Mudah! Ini 5 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Menghadapi tantangan dalam cara belajar bahasa Inggris dari nol adalah hal yang umum. Bagi banyak orang, berbicara bahasa Inggris adalah keahlian yang penting tetapi sering kali menakutkan untuk dipelajari dari awal.

Artikel ini akan membantu kamu untuk menemukan cara belajar bahasa Inggris dari nol yang efektif dan menyenangkan.

Mengapa penting untuk belajar Bahasa Inggris?

Mengapa penting untuk belajar bahasa Inggris? Alasan utamanya adalah bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan.

Menguasai bahasa Inggris dapat membuka peluang pekerjaan yang lebih luas, karena banyak perusahaan multinasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kerja utama. Selain itu, bahasa Inggris juga mempermudah komunikasi internasional, terutama dalam perjalanan wisata atau pertemuan bisnis lintas negara. 

Kendala Umum yang Biasanya Dihadapi Ketika Belajar Bahasa Inggris

Kendala-kendala ini dapat menjadi penghalang dalam cara belajar bahasa Inggris dari nol, tetapi dengan mengenalinya, kamu bisa menemukan cara untuk mengatasinya:

  • Ketakutan Membuat Kesalahan: Banyak orang merasa takut atau malu untuk berbicara karena takut membuat kesalahan. Kesalahan adalah bagian alami dari proses belajar, dan yang terpenting adalah terus mencoba.
  • Kekurangan Waktu: Banyak orang merasa sulit menemukan waktu untuk belajar secara konsisten. Menjadwalkan waktu belajar harian, meskipun hanya beberapa menit, dapat membuat perbedaan besar.
  • Kurangnya Motivasi atau Sumber Belajar yang Tepat: Tanpa motivasi yang kuat atau sumber belajar yang menarik, mudah untuk kehilangan minat. Menemukan tujuan yang jelas dan menggunakan bahan belajar yang menyenangkan dapat membantu menjaga semangat.
  • Pengucapan yang Sulit: Bahasa Inggris memiliki beberapa suara yang mungkin tidak ada dalam bahasa ibu kamu, dan ini bisa menjadi tantangan. Praktik mendengarkan dan meniru penutur asli bisa sangat membantu.

Baca Juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif

Mindset Ketika Belajar Bahasa Inggris 

Mindset yang tepat sangat penting dalam cara belajar bahasa Inggris dari nol. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Fokus pada Proses: Daripada terfokus pada hasil akhir, penting untuk menikmati proses belajar. Memahami bahwa setiap kesalahan adalah peluang untuk belajar dapat mengurangi tekanan dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.
  • Konsisten: Belajar bahasa adalah perjalanan panjang yang memerlukan dedikasi. Menetapkan jadwal belajar yang teratur dan mengikuti jadwal itu, bahkan jika hanya beberapa menit sehari, dapat membantu membangun kebiasaan yang akan membawa kemajuan yang berarti.
  • Jangan Minder dengan Orang Lain: Setiap orang memiliki kecepatan belajar yang berbeda, dan membandingkan diri dengan orang lain hanya akan menambah stres. Ingatlah bahwa kamu memiliki jalur belajar sendiri, dan kemajuan individu adalah yang terpenting.
  • “Semua Orang adalah Guru”: Melihat setiap interaksi sebagai kesempatan untuk belajar dapat memperluas horison belajar. Apakah itu teman, kolega, atau penutur asli dalam komunitas online, semua orang dapat memberikan sesuatu yang berharga dalam perjalanan belajar bahasa Inggris kamu.
  • Pendekatan Positif Terhadap Kesalahan: Melihat kesalahan sebagai peluang pembelajaran, bukan kegagalan, bisa membuat proses belajar menjadi lebih produktif. Kesalahan adalah bagian alami dari pembelajaran, dan mereka adalah alat berharga dalam pemahaman dan kemajuan.

Langkah Mudah Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Belajar bahasa Inggris tidak harus rumit atau mahal. Ada banyak cara sederhana dan menyenangkan yang bisa kamu coba untuk memulai perjalanan belajar bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa langkah mudah dalam cara belajar bahasa Inggris dari nol yang dapat diakses oleh siapa saja:

  1. Alat Bantu Visual: Flashcards: Buat kartu dengan kata-kata bahasa Inggris dan artinya dalam Bahasa Indonesia. Aplikasi Belajar: Gunakan aplikasi gratis seperti Duolingo untuk belajar kosa kata dan tata bahasa.
  2. Lirik Lagu Bahasa Inggris: Dengarkan Lagu: Temukan lagu bahasa Inggris yang kamu suka dan dengarkan berulang kali. Baca Lirik: Baca dan terjemahkan liriknya untuk memahami makna dan penggunaan kata-kata.
  3. Menonton Film dalam Bahasa Inggris: Film dengan Subtitle: Tonton film bahasa Inggris dengan subtitle dalam Bahasa Indonesia. Video YouTube: Ada banyak video pendek yang dikemas dalam bahasa Inggris yang bisa membantu kamu mendengar dan memahami bahasa Inggris sehari-hari.
  4. Membaca Novel Bahasa Inggris: Pilih Level yang Tepat: Mulai dengan buku anak-anak atau buku dengan level bahasa yang lebih mudah. Catatan Kosa Kata: Catat kata-kata baru dan cari artinya untuk memahami konteks.
  5. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris: Berbagai Topik: Ada podcast dalam berbagai subjek, pilih yang sesuai dengan minatmu. Sering Dengarkan: Luangkan waktu setiap hari untuk mendengarkan dan mengulangi frasa yang kamu dengar.

Langkah Formal Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Memilih untuk mengikuti jalur formal dalam cara belajar bahasa Inggris dari nol seringkali menawarkan struktur yang lebih terorganisir dan bimbingan dari profesional. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Kursus Bahasa Inggris
  • Institusi Terakreditasi: Banyak sekolah bahasa yang menawarkan program untuk semua level, mulai dari pemula hingga mahir.
  • Jadwal Fleksibel: Sebagian besar kursus menawarkan kelas pagi, siang, atau malam untuk memudahkan siswa.
  • Sertifikat: Menyelesaikan kursus biasanya menghasilkan sertifikat yang diakui, membantu dalam pengembangan karier.
  1. Mengikuti Kelas Workshop
  • Pelatihan Intensif: Workshop biasanya berlangsung dalam periode singkat tetapi dengan fokus intensif pada topik atau keterampilan tertentu.
  • Interaksi dengan Penutur Asli: Workshop sering mengundang instruktur dari negara berbahasa Inggris.
  • Praktek Langsung: Seringkali lebih praktis dan interaktif, memberikan peluang lebih besar untuk berbicara dan mendengarkan.
  1. Kursus Privat
  • Perhatian Individual: Guru pribadi akan fokus sepenuhnya pada kebutuhan dan kemajuan kamu, membantu untuk mengatasi masalah spesifik dalam cara belajar bahasa Inggris dari nol.
  • Pembelajaran yang Disesuaikan: Pelajaran biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan tujuan individu.
  • Fleksibilitas Lokasi dan Waktu: Kamu sering dapat menetapkan jadwal dan tempat yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Itu dia pembahasan terkait cara belajar bahasa Inggris dari nol. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: 11 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Mudah dan Murah

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.