Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

11 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Mudah dan Murah

cara belajar bahasa inggris otodidak

Kursus General English – Banyak orang sudah belajar bahasa Inggris sejak usia dini di sekolah, tetapi merasa tak kunjung mahir atau kurang percaya diri berbahasa Inggris. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Cara belajar bahasa Inggris otodidak ini bisa kamu lakukan bahkan dari rumah sekalipun. Mudah dan murah, berikut cara cerdas belajar bahasa Inggris mandiri!

11 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Bahasa Inggris adalah pengetahuan umum yang semakin dibutuhkan dari hari ke hari. Untungnya, ada banyak materi bahasa Inggris yang dapat kamu akses secara gratis.

Namun bagaimana memanfaatkan materi tersebut agar dapat belajar dengan maksimal?

1. Tentukan tujuan

Sebelum mulai belajar, kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Hal ini penting, mengingat kamu belajar secara mandiri tanpa bimbingan guru.

Dengan adanya tujuan, kamu dapat mengukur perkembangan belajar. Misalnya ingin menguasai 10 kosakata baru per hari, menulis esai dengan berbagai jenis tenses, hingga mendengarkan 1 podcast bahasa Inggris setiap hari.

2. Mengubah tampilan bahasa di HP

Cara pertama ini mudah dilakukan, yakni dengan mengubah tampilan bahasa di handphone menjadi bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan ‘terpaksa’ berpikir dalam bahasa Inggris.

Handphone adalah salah satu benda yang tidak pernah lepas dari hidup kita sehari-hari. Kamu akan lebih cepat terbiasa dan mengenali istilah-istilah bahasa Inggris di handphone.

3. Membaca artikel atau buku yang diminati

Untuk membiasakan diri membaca dalam bahasa Inggris, mulailah dari materi yang kamu suka. Misalnya kamu suka novel fiksi, majalah olahraga, hingga artikel kesehatan. Bentuk tulisannya pun bisa apa saja, mulai dari artikel online, buku, majalah, hingga komik.

Membaca dapat membantu kamu menambah kosakata. Saat menemukan kata yang tidak kamu ketahui artinya, catat kemudian cari di kamus.

4. Menulis caption bahasa Inggris

Apakah kamu termasuk pengguna media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook? Kamu dapat memanfaatkannya untuk mengasah kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, lho!

Cobalah menulis caption dalam bahasa Inggris. Kamu tidak perlu takut salah tulis. Justru semakin sering kamu mencoba menulis, semakin cepat kamu fasih.

Masih bingung caption seperti apa yang harus kamu tulis? Artikel berikut bisa jadi inspirasi untukmu 25+ Ide Caption IG Aesthetic, Bikin Feeds Kamu Berkesan!

5. Menulis blog

Menulis blog adalah langkah berikutnya setelah menulis caption. Artikel dalam blog cenderung lebih panjang daripada caption, sehingga dapat mengasah kemampuan menulis lebih lanjut.

Kamu dapat mulai dari menulis topik yang kamu suka. Sekali lagi, jangan takut salah tulis. Gunakan kesempatan ini untuk berlatih sebaik-baiknya.

Saat menulis, kamu akan mengasah vocabulary dan grammar sekaligus. Kamu juga akan meningkatkan daya ingat terhadap materi bahasa Inggris yang sudah dipelajari.

Kamu dapat mencari inspirasi dari para blogger ternama di berbagai situs mereka di internet.

6. Menulis catatan harian dalam bahasa Inggris

Kalau kamu masih ragu menulis dan mempublikasikannya tulisan dalam bahasa Inggris, kamu dapat membuat tulisan pribadi. Misalnya catatan kegiatan harian.

Di sini kamu dapat berlatih menggunakan berbagai macam tenses saat menuliskan kegiatan sehari-hari. Misalnya past tense untuk kegiatan yang dilakukan kemarin atau future tense untuk rencana kegiatan esok hari.

7. Menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle

Adanya subtitle membuat kamu lebih mudah memahami dialog dalam film. Namun akibat subtitle, kamu jadi tidak terbiasa mendengarkan dialog dan memahami artinya.

Cobalah menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Jika kamu masih merasa kesulitan, tonton film kartun anak-anak yang menggunakan kosakata sederhana. Kemudian kamu dapat menonton film yang menggunakan kosakata lebih rumit.

8. Berlatih speaking

Berlatih speaking bahasa Inggris dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, lho. Bahkan kamu tidak harus selalu memiliki teman bahasa Inggris.

Misalnya kamu sedang berada di tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing, cobalah membuka percakapan dengan mereka. Jangan khawatir mengucapkan kata-kata dengan salah. Mereka akan maklum karena kamu memang bukan native speaker.

Lama-kelamaan, kamu akan terbiasa dan dapat melafalkan kata bahasa Inggris dengan tepat. Ingin tahu tips lainnya agar cepat mahir speaking? Simak artikel 5 Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Otodidak.

9. Mendengarkan radio dan podcast

Selain speaking, kemampuan listening sangat penting dalam percakapan. Bagaimana caranya melatih listening?

Salah satunya adalah membiasakan diri mendengarkan radio dan podcast berbahasa Inggris. Pilih radio atau podcast dari berbagai negara di seluruh dunia agar kamu terbiasa mendengarkan aksen yang berbeda.

Tak hanya itu, umumnya para penyiar radio atau podcast menggunakan aksen yang jelas dan dapat dengan mudah dipahami. Kamu yang masih di level basic dapat belajar dengan mudah.

10. Mendengarkan audiobooks

Tahukah kamu, saat ini ada cara lain untuk menikmati buku? Selain membaca, kamu dapat mendengarkan audiobooks.

Kamu dapat mendengarkan audiobooks saat berkegiatan sehari-hari. Selain itu, kamu dapat menambah kosakata dan mengetahui pronunciation kata tertentu dengan tepat.

11. Mendengarkan dan mencatat lirik lagu

Kamu tentu memiliki penyanyi favorit, bukan? Selain menikmati musiknya, kali ini coba pahami liriknya.

Apakah ada kosakata yang tidak kamu pahami artinya? Kalau iya, kamu dapat mencatat kosakata tersebut dan menemukan artinya di dalam kamus. Cara belajar yang satu ini mudah dan menyenangkan.

Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Cocokkah untuk Kamu?

Belajar bahasa Inggris memang dapat dilakukan dengan mandiri. Namun tak semua orang cocok dengan cara belajar ini. Bagaimana denganmu?

Kelebihan belajar bahasa Inggris secara otodidak yaitu kamu dapat memilih sumber materi sesuai keinginan. Misalnya kamu lebih suka membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau menulis blog. Selain itu, belajar secara otodidak relatif murah bahkan gratis.

Namun kamu tetap perlu memikirkan kekurangannya. Kamu akan kesulitan mengukur kemajuan belajar. Saat kamu merasa sedang tidak bersemangat belajar, kamu akan mudah menyerah.

Bagi kamu yang kurang percaya diri, mungkin akan kesulitan memulai percakapan dengan orang asing dengan bahasa Inggris. Kamu juga tidak mendapat koreksi atau masukan jika belajar secara mandiri, berbeda halnya jika belajar dengan tutor.

Kursus General English Bersama Tutor Terbaik!

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus General English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!