fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Inggris, Tips
rekomendasi translate Inggris-Indonesia

Jasa Translate Inggris-Indonesia – Situs translate seringkali digunakan untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya tanpa ribet dan akurat. Namun saat kamu harus menerjemahkan tanpa aplikasi, bagaimana cara translate Inggris-Indonesia yang cepat tetapi akurat?

Menerjemahkan suatu teks, apalagi dokumen penting, tidak boleh sembarangan. Bahkan ada aturan khusus terkait penerjemahan. Jika kamu belum yakin cara yang akurat untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia, tips berikut dapat membantu kamu.

7 Cara Translate Inggris-Indonesia

Sebelum mulai menerjemahkan, kamu harus memahami terlebih dahulu isi keseluruhan teks bahasa Inggris tersebut. Pahami gagasan pokok dan identifikasi tujuan teks. Hal ini penting dilakukan agar kamu dapat menerjemahkan selaras dengan tujuan teks tersebut.

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut.

Pahami grammar, tenses, dan vocabulary yang digunakan

Dalam bahasa Inggris, kamu dapat mengetahui keterangan waktu melalui tenses yang digunakan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui grammar yang tepat dalam bahasa Inggris.

Beberapa kata dalam bahasa Inggris memiliki banyak arti. Untuk mengetahui arti yang tepat dari suatu kata, kamu dapat menggunakan kamus. Di sini pengetahuan vocabulary sangat penting.

Contohnya parking lot dan Central Park. Arti kata park di kedua istilah tersebut berbeda. Pertama, parking lot artinya tempat parkir, sedangkan kedua, Central Park adalah nama taman kota yang terletak di Manhattan, New York City.

Pahami perbedaan struktur kalimat

Struktur kalimat dalam bahasa Inggris dan Indonesia memiliki beberapa perbedaan. Kamu perlu mengetahui struktur kalimat di kedua bahasa tersebut saat hendak menerjemahkan. Tujuannya agar hasil terjemahan menjadi lebih enak dibaca, sesuai dengan kaidah bahasa yang dituju.

Setelah selesai, baca ulang teks hasil terjemahan. Apakah masih ada kalimat yang kurang sesuai, sehingga tidak enak didengar? Jika ya, kamu perlu mengecek ulang struktur kalimat dan pemilihan kata yang tepat.

Pahami idioms dan expressions

Bahasa Inggris memiliki banyak idioms dan expressions yang artinya tidak harfiah. Untuk menerjemahkannya, kamu perlu melihat konteks sesuai gagasan yang dibicarakan.

Contohnya ungkapan “Let’s call it a day.” Jika diterjemahkan secara langsung, artinya adalah, “Mari kita menyebutnya satu hari.” Terjemahan ini kurang tepat, sehingga sulit dipahami artinya, bukan?

Terjemahan yang tepat untuk ungkapan tersebut adalah, “Mari kita sudahi hari ini.” Ungkapan ini dapat digunakan setelah bekerja sepanjang hari.

Gunakan tesaurus

Apakah kamu masih kesulitan menemukan padanan kata yang tepat, baik dalam bahasa Inggris maupun Indonesia? Kamu dapat memanfaatkan tesaurus.

Di sini kamu dapat mencari istilah serupa atau berhubungan dengan suatu kata. Kemudian kamu dapat memilih padanan yang paling tepat.

Sudah tahu perbedaan kamus dengan tesaurus? Berikut penjelasannya dalam artikel Perbedaan Kamus dan Tesaurus yang Mesti Kamu Tahu!

Meminta review dari orang lain

Setelah selesai menerjemahkan, kamu dapat meminta orang lain membacanya lalu memberikan review. Hal ini penting kamu lakukan untuk memastikan hasil terjemahanmu dapat dengan mudah dipahami orang lain.

Kamu dapat meminta ulasan dari orang yang sudah ahli, seperti penerjemah bersertifikat, atau orang awam, seperti teman-teman. Semakin banyak kamu mendapat ulasan, hasil terjemahanmu akan semakin bagus.

