Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, Ada 10 Jenisnya

layanan bimbingan dan konseling

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak SMP – Ada banyak sekali fasilitas dan layanan yang bisa digunakan oleh siswa untuk membagi cerita atau pengalaman hidupnya. 

Bukan hanya bagi sesama siswa, tetapi juga guru. Seperti adanya, layanan bimbingan konseling di sekolah yang diadakan untuk membantu siswa dalam mengembangkan bidang akademik hingga profesionalitas dalam karir di masa depan. 

Lister rangkum dari berbagai sumber seputar, 10 jenis layanan bimbingan konseling di sekolah berikut ini. 

Apa itu bimbingan dan konseling?

Menurut artinya, bimbingan merupakan layanan untuk membantu siswa hingga mahasiswa dalam bidang pendidikan. Layanan ini bertujuan untuk memastikan tumbuh kembang siswa terarah di bidang akademik. 

Sementara, konseling adalah upaya atau bantuan untuk para siswa di sekolah oleh tenaga profesional yang terampil dan berpengalaman. 

Dilihat dari tujuan layanan bimbingan konseling, keduanya cukup berkesinambungan. 

Konseling bertujuan untuk membantu individu mengatasi masalah, tantangan, atau konflik yang mereka hadapi dalam kehidupan para siswa. 

Di sisi lain, salah satu tujuan utama dari bimbingan untuk siswa di sekolah adalah membantu mereka mengatasi kesulitan dalam pendidikan.

Selain itu, konseling juga biasanya dilakukan dalam lingkungan yang terbuka dan penuh rasa percaya diri pada siswa. 

Ini berarti siswa yang mencari konseling dapat berbicara secara jujur tentang masalah atau perasaan tanpa takut dihakimi atau dievaluasi negatif oleh konselor. 

Dilihat dari aspek lainnya, bimbingan juga dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan pemecahan masalah. 

Tentu saja, keterampilan yang ada di dalam diri ssiwa ini penting untuk kesuksesan dalam karir dan kehidupan pribadi.

Jenis layanan bimbingan konseling di Sekolah

Ada berbagai jenis layanan bimbingan konseling di sekolah yang dirancang untuk membantu siswa mengatasi berbagai aspek kehidupan. 

Simak penjelasannya berikut ini. 

Layanan Orientasi 

Layanan bimbingan konseling untuk siswa di sekolah yang pertama ini, menawarkan bantuan kepada siswa yang akan memasuki sekolah atau universitas. 

Dengan begitu, siswa akan lebih mudah menerima dan terima oleh lingkungannya yang baru. Proses pembelajaran ini juga bisa membuat siswa untuk lebih memahami tata tertib sekolah, aturan, kurikulum, dan ekspektasi akademik. 

Terdapat dua kali waktu atau durasi pada layanan orientasi yaitu di awal tahun ajaran kemudian di momen selama tahun ajar berlangsung. 

Layanan informasi 

Jenis layanan bimbingan konseling ini mencakup penyediaan berbagai jenis informasi kepada siswa dalam berbagai bidang kehidupan. 

Seperti informasi diri terhada minat dan bakat. Informasi sosial mencakup nilai sosial. 

Kemudian ada informasi belajar yang meliputi adanya belajar yang efektif hingga bisa membantu siswa merencanakan strategi akademiknya dengan baik. 

Tentu saja, layanan ini bisa membantu siswa membuat keputusan yang lebih cerdas, merencanakan masa depan yang lebih baik, dan mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam perjalanan pendidikan dan karir. 

Layanan pembelajaran 

Layanan pembelajaran fokus pada membantu siswa dalam hal penguasaan materi belajar agar lebih terampil secara akademik. 

Tujuan utama dari layanan bimbingan konseling yang satu ini adalah membantu siswa menjadi pembelajar yang lebih efektif dan mampu menguasai materi pelajaran. 

Tentu saja, adanya pengembangan keterampilan studi yang baik, pemahaman konsep akademik, dan penguasaan kompetensi yang diperlukan dalam mata pelajaran tertentu.

Siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman materi pelajaran tertentu dapat mendapatkan bimbingan tambahan. 

Layanan Penempatan dan Penyaluran

Layanan BK terkait siswa di sekolah selanjutnya adalah Layanan Penempatan dan Penyaluran. 

