Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

First Name Artinya Apa? Ini Contoh Nama Depan yang Populer

first name artinya

Kursus Vocabulary Building – Dalam perkenalan bahasa Inggris, salah satu hal yang sering kita sebutkan adalah first name. Sudah tahukah kamu, first name artinya apa?

First name digunakan untuk menyebut orang lain, terutama orang yang sudah kita kenal secara dekat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui arti first name.

First Name Artinya

First name artinya secara harfiah adalah nama pertama. Disebut juga dengan nama kecil, nama depan, atau nama panggilan. 

Sementara itu dalam bahasa Inggris, istilah lainnya adalah forename atau given name.

Tujuan First Name

First name diberikan ketika seseorang lahir, biasanya oleh orang tua atau keluarga. Tujuannya adalah membedakan satu orang dengan orang lainnya, terutama anggota keluarga yang lain.

Pasalnya dalam satu keluarga biasanya menggunakan satu nama keluarga, sehingga harus ada nama pembeda. 

Baca juga: But Artinya Apa: Cara Pakai, Contoh Kalimat, dan Sinonim

Penggunaan First Name

Dalam budaya Barat dan beberapa budaya lainnya, orang hanya memanggil first name kepada orang yang sudah dikenal dengan dekat atau keluarga. Nama ini juga digunakan dalam situasi informal yang santai.

Sementara itu, dalam situasi formal, nama keluarga (surname) digunakan untuk memanggil orang lain. Tak jarang juga digunakan gelar sosial atau panggilan formal untuk menyebut orang tersebut secara formal.

Namun tradisi ini lebih sering di budaya Barat. Ada pula budaya lain yang lebih sering menggunakan nama depan untuk panggilan formal maupun informal.

Nama sangat erat kaitannya dengan identitas religius dan kultural. Sebagai contoh, nama John adalah nama paling populer di negara-negara Barat yang menggunakan bahasa Inggris. Namun versi Jerman dari John adalah Johann atau Hans.

Penulisan First Name

Penulisan nama lengkap (full name) tergantung pada tradisi asal seorang.  Ada kultur yang menetapkan nama kecil ditulis di depan, sedangkan ada pula yang menetapkan ditulis di belakang.

Rumus penulisan nama yang umum seperti berikut ini.

First Name / Forename / Given NameMiddle NameLast Name / Surname / Family Name
Last Name / Surname / Family NameMiddle NameFirst Name / Forename / Given Name

Middle name (nama tengah) biasanya berupa pilihan. Tidak semua tradisi menggunakan nama tengah.

Dalam beberapa tradisi, ada nama orang yang terdiri dari nama depan saja. Contohnya nama Jawa banyak yang terdiri dari satu nama saja. 

30 First Name yang Populer

Berikut deretan first name paling populer di dunia, seperti yang disebutkan Forebears.

MariaWeiDavidJuanLuis
NushiMohammadLiAnnaCarlos
MohammedAhmedAbdulMaryJames
JoseYanAnaJeanAntonio
MuhammadAliYingRobertJoseph
MohamedJohnMichaelDanielHui

Kursus Vocabulary Building Bantu Kamu Makin Percaya Diri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Vocabulary Building di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!