5 Cara Mengucapkan Bahasa Inggris Perkenalan, Ayo Coba!

bahasa inggris perkenalan

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Bahasa Inggris perkenalan ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Perkenalan biasanya hanya berisi kalimat sapaan singkat untuk memperkenalkan dirimu, salah satunya dengan penyebutan nama.

Melakukan perkenalan dengan orang baru adalah cara terbaik untuk memperbanyak teman dan melakukan percakapan lebih jauh.

Percakapan bahasa Inggris perkenalan juga bisa bikin kamu makin percaya diri. Biar perkenalan kamu makin berkesan dan nggak itu-itu aja, coba simak contoh kalimat dari Lister berikut ini. 

Contoh Bahasa Inggris Perkenalan dengan Orang Baru

Pada dasarnya percakapan bahasa Inggris 2 orang tentang perkenalan sama dengan bahasa Indonesia. Yang membedakan hanya ungkapan yang kamu gunakan dalam dialog bahasa Inggris.

1. Awali dengan Salam dan Sapaan 

Contoh percakapan bahasa Inggris perkenalan yang baik adalah diawali dengan greetings atau salam dan sapaan. Sama seperti yang dilakukan saat perkenalan dalam bahasa Indonesia, greetings kamu perlukan buat menyapa lawan bicara. 

Salah satu greetings yang dapat kamu gunakan adalah Hello everybody. Good morning. (Hai semuanya. Selamat pagi). Greetings ini lebih cocok kamu gunakan ketika berkenalan dengan lebih dari satu orang.

Misalnya saat kamu harus melakukan presentasi di depan kelas. Selain itu, kamu juga bisa mengucapkan greetings seperti, Good morning (selamat pagi), Good evening (selamat sore), Hi, everyone (halo semuanya), dan lain sebagainya.

2. Sampaikan Maksud Percakapan

Dialog bahasa Inggris perkenalan selanjutnya adalah menyampaikan maksud. Sesi ini biasanya banyak ditemukan pada momen formal, seperti ketika presentasi.

Pada step ini, kamu dapat memperkenalkan dirimu terlebih dahulu menggunakan kalimat Let me introduce myself … (Izinkan saya memperkenalkan diri saya …) yang disambung dengan namamu.

Jika ingin versi yang lain, kamu dapat mengucapkan “I would like to introduce myself …” (Saya ingin memperkenalkan diri saya …) atau I’m right here to introduce myself … (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya …).

Baca juga: 4 Jenis Noun Clause, Rumus, dan Contoh-contoh Kalimatnya

3. Perkenalkan Identitas

Dalam sesi formal maupun dialog bahasa Inggris 2 orang tentang perkenalan diri di sekolah, kamu harus memperkenalkan identitas. Untuk sesama teman sekolah, kamu dapat menyebutkan napa lengkap, nama panggilan, dan kelas. 

Kamu dapat menggunakan kalimat berikut ini untuk memperkenalkan nama lengkap: 

  • My full name is … (Nama lengkapku adalah …)
  • My name is … (Namaku adalah …)

Sedangkan untuk nama panggilan, kamu dapat mengatakan You can call me … (Kamu bisa memanggilku …), I’m … (Saya …), atau People usually call me … (Orang-orang biasa memanggilku …).

4. Kalimat Penutup

Untuk mengakhiri dialog bahasa Inggris perkenalan pada siswa secara singkat, kamu butuh kalimat penutup. Tak perlu formal, kamu dapat menggunakan kalimat penutup berupa Nice to meet you! (Senang bertemu denganmu), Glad to see you (Senang bertemu denganmu), atau Pleased to meet you! (Senang berkenalan denganmu!)

Kalau ingin yang lebih formal untuk presentasi, kamu dapat mengucapkan “That’s all from me. (Itu saja dari saya).

Selain itu, kamu bisa menggunakan penutup percakapan bahasa Inggris berupa Thank you for your attention (Terima kasih atas perhatian Anda) atau This is the end of my self-introduction (Inilah akhir dari perkenalan saya).

Baca juga: 15 Kalimat Bahasa Inggris Selamat Tinggal, Ternyata Tidak hanya Bye-bye

5. Lakukan Eye Contact 

Selama mengucapkan bahasa Inggris perkenalan, kamu perlu melakukan eye contact. Meski terkesan sepele, tapi eye contact punya pengaruh yang besar dalam percakapan.

Eye contact yang dilakukan selama perkenalan akan membuatmu terkesan percaya diri. 

Selain itu, tunjukkan attitude yang ramah saat perkenalan dengan teman baru. Jangan lupa untuk menunjukkan gesture ramah dan melempar senyum ke lawan bicaramu.

Hal ini juga berlaku ketika kamu ingin menunjukkan kemampuan bahasa Inggris perkenalan dengan orang asing, ya.

Contoh Bahasa Inggris Perkenalan

Memperkenalkan diri di depan kelas terkadang terasa cukup menantang. Apalagi dengan bahasa Inggris. Nervous-nya bisa dua kali lipat karena khawatir dengan pengucapan yang tidak tepat.

Namun, kamu tak perlu takut jika harus melakukan perkenalan menggunakan bahasa Inggris. Lister punya contoh dialog perkenalan diri percakapan bahasa Inggris yang bisa kamu tiru.

“Hello, everyone! Let me introduce myself. My full name is Wendy Aulia. People usually call me Wendy. I recently moved from Medan and now live in Jakarta. Nice to meet you!”

(Halo semuanya! Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama lengkap saya Wendy Aulia. Orang-orang biasa memanggilku Wendy. Saya baru saja pindah dari Medan dan sekarang tinggal di Jakarta. Senang bertemu dengan kalian!”

Selain menggunakan dialog bahasa Inggris perkenalan diri beserta artinya seperti di atas, kamu bisa melakukan perkenalan dengan menyebutkan profil pribadi. Kalimat ini dapat kamu gunakan untuk dialog bahasa Inggris 2 orang tentang perkenalan panjang. Coba simak contohnya, ya!

“Hi, everybody, I would like to introduce myself. My full name is Devan Pratama, you can call me Dev or Devan. I was born in Malang, on June 14th, 1999. I really like football and badminton. Besides that, I am also interested in music. I think that’s all from me and glad to see you.”

(Hai semuanya! Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama lengkap saya adalah Devan Pratama, kamu bisa memanggil saya Dev atau Devan. Saya lahir di Malang, 14 Juni 1999. Saya sangat menyukai sepakbola dan badminton. Selain itu, saya juga tertarik dengan musik. Saya rasa itu saja dari saya dan senang bertemu denganmu.)

Contoh kedua dari bahasa Inggris perkenalan yang bisa kamu gunakan untuk di depan kelas.

Hello, everyone, and welcome to our new students! I’m Zakaria, your teacher for this class, and I’m absolutely thrilled to have you all here.

“I know being a new student can be challenging, but you’ll quickly get used to the environment and become part of our wonderful community. Don’t hesitate to reach out to me or your fellow classmates if you have any questions or need assistance.”

(Halo, semuanya. Selamat datang di kelas baru! Saya Zakaria, guru untuk kelas ini, dan saya sangat senang memiliki anak-anak semua di sini.

Saya tahu menjadi siswa baru bisa jadi menantang, tetapi kalian semua akan segera terbiasa dengan lingkungan dan menjadi bagian dari komunitas kami yang luar biasa. Jangan ragu untuk menghubungi saya atau teman sekelas jika kamu memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan.)

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Julia M Cameron di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.