Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ketahui Lebih Banyak

kurikulum merdeka belajar

Kursus Academic English – Ada banyak sekali upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan demi menyongsong masa depan yang lebih cemerlang. 

Salah satunya, dengan mengeluarkan dan menerapkan aturan dari kurikulum merdekat belajar yang digunakan untuk menggantikan kurikulum 2013. 

Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar?

Ingin mengulik lebih jauh seputar, kurikulum merdeka belajar yang saat ini gencar digunakan di sekolah-sekolah. Lister merangkum dalam berbagai sumber, terutama dalam laman kurikulum.kemdikbud.go.id

Kurikulum merdeka adalah pendidikan yang menekankan kebebasan, fleksibilitas, dan keberagaman dalam pembelajaran oleh pendidik. 

Dengan begitu pendidik akan lebih leluasa dalam menyampaikan materi hingga konsep belajar kepada setiap siswa. 

Kurikulum ini sudah dijalankan mulai tahun 2022 dengan memilih satuan pendidikan untuk turut mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. 

Dalam laman tersebut juga menunjukkan kalau kurikulum terbaru itu sudah diajarkan oleh siswa yang duduk di bangku TK hingga kelas X. 

Jenis pengajaran kurikulum merdeka belajar 

Pengajaran dalam kurikulum merdeka belajar lebih fokus pada pendekatan yang inovatif dalam dunia pendidikan yang memberikan kebebasan kepada pendidik. 

Tiga jenis implementasi dalam kurikulum tersebut bisa diketahui, sebagai berikut. 

Mandiri dalam belajar

Satuan pendidikan yang mengembangkan kurikulum merdeka belajar secara leluasa bisa secara mandiri dalam melaksanakan pembelajaran hingga evaluasi setiap siswa. 

Namun dengan mengedepankan dan menjalankan aturan kurikulum merdeka. 

Mandiri dalam berubah

Adanya evaluasi dari setiap asesmen bisa menjadi penentu, apakah selama ini pembelajaran yang diberikan efektif dan terarah untuk siswa. 

Mandiri dalam berbagai 

Diharapkan para pendidik di suatu satuan pendidikan yang berhasil menerapkan kurikulum merdeka belajar bisa berbagi tata cara hingga cara mengevaluasi untuk pendidik lainnya. 

Karakteristik kurikulum merdeka belajar

Karakteristik kurikulum merdeka belajar lebih pada pengembangan dan pembelajaran lebih fleksibel untuk menghadirkan pendekatan yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan individual siswa. 

Kurikulum merdeka belajar memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam, keterampilan analitis, dan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik.

Kurikulum Merdeka Belajar dirancang sedemikian rupa sehingga lebih fleksibel. Ini memungkinkan siswa untuk memiliki lebih banyak pilihan dalam memilih mata pelajaran atau program yang sesuai dengan minat dan potensi siswa. 

Kurikulum Merdeka Belajar memiliki karakteristik yang memungkinkan penentuan capaian pembelajaran per fase dan jam pelajaran yang fleksibel. 

Sehingga bisa lebih fokus sekaligus memberikan arah yang jelas kepada guru dan siswa mengenai apa yang harus diprioritaskan dalam pembelajaran.

Kurikulum Merdeka Belajar berusaha untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, berkolaborasi, dan berpusat pada kebutuhan siswa.  

Prinsip pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar

Prinsip pembelajaran yang mendasari Kurikulum Merdeka Belajar meliputi pendekatan inovatif dalam sistem pendidikan Indonesia. 

Prinsip-prinsip ini mencakup fleksibilitas dalam materi dan waktu pembelajaran, pemberdayaan siswa sebagai agen pembelajaran, penekanan pada pengembangan kompetensi. 

Pembelajaran Intrakurikuler

Pembelajaran intrakurikuler adalah salah satu pendekatan dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang memberikan guru lebih banyak kendali terhadap waktu pembelajaran untuk mendalami konsep sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dalam pembelajaran intrakurikuler, guru dapat memfokuskan pada pemahaman konsep secara mendalam, tidak hanya meliputi teori tetapi praktek.

Pembelajaran Kokurikuler

Pembelajaran kokurikuler yang berfokus pada pengembangan karakter siswa merupakan bagian penting dalam menciptakan generasi muda yang tidak hanya pintar secara akademik, tetapi juga beretika, bertanggung jawab. 

Ini adalah bagian penting dari pendidikan yang fokus pada pengembangan karakter siswa di dalam atau luar kurikulum akademik. 

Pembelajaran Ekstrakurikuler

Pembelajaran ekstrakurikuler adalah komponen tambahan dari pendidikan yang memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat di luar bidang akademik. 

Siswa dapat mengembangkan keterampilan tambahan di bidang minat mereka melalui pembelajaran ekstrakurikuler. 

Salah satu, contoh yang bisa diambil adalah saat siswa yang tertarik pada musik dapat belajar bermain alat musik. 

Prinsip dalam P5 Kurikulum Merdeka 

P5 adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang menjadi salah satu aspek penting dalam kurikulum merdeka belajar. Prinsip tersebut meliputi,

Prinsip holistik merujuk pada pendekatan yang memandang sesuatu secara keseluruhan dan terpadu, bukan terfragmentasi atau terbagi-bagi. 

Prinsip kontekstual berfokus pada pembelajaran yang berakar pada pengalaman sehari-hari. 

Prinsip eksploratif mengarah pada semangat membuka ruang luas untuk penelitian dan pengembangan diri. 

Gabung Kursus Academic English, Raih Sukses Karier Studi 

Di balik kepanjangan P5 ternyata ada makna mendalam untuk menunjang kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Mengingat era kemajuan pendidikan dunia yang semakin masif, para pelajar agaknya penting juga untuk mempelajari skill bahasa Inggris. 

Dalam konteks akademis, program Kursus Academic English di Lister bisa menjadi modal awal untuk para pelajar yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. 

Para pelajar nantinya bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti dalam program tersebut. Selengkapnya, ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.