15 Kalimat Bahasa Inggris Selamat Tinggal, Bikin Berkesan

bahasa inggris selamat tinggal

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Perpisahan bukan hal yang menyenangkan, melainkan menyedihkan. Pasalnya, tidak ada yang tau kapan waktu bertemu akan kembali datang.

Namun, untuk memberikan kesan yang baik kepada orang lain atas sebuah perpisahan, alangkah baiknya mengucapkan sepatah kata sebagai bentuk melepaskan.

Bahasa Inggris selamat tinggal, hal ini dipelajari untuk memberikan kalimat terakhir sebelum berpisah. 

Kebanyakan dari kamu pasti menggunakan kata ‘good bye’ untuk mengucapkan selamat tinggal. Padahal, masih banyak lagi kalimat selamat tinggal yang bisa kamu gunakan.

Berikut ini akan menjelaskan mengenai ucapan selamat tinggal bahasa Inggris dan artinya yang bisa kamu gunakan. Simak penjelasan berikut!

Kalimat Bahasa Inggris Selamat Tinggal, Tidak Hanya Goodbye!

Dalam bahasa inggris tentu memiliki banyak frasa yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal. Meskipun sudah umum menggunakan kata ‘good bye’ tapi kamu harus mengupgrade kosa kata bahasa inggris yang dimiliki. Berikut beberapa kalimat selamat tinggal yang lebih gaul dan menarik! 

1. Have a Nice Weekend 

Kalimat ini terlihat elegan dan pas digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teman kampus saat liburan tiba. ‘Have a nice weekend’ memiliki arti selamat berlibur. selain mengungkapkan selamat tinggal, kalimat tersebut juga umum digunakan untuk mengucapkan selamat berjumpa kembali. 

2. See You Later, See You Soon, Atau Talk To You Later 

Ketika kamu mengharapkan orang yang pergi bertemu kembali di lain waktu, gunakan ‘see you later’, ‘ see you soon’, ‘talk to you later’ sebagai pengganti kata-kata see you next time yang sering diucapkan. Kalimat ini bisa diucapkan kepada siapa saja, bisa kepada teman, rekan kerja, dan lainnya. 

3. Goodbye Forever

Kalimat ini tidak boleh sembarangan diucapkan karena memiliki arti selamat tinggal selamanya. Gunakan kalimat ini ketika kamu ingin mengucapkan bahasa Inggris selamat tinggal untuk selamanya kepada orang lain. kalimat ini terbilang jarang digunakan karena artinya. Tapi, kamu bisa menggunakannya juga saat bahasa inggris selamat jalan untuk orang meninggal.

Baca juga: 10 Contoh Pembuka Presentasi Bahasa Inggris, Wajib Kamu Tahu!

4. Take Care 

Kalimat take care memiliki artian hati-hati, dimana dapat digunakan dalam situasi formal dan juga kasual. Pasalnya, ucapan ini terbilang sangat tulus dan hangat bagi orang yang mendengarnya. Kalimat ini juga dapat dikatakan sebagai ucapan dalam bahasa Inggris selamat tinggal gaul yang banyak digunakan. Jadi tidak salah jika kamu menggunakan ‘take care’ untuk mengucapkan selamat tinggal.

5. Hope You Have Wonderful Day

Jika kamu berada dalam sebuah pertemuan atau acara formal lainnya, ucapkan ‘hope you have wonderful day’ artinya semoga harimu menyenangkan. Kalimat ini terdengar hangat dan sangat sopan, bahasa Inggris selamat tinggal masa lalu.

6. See You 

Kamu pasti sering mendengar kalimat ‘see you’ yang bahasa Indonesia see you selamat bertemu kembali. kalimat ini bisa kamu ucapkan kepada teman, saudara, atau kerabat yang akan melakukan perjalanan jauh. 

Baca juga: 30 Kata Sifat dalam Bahasa Inggris, Biasa Digunakan

7. TTYL Atau Talk To You Later

Kalimat TTYL yang memiliki kepanjangan talk to you later memiliki arti akan ngobrol denganmu nanti. Ucapan selamat tinggal ini terdengar hangat dan sopan. Meskipun terdapat jarak yang jauh, kamu masih mau untuk menghubungi meskipun sekedar bertanya kabar. Kamu juga dapat mengucapkannya dalam selamat tinggal bahasa Korea dan selamat tinggal bahasa Jepang sesuai bahasa yang dipahami.

