Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Body Language adalah: ini Jenis dan Cara Mempelajarinya

Kursus Speaking Local – Ekspresi wajah, gestur, dan postur adalah bagian dari bahasa tubuh untuk berkomunikasi secara non-verbal. Peran body language ini sangat penting jika berhubungan dengan profesi yang menggunakan kemampuan public speaking.

Seperti misalnya kamu adalah seorang MC atau pembawa acara, maka gerak-gerik tubuh kamu akan sangat berdampak pada keberlangsungan acara dan suasananya. 

Body language adalah

Body language atau gerakan tubuh adalah sebuah gerakan yang dilakukan seseorang tanpa sadar dilakukan dan tanpa ada rekayasa. Adapun istilah body language menurut Kamus Merriam Webster adalah “the gestures, movements, and mannerisms by which a person or animal communicates with others.”

Jenis-jenis body language

  • Gerakan tangan dan jari 
  • Kontak mata dengan audiens
  • Melakukan block walking (berjalan-jalan dari satu tempat ke arah lain)
  • Ekspresi muka yang sesuai 
  • Pergerakan kepala sesuai dengan pesan yang ingin ditujukan (misalnya mengangguk, gelang kepala, mendongakkan kepala, dan lainnya)
  • Postur tubuh yang baik (membungkuk, tegap, atau biasa)

Baca juga: 8 Pekerjaan di Bidang Public Speaking, Menarik Dicoba!

Pentingnya body language

Body language memiliki peran sebagai penambah efektivitas pembicaraan bila dilakukan dengan tepat dan pada porsinya. Public speaking adalah sebuah aktivitas komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang dilakukan secara bersamaan. Sehingga, penting sekali memahami jenis body language dan bisa memperagakannya saat menjadi public speaker. Harapannya, agar pesan atau materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penonton. 

Cara mempelajari body language yang baik

Ingin menunjukkan body language yang berkesan? Kamu bisa mencoba mempraktikkan beberapa tips berikut.

Perhatikan ekspresi wajah.

Ekspresi wajah mampu memperlihatkan kredibilitas, keramahan, dan kecerdasan seseorang, menurut Frontiersin

Amati gerakan mata.

Orang yang menjaga kontak mata saat bercakap berarti tertarik pada topik yang dibicarakan. Bila kontak mata cukup lama dan tajam, bisa jadi ia sedang memberikan ancaman.

Sering mengalihkan pandangan menunjukkan bahwa orang tersebut merasa terganggu, tidak nyaman, atau mencoba untuk menyembunyikan sesuatu.

Orang yang berkedip lebih cepat berarti sedang merasa tertekan, tidak nyaman, atau sedang berbohong. Bagian yang lebih gelap di tengah mata (pupil) membesar artinya tertarik atau terangsang pada objek yang dilihatnya.

Mata terbelalak menunjukan orang tersebut terkejut atau takut. Mata agak memicing menunjukkan orang tersebut sedang menyelidiki sesuatu.

Lihat gerakan bibirnya.

Menggigit bibir berarti adanya perasaan khawatir, cemas, takut, tidak aman, dan tertekan. Mengatupkan bibir artinya ketidaksetujuan, ketidakpercayaan, atau ketidaksukaan.

Ujung bibir turun ke bawah adalah ketidaksetujuan atau kesedihan. Ujung bibir yang turun mengartikan sikap meremehkan, menghina, atau merendahkan orang lain.

Perhatikan gerakan kaki dan tangan.

Mengamati gerakan kaki dan tangan seseorang adalah salah satu cara mengetahui kepribadian seseorang. Jika seseorang menyilangkan tangan, berarti ingin mempertahankan diri.

Melipat tangan di dada menunjukkan sikap berkuasa, bosan, atau marah. Sedangkan, menyilangkan kaki saat seseorang membutuhkan privasi.

Menggerakan jari atau kaki dengan cepat saat ingin menunjukkan perasaan gelisah, bosan, tidak sabar, atau tertekan.

Lihat postur tubuh.

Postur tubuh seseorang berbeda-beda. Orang yang duduk dengan tubuh membungkuk ke depan atau ke sisi lain, mengisyaratkan kebosanan dan ketidakpedulian.

Orang dengan postur tubuh terbuka dan tegap bersifat terbuka dan ramah. Sebaliknya, orang berpostur tubuh membungkuk menunjukkan perasaan tidak semangat, ragu, atau cemas.

Kursus Speaking Local, Bantu Kamu Cas Cis Cus

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!