Definisi, Gaji, Kemampuan dan Jobdesk Marketing

jobdesk marketing

English for Sales & Marketing – Posisi marketing adalah posisi yang cukup strategis.  Di mana posisi ini banyak dibutuhkan perusahaan dan juga menyumbang  pengaruh cukup tinggi

Pada keberhasilan penjualan dan brand awareness perusahaan.  Gaji marketing cukup membiarkan namun juga dibarengi jobdesk marketing yang cukup padat. 

Apa itu marketing? 

Dalam bahasa yang sederhana Marketing adalah pemasaran.  Namun banyak orang salah mengira bahwa Marketing adalah penjualan atau sales. 

Menurut Sutarno dalam buku serba-serbi Bisnis (2012)  memberikan penjelasan Marketing adalah serangkaian proses penciptaan komunikasi dan penyampaian nilai bagi pelanggan.  Selain itu marketing juga pengelolaan hubungan dengan pelanggan. 

Menurut Don Sextone (2006), Pemasaran adalah memahami apa yang diinginkan orang kemudian berupaya memberi hal yang diinginkan dengan harga yang bersedia mereka bayar. 

Definisi marketing dari Don Sextone Pemasaran adalah menargetkan  customer mana saja yang ingin dipuaskan  dan juga membangun reputasi,  melakukan promosi dan juga penentuan harga. 

Sehingga jika kita simpulkan dari beberapa sumber di atas  Marketing  adalah pintu gerbang dari penjualan di mana posisi ini memancing calon pembeli untuk  melakukan tindakan pembelian sehingga menjadi pelanggan. 

Jobdesk Marketing adalah proses penyampaian informasi dari perusahaan sampai ke  pembeli. Media yang digunakan agar informasi bisa tersebar cukup banyak. 

Tugas marketing adalah memanfaatkan media-media ini ataupun media lainnya untuk menyebarkan informasi dan mendapatkan hasil berupa ketertarikan calon pelanggan  dan juga produk yang  dikenal oleh banyak orang. 

Jobdesk marketing

Agar lebih membantumu mengenal tentang jobdesk marketing kamu bisa melihat beberapa jobdesk nya 

Jobdesk Marketing Penjelasan Jobdesk Marketing
Menyusun rencana periklananMarketing yang membuat rencana media periklanan apa yang digunakan beserta konsep iklan dan biayanya 
Membangun brand awareness atau kesadaran produk kepada masyarakatMarketing mengurus penyebaran informasi  produk dan merek agar  sampai pada pembeli  atau end user
Melakukan riset pasarMarketing melakukan analisa dan pengecekan trend pasar untuk melihat apa yang diinginkan, dibutuhkan  oleh  masyarakat. 
Melakukan riset kompetitorKompetitor dilakukan untuk menjaga kualitas dan strategi agar tidak kalah dengan  pesaing. 
Melakukan periklananMelaksanakan  rencana periklanan. 
Public relationMenjaga hubungan dengan masyarakat dan juga media. 
Analisis hasil perikananMenganalisis hasil perikanan dan juga pengaruhnya untuk penjualan. 
Jobdesk marketing | Tugas marketing

Dari semua tugas atau jobdesk marketing memiliki tujuan  utama yaitu meningkatkan leads untuk penjualan  dan membangun citra merk. 

Tanggung jawab marketing

Ada tanggungjawab utama yang diemban oleh marketing, yaitu membangun citra perusahaan (brand awareness) dan menghasilkan leads agar bisa menjadi penjualan. 

1. Brand awareness 

Tanggung jawab yang pertama yaitu brand awareness,  pemasaran atau marketing bertanggung jawab dengan penyebaran informasi merk dan citra merk tersebut. 

Tentunya setiap merk ingin dilihat sebagai hal yang positif dan dapat diterima oleh masyarakat, untuk mengatur hal ini marketing memiliki andil besar. 

Jika citra merk bagus maka akan banyak dipercaya calon pembeli atau audiens. Sehingga akan membantu meningkatkan penjualan. 

Untuk Itulah kenapa di awal kehadiran merk sebuah produk,  marketing memiliki tanggung jawab dan pekerjaan cukup besar agar merek diterima oleh publik dan dikenal dengan baik. 

Bagaimana penyebaran informasi ini dilakukan sampai diterima oleh semua kalangan masyarakat, metode [penyebaran informasi dikelola oleh tim marketing. 

Marketer bisa menjalankan jobdesk marketing menggunakan metode digital marketing, viral marketing dan juga psikologi marketing. 

2. Meningkatkan  leads 

Tanggung jawab utama selanjutnya dari tim marketing adalah  meningkatkan leads penjualan. 

Dalam dunia marketing leads dapat dipahami sebagai  ketertarikan atau tindakan seseorang yang menunjukkan minat pada sebuah produk. 

 Hal ini terlihat dengan calon pembeli melakukan  tindakan tertentu.   Misalnya  menghubungi kontak si pemilik produk, mengklik tombol CTA di website, meninggalkan komentar di iklan produk dan lainya. 

Namun statusnya masih calon pembeli bukan pelanggan. Leads adalah sebuah pemancing agar calon pembeli melakukan pembelian produk. 

