Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Intonasi adalah: ini Pentingnya dalam Speaking!

Intonasi adalah

Kursus Speaking Local – Pernah dengar seseorang yang berbicara dengan sangat tertata dan enak didengarkan? Biasanya selain menggunakan kosakata yang beragam,  orang tersebut berbicara dengan intonasi yang tepat. Intonasi adalah apa? Cek ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Intonasi adalah

Secara pengertian, intonasi adalah ketepatan pengucapan dan irama kalimat dalam dialog. Intonasi juga dapat diartikan sebagai akurasi penyajian tinggi rendahnya sebuah nada. Intonasi dikenal sebagai lagu kalimat. Fungsinya adalah memberikan penekanan pada sebuah kata.

Jenis-Jenis intonasi

Intonasi terdiri dari beberapa jenis, apa saja? 

Tekanan Dinamik

Tekanan dinamik dalam intonasi adalah keras lembutnya nada ketika diucapkan pada setiap kata yang telah keluar dari mulut. Contoh: “Saya membaca majalah ini.” Jadi yang ditekankan adalah ingin membaca bukan menjual atau kegiatan lainnya. 

Tekanan Nada (Tinggi)

Tekanan nada (tinggi) maksudnya adalah untuk mengukur tinggi rendahnya intonasi dalam sebuah nada.

Tekanan Tempo

Sementara itu, tekanan tempo berarti pengucapan yang diperlambat maupun dipercepat secara sengaja. Tekanan tempo ini digunakan untuk mempertegas makna dari ucapan mulut. Contoh: membaca sebuah naskah secara keras dengan tempo cepat dan lambat. 

Pentingnya Intonasi dalam Speaking

Keberadaan intonasi begitu penting untuk berkomunikasi dalam bahasa apapun, termasuk bahasa Inggris. Hal-hal di bawah ini adalah pentingnya intonasi untuk berbicara (speaking). Apa saja?

  • Membentuk makna dalam sebuah kalimat. Hal ini bisa memberikan kesan maupun makna tertentu dari sebuah informasi yang sudah disampaikan.
  • Memberi penekanan dan memengaruhi pengertian serta makna pada sebuah kalimat.
  • Menciptakan kesan tertentu seperti senang, sedih, atau bahagia. 
  • Menarik perhatian dari sekitar.

Cara Melatih Intonasi

Jika kamu ingin melatih penggunaan intonasi secara tepat sehingga menghasilkan kualitas pembicaraan yang berbobot, beberapa hal ini bisa dilakukan untuk melatih intonasi. Lakukan sebagai latihan secara rutin, bisa berkelompok maupun individu. 

  • Meningkatkan kepercayaan diri dengan sering berbicara di depan forum kecil, lingkaran teman, dan lingkungan sekitar.
  • Melatih alur pernapasan, misalnya dengan melakukan yoga.
  • Melakukan latihan artikulasi kata dengan tepat, dibantu dengan mendengarkan audio native speaker yang membantu.
  • Berlatih mengatur kecepatan berbicara, sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri.
  • Gunakan jeda pada saat berbicara, latih secara rutin setiap berbicara dengan rekan/saudara yang lain.
  • Atur volume suara saat berkomunikasi. Hal ini akan melatih kamu lebih fleksibel jika diminta berbicara dalam forum besar yang membutuhkan volume suara yang keras. 

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Makin Cas Cis Cus 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local  di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!