4 Jenis Noun Clause, Rumus, dan Contoh-contoh Kalimatnya

noun clause

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak –  Grammar merupakan salah satu bagian Bahasa Inggris yang cukup sulit untuk dikuasai. Namun, perlu adanya pelatihan secara rutin dan menggunakannya setiap saat, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik. 

Kali ini, Lister akan mencoba membantumu untuk memahami salah satu bagian Grammar yang cukup rumit. Namanya adalah noun clause.

Apakah Noun Clause Itu?

Noun clause atau klausa kata benda merupakan dependent clause atau klausa dependen yang digunakan sebagai noun atau kata benda. Klausa dependen sendiri adalah sebuah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri, meski bentuknya mirip dengan sebuah kalimat. 

Akan tetapi, klausa dependen sebagai noun clause dapat dipakai sebagai elemen dari sebuah kalimat.

Ada beberapa bagian dari kalimat dimana kamu bisa memasukkan klausa kata benda. Misalnya, kamu bisa memakainya pada bagian object of verb atau objek dari kata kerja, subject atau subyek kalimat, object of preposition atau kata benda setelah kata depan, subject complement atau subyek pelengkap. 

Hal penting lainnya, klausa kata benda dapat digantikan dengan pronoun “it”. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rumus dari grammar ini.

Baca juga: Belajar Grammar dari Dasar? Wajib Tahu tentang Phrase!

Rumus Noun Clause

Untuk lebih mudahnya, Lister akan membagi rumus sesuai dengan bagian kalimat dimana kamu menggunakan noun clause. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Noun Clause sebagai Subjek

Klausa kata benda as a subject, fungsinya sama dengan noun atau kata benda biasa. Kamu bisa memakainya untuk berbagai elemen kalimat. Untuk subyek kalimat, berikut ini rumusnya:

Kata tanya + S + V + verb + object atau kata pelengkap

That + S + V + verb + object atau kata pelengkap

If/wheater + S + V + verb + object atau kata pelengkap

Perlu diperhatikan disini, klausa kata benda pada rumus di atas disusun layaknya kalimat biasa. Jadi, terdapat subyek, predikat, dan obyek didalamnya. Dengan begitu, maka kalimat yang tersusun dengan rumus diatas dapat lebih menjelaskan maksud dari pesan dalam kalimat tersebut.

Berikut ini contoh kalimat klausa kata benda dengan rumus diatas.

What she did was bad. (apa yang dia lakukan sebelumnya tidak baik)

How that man ate his meal was disturbing. (bagaimana orang tersebut makan makanannya sungguh mengganggu)

I just want to tell you if I can help her, I will visit her house. (Aku hanya ingin memberitahumu bila aku bisa membantunya, aku akan berkunjung ke rumahnya).

Baca juga: Kursus Grammar Online, Kurikulum Berbasis Cambridge dan International Baccalaureate

Noun Clause sebagai Objek

Pemakaian klausa kata benda sebagai objek dari satu kalimat, berikut ini rumus yang bisa kamu gunakan:

Subject + Verb + kata tanya + S + V

Subject + Verb + that + S + V

Subject + Verb + if/wheater + S + V

Perlu dicermati, bagian yang Lister cetak tebal adalah bagian noun clause dari rumus ini. Sekarang, mari lihat contoh klausa kata benda sebagai objek.

I do not know when Boshwangga will come to my house. (aku tidak tahu kapa Boshwangga akan datang ke rumahku).

John believes that his mother is an alien. (John percaya bahwa ibunya adalah makhluk luar angkasa).

Didi want to know if Mandra can sing well. (Didi ingin tahu apakah Mandra bisa bernyanyi dengan baik).

Noun Clause sebagai Pelengkap Subyek

Kamu juga bisa memakai noun clause setelah linking verb. Aturan ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk menggambarkan perasaan, keadaan, atau fakta tertentu dalam kalimat. Berikut ini rumusnya:

S + linking verb + kata tanya + s + v

S + linking verb + that + s + v

S + linking verb + if/whether + s + v

Linking verb disini dapat berupa is, am, are, was, were, be atau kata keterangan. Apakah kamu masih bingung? Berikut ini contoh kalimatnya untuk memudahkan pemahaman kamu:

Solariso biggest achievement was that she has conquered the Land of Dead. (pencapaian terbesar Solariso adalah bahwa dia berhasil menaklukkan Dunia Kematian).

The problem is how that pipe burst without warning. (Masalahnya adalah bagaimana pipa itu meledak tiba-tiba).

This house will be where we spend our last day on Earth. (Rumah ini akan menjadi tempat dimana kita menghabiskan waktu terakhir kita di Bumi).

Baca juga: Kursus Grammar Masterclass, Solusi Cara Belajar Grammar yang Efektif

Noun Clause sebagai Objek Preposisi

Yang terakhir adalah rumus untuk memakai noun clause sebagai preposition of object atau objek preposisi. Berikut ini rumusnya:

S + V + Preposition + Kata Tanya + S + V

Kamu dapat menggunakan berbagai jenis preposisi. Misalnya, kamu bisa memakai from, with, of, for, about, dan lainnya. Berikut ini contoh kalimat yang memakai noun clause sebagai objek preposisi.

On today’s class, we will teach you about what factor affect the dinosaur extinction. (Di kelas hari ini, kita akan mengajarkan kamu tentang faktor yang mempengaruhi punahnya dinosaurus).

Our group will start our trip from where we have killed the red bear monster. (Grup kami akan memulai perjalan dari tempat dimana kita membunuh monster beruang merah sebelumnya).

Shirahoshi want to beat me to the death for what I have done to her yesterday. (Shirahoshi ingin menghajarku sampai mati atas apa yang aku lakukan padanya kemarin).

Rumus-rumus diatas juga dapat diterapkan untuk kalimat dengan noun clause dengan tense atau jenis kata kerja yang berbeda. Jadi, bisa untuk mengungkapkan kejadian masa lalu, sekarang, atau masa depan. 

Tinggal diubah bentuk kata kerjanya, maka kamu sudah bisa membuat kalimat dengan tense yang kamu inginkan.

Dalam bahasa Inggris, sering kali adanya penggunaan noun clause atau klausa benda. Ada pun jenis dari klausa ini memiliki peran sebagai subyek, obyek, atau kalimat. 

Fungsi dari noun clause adalah menyampaikan informasi dengan lebih efektif dan kompleks. Ada pun, untuk noun clause juga bisa digunakan sebagai penghubung. 

Penggunaan noun clause bisa dengan berjalan dengan baik dan tepat, jika mengikuti aturan yang berlaku secara bahasa Inggris. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.