Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Mengajar Speaking untuk Berbagai Kalangan, Super Fun!

Cara Mengajar Speaking

Kursus Speaking Local – Saat ingin berbicara bahasa Inggris, sebagai pemula pasti merasa kaku dan kesulitan mengucapkannya, bukan? Lalu, bagaimana caranya sebagai pengajar atau orang yang sudah ahli ingin mengajari seseorang yang masih belum lancar? Beberapa langkah dan ide cara mengajar speaking berikut ini bisa jadi solusi alternatif.

Baca juga: 5 Contoh Teks Bahasa Inggris untuk Belajar Speaking

Cara Mengajar Speaking 

Speaking adalah salah satu aspek skill yang penting dalam bahasa Inggris. Skill aktif ini sangat dibutuhkan dan akan berdampak besar dalam hidup, bila seseorang mampu menguasainya. Lalu, bagaimana mengajarkannya pada murid? 

1. Diskusi

Teknik berdiskusi adalah salah satu teknik yang paling sering dilakukan, bukan? Diskusi dapat diterapkan saat siswa selesai mengerjakan soal.

Ajak mereka untuk membahas soal bahasa inggris yang sudah mereka kerjakan agar mereka terbiasa untuk mencari sebuah solusi dan kesimpulan. Atau berilah topik tertentu yang sedang tren lalu minta mereka menyusun pendapat. 

2. Role Play (Bermain Peran)

Cara lain untuk meningkatkan skill berbicara adalah dengan bermain role play atau peran. Dengan permainan ini, siswa akan acting selayaknya menjadi masyarakat yang menghadapi konteks sosial. Pengajar akan memberikan informasi kepada siswa tentang peran yang dimainkan, lalu siswa akan dihadapkan pada suatu permasalahan. Jadi siswa akan membuat sebuah percakapan dalam kasus yang akan dialami. 

3. Story Telling

Kegiatan story telling akan membuat siswa menceritakan sebuah kisah yang sudah mereka dengar sebelumnya. Bisa juga membuat sebuah cerita sendiri untuk diceritakan kepada teman-teman sekelas nantinya.

Story telling membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi, sehingga akan mendorong siswa berpikir out of the box.

4. Story Completion

Jika kamu adalah pengajar bahasa Inggris offline, bisa menggunakan teknik story completion ini. Seluruh siswa diwajibkan untuk membentuk sebuah lingkaran, guru akan menceritakan sebuah dongeng dengan kalimat yang terpotong.

Tugas dari siswa adalah melengkapi kalimat sebelumnya dengan ide-ide mereka, bisa menambahkan sebuah karakter, peran, dan deskripsi. Teknik ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. 

Dari berbagai teknik di atas, manakah yang sering atau ingin digunakan? 

Baca juga: [Cerita Tutor] Begini Pengalaman Kamila dari Alumni Jadi Tutor, Super Rewarding!

Jadi Bagian dari Tutor Lister, Raih Pengalaman Seru!

Tertarik berbagi ilmu, memperluas networking, dan menambah pengalaman? Jadilah Tutor Lister!

Pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang berharga. Bantu students kami meraih prestasi terbaik mereka di masa depan. Kamu dapat berkreasi, berinteraksi, menambah skill komunikasi, dan sejumlah benefit lainnya yang kompetitif.

Cari tahu kisah dan pengalaman sesama rekan Tutor Lister di sini. Daftar sekarang!