Menggunakan tools penerjemah

Saat ini sudah banyak tools penerjemah yang dapat kamu akses dengan mudah, baik gratis maupun berbayar. Setiap tools ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Walaupun sudah canggih, perlu kamu ketahui belum tentu tools yang digunakan dapat memahami dan menerjemahkan sesuai konteks. Setelah selesai menerjemahkan menggunakan alat tersebut, kamu tetap harus mengoreksi ulang.

Menggunakan jasa penerjemah

Dalam menerjemahkan beberapa teks, seperti dokumen resmi, harus dilakukan oleh penerjemah tersumpah. Hal ini dilakukan agar hasil terjemahan akurat dan tetap mengandung nilai keresmian yang valid. Jadi, jangan sembarangan menerjemahkan sendiri dokumen resmi, ya!

Rekomendasi Tools untuk Translate Inggris-Indonesia

Jika kamu memilih menerjemahkan dengan bantuan tools, berikut sederet aplikasi atau fitur yang tersedia untuk menerjemahkan.

Bing Translator

Bing Translator merupakan salah satu fitur dari search engine Bing yang bisa menejermahkan kurang lebih 60 bahasa. Kamu bisa mengakses Bing Translator melalui PC dan smartphone (Android dan IOS).

Bing Translator memiliki tampilan dan keunggulan yang mirip dengan Google Translate, seperti text to voice yang bisa digunakan untuk mendengarkan hasil terjemahan.

Yandex Translate

Yandex Translate adalah salah satu situs translate. Yandex Translate menawarkan fitur dan fungsi yang serupa dengan aplikasi terjemahan lainnya dengan sekitar 94 bahasa serta dapat menerjemahkan dokumen hingga maksimal 10.000 kata.

Tak hanya itu, Yandex juga dibekali dengan fitur menarik seperti voice input atau mengubah suara menjadi teks, on screen keyboard, dan auto spelling untuk bisa memperbaiki penulisan kata yang salah secara otomatis.

Oxford Dictionaries

Oxford Dictionaries atau kamus Oxford biasanya tersedia dalam bentuk buku kamus tebal yang cocok digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Oxford University Press (OUP), penerbit dari Universitas Oxford, menawarkan kamus cetak berbagai bahasa.

iTranslate

Situs yang satu ini masih tersedia pada aplikasi IOS saja. Namun, iTranslate mampu menerjemahkan 100 bahasa yang tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Sederet Translator

Situs penerjemah ini adalah karya anak bangsa yang fokus pada penerjemahan bahasa Indonesia-bahasa Inggris atau sebaliknya. Selain fitur penerjemahan, di situs ini terdapat materi bahasa Inggris yang bisa menambah pengetahuan kamu, lho.

DeepL Translator

Situs ini hampir sama dengan layanan terjemahan yang ditawarkan Google Translate dan Bing Translate. Layanan terjemahan yang diluncurkan pada Agustus 2017 dan dimiliki oleh DeepL SE ini berbasis di Cologne. DeepL Translator tersedia dalam aplikasi iOS dan Android.

Google Translate

Google Translate adalah salah satu situs terjemahan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Google Translate dapat menerjemahkan dalam bentuk teks. Di dalamnya juga terdapat fitur voice to text.

Selain dapat menerjemahkan bahasa dalam bentuk teks, situs ini juga memungkinkan setiap pengguna untuk mengunggah dokumen bahasa asing yang ingin diterjemahkan. Kamu juga dapat memberi saran jika merasa hasil terjemahan kurang tepat.

Selain kamu bisa mengakses situs dari berbagai perangkat teknologi yang ada, seperti PC, laptop, Android, dan iOS, kamu juga bisa mendapatkan akses tanpa memerlukan koneksi internet dengan fitur offline mode.

Jasa Translate Lister

Agar hasil terjemahan valid dan dapat dipercaya kualitasnya, kamu dapat menggunakan Jasa Translate Lister. Tak sekadar terjemahan, tim translator akan membantu kamu dalam proses editing untuk mengoreksi kesalahan penulisan.

Kamu juga dapat mengajukan revisi minor jika merasa hasil terjemahan kurang tepat. Dengan para penerjemah ahli berlatar belakang pengetahuan bahasa Inggris yang teruji, kamu akan mendapat hasil terjemahan yang akurat.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian paket seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?