekerjaan tertentu yang banyak bekerja dengan menerima telepon dari pelanggan, menguasai greetings adalah hal yang penting dimiliki. Greetings juga sangat penting digunakan dalam percakapan telepon, hal ini membuat percakapan melalui telepon terdengar lebih sopan dan juga ramah. 

baca juga : 5 Cara Mengucapkan Bahasa Inggris Perkenalan, Ayo Coba!

Contoh greetings dalam bahasa Inggris untuk berbagai kondisi 

Berikut Lister berikan rangkuman beberapa contoh greetings dalam bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, percakapan dalam telepon dan juga kondisi formal. 

1. Contoh greeting di percakapan sehari-hari 

  1. Hey! How’s it going? (hai, bagaimana kabarmu?) 
  2. Yo! How have you been? (hai bagaimana kabarmu?)
  3. Hai dude, It’s been a while! (hai teman, sudah lama sekali!) 
  4. Morning, my bro! How’s everything? (halo bro, apa kabar semuanya?) 
  5. Happy birthday, Sweety. Hope you have amazing day filled with love and joy (selamat ulang tahun sayang, semoga harimu penuh cinta dan kebahagiaan!) 
  6. Happy holidays, time to enjoy your time! (selamat berlibur, waktunya menikmati waktumu!) 
  7. Merry Christmas! May your day surrounded by love (Selamat hari natal! Semoga kamu selalu dikelilingi dengan cinta!)
  8. Happy thanksgiving, grateful for what you have now! (Selamat hari Thanksgiving, bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki sekarang!) 

2. Contoh greeting di percakapan di situasi formal 

  1. Good Night, Mr.Norman  (Selamat malam, Bapak Norman)
  2. Hello, Randy, it’s a pleasure to meet you here (Halo, Randy sebuah kesenangan untuk bertemu kamu disini)
  3. Good morning, ladies and gentlemen (Selamat pagi, tuan dan nyonya) 
  4. How do you do Mrs Anna (Bagaimana kabar Anda, Nona Anna) 
  5. Good night, respected members of the board (Selamat malam, para tamu yang terhormat di acara ini)
  6. It’s an honor to welcome you, Mrs Anna (Sebuah kehormatan untuk menyambut Anda, Nona Anna) 

3. Contoh greeting di percakapan di email 

Contoh greetings awalan emailContoh greetings akhiran email
Dear Mr. NormanBest regard 
Good morning, Mr NormanSincerely 
GreetingsRespectfully 
Hi there, AlfanBest wishes 
Contoh greeting di percakapan di email

Belajar greetings dan bahasa Inggris customer service lengkap 

Ingin memberikan pelatihan kepada CS di perusahaan Anda? bisa memberikan pelatihan english for customer service dari Lister. 

Lister menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Anda dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.