Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Debat Bahasa Inggris: Pengertian, Cara Belajar, dan Jenisnya

Debat Bahasa Inggris

Kursus Speaking Local – Apakah kamu berminat mengembangkan bakat berbicara bahasa Inggris? Tahukah kamu, aksi debat adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk mengasah kemampuan berbicara seseorang. Sebab, dalam debat bahasa Inggris misalnya, segala bentuk skill bahasa akan dipraktekkan. Untuk memahami info ini lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan berikut ini. 

Pengertian Debat Bahasa Inggris 

Dalam pengertian singkatnya, debat adalah argumen terstruktur di mana ada dua pihak berbicara secara bergantian untuk dan melawan suatu pertentangan tertentu yang biasanya didasarkan pada masalah topikal. Terdapat waktu yang diberikan sebagai batasnya. 

Berdebat dalam bahasa Inggris adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan sangat menambah pengalaman mengembangkan argumen yang meyakinkan.

Dalam aksi debat, lambat laun kamu akan memahami bahwa sudut pandang alami dalam argumen itu selayaknya koin yang memiliki dua mata sisi. Bukan begitu?

Cara Belajar Debat Bahasa Inggris 

Lalu, jika ingin menjadi ahli debat, bagaimana cara belajarnya? Ada beberapa teknik belajar debat bahasa Inggris, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini sebagaimana tercantum dalam Simon Fraser University.

Gaya

Gaya adalah cara kamu mengkomunikasikan sebuah argumen. Ini adalah bagian paling dasar dari aksi berdebat untuk dikuasai. Konten atau isi dan strategi tidak banyak berarti kecuali kamu menyampaikan materi dengan cara percaya diri dan persuasif.

Kecepatan

Di sesi awal, sangat penting untuk berbicara dengan kecepatan yang cukup cepat untuk terkesan cerdas dan memberimu waktu untuk mengatakan apa yang diinginkan. Biasanya dalam debat diberi batas waktu. Namun tetap gunakan kecepatan yang tepat agar mudah dipahami audiens dan juri.

Nada

Dalam berdebat, tak hanya mimik muka yang mendukung penyampaian argumen, tetapi juga nada yang digunakan saat berbicara tak kalah penting. Gunakan variasi nada agar terdengar menarik. Mendengarkan nada yang datar untuk keseluruhan presentasi itu sangat membosankan, bukan?

Volume

Menyesuaikan volume suara juga penting. Untuk memenangkan debat, kamu tak selalu harus berbicara dengan keras dan lantang. Ada kalanya berbicara dengan pelan tetapi jelas untuk menekankan sesuatu. Sebab, tolok ukur volume ini adalah agar semua orang yang berada di ruangan tersebut mendengar dengan jelas suaramu.

Kejelasan

Aspek kejelasan dalam berdebat juga penting. Tak hanya bersuara keras, tetapi jelas pesannya kepada audiens. Bahkan kemampuan untuk mengungkapkan masalah secara ringkas dan jelas suatu hal yang kompleks adalah inti dari debat lho.

Biasanya alasan utama debaters mulai terdengar tidak jelas karena mereka kehilangan arah pesan yang mau dibawa, sehingga yang penting terus berbicara. Padahal penting juga untuk membuatnya tetap sederhana. Meskipun kata-kata yang panjang mungkin terdengar pintar, tetapi bisa juga mempersulit audiens untuk memahami.

Penggunaan catatan dan kontak mata

Dalam berdebat bolehkah membawa catatan? Mungkin kamu juga penasaran. Nah, dalam aksi debat, kamu diperbolehkan membuat catatan. Sebab, catatan sangat penting untuk mencatat inti argumen dari debaters sebagai bahan untuk menimpali. Akan tetapi argumen harus singkat dan terstruktur dengan baik agar efektif.

Saat menulis catatan untuk sanggahan dalam debat, biasanya lebih baik menggunakan selembar kertas terpisah sehingga kamu dapat mencatat detail dari apa yang dikatakan pembicara lain lalu menulis draft garis besar ke catatan yang sebenarnya akan kamu gunakan.

Kontak mata dengan audiens sangat penting, tetapi tetap alihkan pandanganmu. Tidak ada orang yang suka dipandang sebelah mata, bukan?

Jenis Debat Bahasa Inggris 

Apa saja jenis-jenis debat bahasa Inggris?

Debat Parlementer 

Debat parlementer, biasa disebut debat majelis (assembly or parliamentary debating), adalah debat untuk mendukung undang-undang yang akan dibentuk, dievaluasi, hingga disahkan. Debat parlementer ini lebih formal dan lebih bersifat kenegaraan, oleh karena itu aturan dan prosedur yang berlaku juga lebih ketat.

Cross Examination Debating

Cross examination debating berarti debat untuk pemeriksaan ulang yang bertujuan menemukan kebenaran dalam pemeriksaan yang pernah dilakukan dahulu. Biasanya, debat ini disertai dengan banyak pertanyaan yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Pertanyaan yang disampaikan tidak lain dan tidak bukan untuk memperkuat argumen si penanya.

Formal Conventional or Educational Debating

Debat jenis ini bersifat kompetitif, yang memang difokuskan untuk membentuk mentalitas dalam menyampaikan pendapat dan pada akhirnya ingin mengembangkan keterampilan berbicara dan berargumen peserta debat. Debat ini adalah debat konvensional, tetapi tetap memenuhi unsur-unsur debat.

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Jadi Ahli Debat Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!