Layanan bimbingan konseling adalah memastikan bahwa siswa ditempatkan di kelas atau program yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan setiap individu. 

Tujuan utama dari layanan ini adalah memastikan bahwa setiap siswa ditempatkan di kelas atau program yang cocok dengan tingkat perkembangan. 

Nantinya, ada pengembangan berupa hasil evaluasi, konselor akan membantu dalam pengembangan rencana pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 

Layanan Penguasaan Konten

Layanan Penguasaan Konten membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan yang sangat bermanfaat dalam berbagai konteks. 

Cara ini membantu siswa menjadi lebih kompeten, mandiri, dan siap menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Seperti, membangun adanya keterampilan dalam berpikir kritis membantu siswa dalam menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan membuat keputusan yang baik. 

Keterampilan dalam memecahkan suatu masalah atau konflik untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain, seperti mendengarkan dengan empati, bernegosiasi, dan mencapai kesepakatan yang adil. 

Layanan Konseling Perorangan

Tujuan utama dari layanan bimbingan konseling adalah untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi, sosial, emosional, atau akademik. 

Dilihat dari, siswa yang seringkali menghadapi tekanan akademik yang tinggi, terutama menjelang ujian atau tugas penting.

Konselor dapat memberikan dukungan emosional dan bimbingan dalam mengatasi masalah ini, serta membantu siswa dalam memahami perasaan individu. 

Layanan Bimbingan Kelompok

Jenis layanan bimbingan konseling yang selanjutnya ini memberikan informasi, bahan, dan penjelasan kepada sekelompok siswa tentang topik atau pokok bahasan tertentu.

Layanan bimbingan kelompok dipimpin oleh seorang konselor atau fasilitator yang memiliki pengetahuan khusus.

Adanya keterlibatan dari berbagai kegiatan, diskusi kelompok, permainan peran, atau latihan praktis yang relevan dengan pokok bahasan.

Cara ini cukup efektif untuk menyampaikan informasi dan bahan kepada sekelompok siswa dengan kebutuhan atau minat yang sama. 

Layanan Konseling Kelompok

Layanan Konseling Kelompok dianggap menjadi layanan yang cukup efektif untuk membangun dan memfasilitasi pertumbuhan pribadi siswa.

Secara sosial dan akademik di berbagai lingkungan. Layanan konseling kelompok sering kali mencakup pengembangan keterampilan yang relevan dengan topik yang dibahas. 

Ini dapat mencakup permainan peran, latihan, atau tugas-tugas tertentu yang membantu siswa menguasai keterampilan yang dibutuhkan.

Layanan Konsultasi

Tujuan utama dari layanan konsultasi untuk memberikan panduan, nasihat, atau bantuan dalam mengatasi masalah atau mencari solusi untuk situasi tertentu.

Selain itu, layanan ini juga bisa membangun pengetahuan khusus atau keahlian. 

Contohnya, Seorang siswa dapat mengkonsultasikan masalah akademiknya, seperti kesulitan dalam pemahaman mata pelajaran tertentu, kepada seorang guru. 

Layanan Mediasi

Layanan Mediasi merupakan cara yang cukup efektif dan terbilang menyiapkan siswa menjadi pribadi mandiri, untuk mengatasi konflik atau masalah.

Layanan dalam hal upaya mediasi juga dapat digunakan dalam situasi di mana siswa terlibat dalam konflik dalam kelompok, klub, atau organisasi. 

Daftar Lister Sekarang Pakai Kode Promo, Hemat 10 Persen! 

Bergabung bersama Lister, lembaga kursus bahasa Inggris sekaligus kamu memilih untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang efektif dan menarik. Tunggu apalagi, daftar ke Lister sekarang atau jika masih ragu pelajari lebih lanjut program kursus bahasa Inggris di Lister. 

Ikuti akun Instagram Lister untuk memperoleh informasi seputar informasi menarik dan promo lainnya. Pun kamu bisa mengunjungi Facebook Page Lister untuk mengetahui profil lembaga kursus bahasa Inggris ini.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Sudah yakin daftar sekarang? Kamu bisa memakai kode promo BLOGLISTER10 supaya mendapatkan diskon sebesar 10 persen minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Segera hubungi Lister via WhatsApp untuk proses pendaftaran! 

Foto utama oleh drobotdean di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.