Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perbedaan Kamus dan Tesaurus yang Mesti Kamu Tahu!

Perbedaan Kamus dan Tesaurus

Kursus Vocabulary Building – Rujukan mencari arti kata biasanya menggunakan kamus. Namun, tesaurus juga bisa menjadi alternatif. Lalu, apakah keduanya sama atau ada perbedaan? Nah, kamu bisa menyimak ulasan mengenai perbedaan kamus dan tesaurus di bawah ini. 

Mengapa Kamus dan Tesaurus Penting?

Jika kamu adalah orang yang bekerja sebagai jurnalis, copywriter, content writer, pengajar, penerjemah, penulis, dan sejenisnya, maka kamus dan tesaurus akan sangat bermanfaat. Bahkan meski kamu adalah pelajar atau mahasiswa, kamus dan tesaurus juga membantu saat mengerjakan essay atau makalah. 

Pengertian Kamus dan Tesaurus 

Dilansir dari situs resmi Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kamus berarti buku yang mendeskripsikan makna kata atau ungkapan dan menjelaskan konteks penggunaannya. 

Sementara itu, tesaurus adalah buku yang memuat daftar kata atau ungkapan yang bertalian makna. Dalam arti lain juga menyebutkan bahwa tesaurus adalah buku referensi berupa daftar kata dengan sinonimnya dan buku referensi informasi tentang berbagai konsep di pelbagai kehidupan dan pengetahuan.

Perbedaan Kamus dan Tesaurus 

Beberapa aspek perbedaan kamus dan tesaurus yang ada dan mesti kamu tahu, di antaranya adalah:

AspekKamusTesaurus 
Jenis Kamus dua bahasaKamus Satu BahasaKamus etimologisKamus SilangKamus SakuKamus GlosariumTesaurus KlasikMengindeks TesaurusMencari Tesaurus
Susunan kataSecara alfabetSecara alfabet atau konseptual
EtimologisDari kamus Latin Abad Pertengahan “kumpulan kata dan frasa”Dari tesaurus Latin “perbendaharaan, harta”
Definisi Kumpulan kata-kata dan artinyaKumpulan kata-kata yang memberikan antonim dan sinonim untuk kata-kata

Manfaat Kamus dan Tesaurus

Adapun manfaat dari kamus dan tesaurus ini di antaranya seperti dijelaskan sebagai berikut.

Manfaat Kamus

Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata. Kamus berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain untuk menerangkan maksud kata, di dalam kamus juga menjelaskan pedoman sebutan, asal-usul (etimologi) sesuatu perkataan, dan contoh penggunaan suatu perkataan.

Manfaat Thesaurus

Tesaurus berguna untuk menemukan kosakata yang paling tepat untuk mengungkapkan suatu ide. Di dalam tesaurus terdapat banyak sinonim, sehingga memudahkan menghafal kosakata baru.

Selain itu, tesaurus juga membantu kamu yang berprofesi sebagai penulis untuk merangkai tulisan dengan bahasa yang lebih bervariasi dan indah.

Kursus Vocabulary Building, Bantu Kamu Kuasai Banyak Kosakata 

 Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Vocabulary Building di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!