Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Conversation adalah: Jenis, Tujuan, dan Tips Belajarnya

Conversation adalah

Kursus Speaking English – Melakukan conversation dalam bahasa Inggris adalah kegiatan yang tidak mungkin terpisahkan saat belajar bahasa Inggris. Ada banyak manfaat dari melakukan kegiatan ini. Salah satunya untuk menjalin koneksi dengan teman-teman atau rekan kerja. Terlebih jika kemampuan bahasa Inggris kamu sudah mahir, maka tak ada batasan untuk berjejaring. Begini ulasan conversation adalah selengkapnya!

Conversation adalah 

Percakapan (conversation) adalah pertukaran lisan ide, pengamatan, pendapat, atau perasaan antara orang-orang. Dalam bahasa Inggris, conversation sering diartikan sebagai “A conversation occurs when people talk to each other, like a conversation with your friend about school or professional basketball.”

Jenis conversation yang sering ditemui

Berikut beberapa jenis conversation yang pasti pernah kamu alami dalam kehidupan sehari-hari.

Debat

Debat adalah percakapan dua arah yang dilakukan secara kompetitif. Tujuannya adalah untuk memenangkan argumen atau meyakinkan seseorang, seperti peserta lain atau pengamat pihak ketiga.

Dialog

Dialog adalah percakapan dua arah yang dilakukan secara kooperatif. Tujuannya agar peserta saling bertukar informasi dan membangun hubungan satu sama lain.

Wacana

Wacana adalah percakapan satu arah yang kooperatif. Tujuannya untuk menyampaikan informasi dari pembicara/penulis kepada pendengar/pembaca.

Cacian

Cacian adalah percakapan satu arah yang kompetitif. Tujuannya adalah untuk mengekspresikan emosi, menggertak mereka yang tidak setuju dengan kamu, dan/atau menginspirasi mereka yang memiliki perspektif yang sama.

Baca juga: Rekomendasi Topik ‘Speaking English’ yang Menarik dan Mudah Dipraktikkan​​

Tujuan Conversation 

Tujuan melakukan conversation adalah untuk menemukan jawaban lengkap atas pertanyaan yang sedang didiskusikan sesuai dengan pengetahuan pribadi orang tersebut.

Percakapan dibutuhkan karena memberikan dukungan sosial, seperti kepada teman, kolega, dan anggota keluarga untuk berbagi informasi, memberi nasihat, atau sekadar curhat.

Proses ini membantu kamu menempatkan segala sesuatu dalam perspektif yang membantu membangun ketahanan diri dan mengatasi dengan lebih baik jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Tips Belajar Conversation 

Bagaimana caranya lancar melakukan conversation dalam bahasa Inggris? Beberapa step di bawah ini bisa menjadi jalan yang layak kamu kembangkan. 

  • Bangun kepercayaan diri dimulai dengan berlatih berkomunikasi via online
  • Belajar dengan partner bahasa di komunitas.
  • Kuasai frasa-frasa penting untuk percakapan seperti:

I’m learning English.

Please speak slowly.

What does ~ mean?

Can you repeat that please?

Thanks for being patient with me!

  • Pelajari topik yang menarik sebagai bahan belajar, seperti hobi, makanan, tempat wisata, dan lainnya. 
  • Gunakan kata-kata slang agar percakapan yang kamu jalin tidak membosankan. 

Kursus Speaking English, Bantu Kamu Semakin Cas Cis Cus 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Bahasa Inggris di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!