Jika sudah dihasilkan leads bisa jadi iklan atau metode pemasaran yang dilakukan sudah cukup bagus sehingga membuat orang tertarik. 

jobdesk marketing

Sales funnel | Sumber : Wikipedia | Definisi, Gaji, Kemampuan dan Jobdesk Marketing

Berdasarkan gambaran sales funnel di atas jobdesk marketing adalah untuk membuat audience ada di tahapan awareness dan interest

Awareness berarti audience terpapar informasi dengan baik akan produk tersebut. Sedangkan interest adalah membuat audience tertarik dengan produk tersebut. 

Setelah menjadi prospek dan deal penjualan berada di tanggung jawab tim Sales. 

Berapa gaji marketing? 

Marketing adalah salah satu posisi yang memiliki gaji menggiurkan. Menurut website pencari kerja indeed.com gaji untuk Marketing adalah

Posisi marketingGaji marketing / bulan 
Staff marketingRp3.940.846
Manager marketing Rp 5.221.000
Supervisor marketingRp 4.219.774 
Executive marketing Rp 3.941.846
Marketing communicationRp 4.646.745 
Gaji marketing | sumber : indeed.com | Definisi, Gaji, Kemampuan dan Jobdesk Marketing

Jadi itulah beberapa gaji marketing sesuai dengan posisinya.  jadi di Indonesia rata-rata untuk profesi marketing memiliki gaji 3 juta ke atas di   tahun 2023 ini. 

Kemampuan yang harus dimiliki marketing

Untuk menjadi seorang marketing baik staff sampai jabatan atas kamu perlu memiliki skill berikut ini

1.  Kemampuan komunikasi 

Di marketing akan banyak berkoordinasi dengan berbagai divisi  di dalam perusahaan dan pihak  di luar perusahaan. 

Hal ini menuntut  marketer perlu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus.  tidak hanya kemampuan berbicara namun juga kemampuan mendengarkan dan juga menjelaskan dengan baik. 

 Hal ini akan sangat membantu untuk menjalankan pekerjaan dan berkoordinasi dengan banyak pihak. 

2.  Kemampuan  analisa data

Para marketer Nantinya juga akan bermain dengan data.  baik sebelum menjalankan iklan maupun sudah menjalankan strategi perikanan,  marketer akan dihadapkan dengan data. 

Untuk itu  kemampuan analisa yang baik diperlukan.  agar seorang marketer bisa mengambil keputusan yang strategis dan tepat. 

Bisa menggunakan data-data yang terkumpul untuk dimanfaatkan dalam memaksimalkan pemasaran. 

3.  Kreatif 

Marketer juga dituntut untuk bisa berpikir kreatif.  nantinya konsep dan ide pemasaran akan sepenuhnya ditanggung oleh tim marketer  sehingga kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan. 

Selain kreatif dalam hal pembuatan ide juga penerapan konten dan informasi cukup menarik dan disukai oleh audiens. 

Kita bisa melihat konten yang kreatif dan menarik akan banyak mengambil perhatian audience.  Alhasil produk yang diiklankan cukup populer atau juga mendapatkan banyak  penjualan. 

4. Kemampuan menggunakan teknologi digital 

Kemampuan menggunakan teknologi digital seperti media sosial,  media perpesanan,  software editing video dan foto  juga  tools marketing lainnya akan cukup membantu pekerjaan marketer.

Sekarang ini ada banyak media periklanan dan tentunya terus berkembang untuk itu di marketing perlu up to date agar bisa mengikuti trend dan pasar. 

5. Kemampuan negosiasi 

Yang terakhir kemampuan yang perlu dimiliki seorang marketer adalah kemampuan negosiasi.  marketer akan bertemu banyak orang seperti tim Finance, tim kreatif,  media publisher  dan vendor lainnya. 

Pastinya tidak semua hal berjalan dengan lancar, akan ada tantangan dalam bekerja bersama.  namun hal ini bisa diselesaikan dengan kemampuan negosiasi yang baik dan juga kemampuan komunikasi yang baik. 

Untuk itu kenapa tim marketing perlu memiliki kemampuan negosiasi yang baik. 

Beri pelatihan bahasa Inggris untuk tim marketing perusahaan Anda

Menguasai bahasa Inggris untuk tim marketing juga merupakan peluang untuk kesuksesan marketing perusahaan. 

Untuk mendukung tim marketing dalam melaksanakan tugasnya kemampuan bahasa Inggris sangat mendukung agar pekerjaan lancar. 

Anda bisa memberikan Training English for sales dan marketing dari Lister.  program ini ditujukan untuk para marketer dan sales di perusahaan agar bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik untuk mendukung pekerjaan.

Kelas bisa dilakukan secara online dan waktu yang fleksibel.  untuk corporate atau perusahaan,  jika tertarik dengan program tatap muka langsung maka perlu memenuhi minimal jumlah peserta sebanyak 5 peserta. 

Daftar sekarang mumpung ada diskon 10% untuk pembelian kelas minimal harga 1 jutaan.  Anda bisa mengambil promo ini dengan mengklaim kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran,  segera daftar sekarang melalui WhatsApp Lister!

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.