8. Until… 

Kalimat diatas dapat digunakan sebagai ucapan selamat tinggal yang membutuhkan waktu singkat. Artinya, kamu dapat bertemu kembali setelah satu minggu, satu bulan, atau satu tahun kemudian. Misalnya saja, ‘until tomorrow’ yang memiliki arti sampai jumpa besok. Kalimat ini cocok untuk bahasa inggris selamat tinggal. 

9. l  Was Nice To See You Again At Moment 

‘l was nice to see you again at moment’ memiliki arti senang bertemu kamu kembali. kalimat ini cocok untuk mengucapkan bahasa Inggrisnya selamat datang yang dapat kamu gunakan. 

10. I Must Be Going 

Ketika kamu memutuskan untuk pergi lebih dulu ketika sedang main dengan teman, berada di suatu pertemuan, atau acara lain, kamu bisa menggunakan ‘I must be going’ yang memiliki arti saya harus pergi sekarang. Lebih baik kamu berpamitan daripada pulang begitu saya, tentu akan membuat panik semua orang. 

Baca juga: 8 Bagian Tubuh Manusia dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

11. I’ve Go To Get Going 

Selain mengucapkan kata selamat tinggal dengan menggunakan ‘I must be going’, kamu juga dapat mengucapkannya dalam kalimat lain yaitu ‘l have go to get going’ yang memiliki arti aku harus pergi sekarang juga. 

12. l Look Forward To Our Next Meeting 

Dalam pertemuan formal pasti terdapat aturan atau SOP yang mengikat setiap hadirin. Oleh karena itu, ketika ingin mengakhiri sebuah pertemuan dibutuhkan kalimat perpisahan yang hangat dan sopan, misalnya saja ‘l look forward to our next meeting’ yang memiliki arti saya tidak sabar dengan pertemuan kita selanjutnya.

13. Catch You Later! 

Kalimat bahasa inggris selamat tinggal lainnya yaitu ‘catch you later’ yang memiliki arti sampai jumpa nanti. Kalimat hangat ini bisa kamu ucapkan ketika berpisah dengan teman, keluarga, atau kerabat. 

14. Catch you on the flip side, goodbye!

Catch you on the flip side, goodbye! merupakan bahasa Inggris selamat tinggal yang bisa kamu ucapkan untuk teman sebaya. Arti dari kalimat tersebut adalah, sampai jumpa di lain waktu ya!.

15. Goodbye, and have a wonderful day.

Bahasa Inggris selamat tinggal yang selanjutnya adalah Goodbye, and have a wonderful day yang mana artinya, sampai jumpa semoga harimu selalu bahagia. Gunakan kalimat perpisahan bahasa Inggris ini untuk pesan berupa text.

Contoh Percakapan dengan Ucapan Selamat Tinggal 

Ucapan selamat tinggal seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. salah satunya yaitu ditampilkan dalam percakapan di bawah ini: 

Dalam bahasa inggris 

Chame: Hello Dira, how are you? Recently I heard, you published a new novel, congrats on the achievement.

Dira : Thank you, Chame. I’m also happy to be able to put all my imagination into the novel.

Chame: Actually I want to talk a lot with you, but mom is sick at home.

Dira: Maybe we can continue it another time. We wish your mother a speedy recovery, Chame.

Chame: Thank you, Dira. I’ll be home first, bye!

Dira: Bye, Chame!

Dalam bahasa indonesia 

Chame: Halo Dira, bagaimana kabarmu?. Baru ini saya mendengar, Anda menerbitkan novel baru, selamat atas pencapaian itu.

Dira: Terima kasih, Chame. Aku juga senang bisa menuangkan seluruh imajinasiku kedalam novel itu.

Chame: Sebenarnya saya ingin mengobrol banyak denganmu, tapi ibu sedang sakit di rumah. 

Dira: Mungkin kita bisa menyambungnya dilain kesempatan. Semoga ibumu cepat sembuh, Chame. 

Chame: Terima kasih, Dira. Aku pulang dulu, sampai jumpa!

Dira: Sampai jumpa, Chame!

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.