Cara Presentasi dalam Bahasa Inggris untuk Karyawan

presentasi dalam bahasa Inggris

Training Business English – Presentasi bukan hal yang asing lagi untuk karyawan. Dalam kondisi tertentu presentasi dalam bahasa Inggris juga banyak dibutuhkan, terutama jika banyak bekerja dengan atasan dari WNA atau partner bisnis asing.

Bagaimana sih strategi agar presentasi lebih profesional dan menawan di dunia kerja? Berikut tipsnya untuk kamu. 

Baca juga : 10 Contoh Pembuka Presentasi Bahasa Inggris, Wajib Kamu Tahu!

5 tahapan presentasi yang profesional 

Dalam setiap presentasi tentunya ada outline atau rangkaian apa saja yang akan disampaikan saat presentasi. Secara umum ada 5 poin presentasi 

  1. Pembuka
  2. Perkenalan 
  3. Penyampaian materi 
  4. Tanggapan 
  5. Penutup 

Pastikan presentasi dalam bahasa Inggris kamu sudah sesuai dengan alur di atas. Persiapkan materi sesuai dengan porsinya masing-masing bagian. Sehingga presentasi juga akan berjalan teratur dan dapat di mengerti. 

Tips presentasi dalam bahasa Inggris untuk karyawan

Baik presentasi dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, yang membuat presentasimu terlihat profesional adalah urutan presentasi. Bagaimana sih step by step presentasi yang bagus itu?

1. Pembuka 

Pembuka adalah bagian awal kamu menarik perhatian audience. Silahkan awali Presentasi dalam Bahasa Inggris dengan sapaan, basa-basi yang ringan atau juga kutipan. Santai atau formal presentasi disesuaikan dengan kondisi dan jenis presentasinya.  

Di tahap ini banyak orang akan memperhatikanmu, pastikan kamu berbicara dengan mantap, jelas dan ramah. Jangan sampai ragu-ragu atau bahkan lesu. Jangan lupa untuk membuat kontak mata dengan audience di ruangan. 

Dilanjutkan dengan perkenalan nama dan juga asal divisi maupun asal perusahaan. Jangan lupa banyak orang masih memperhatikanmu sehingga perkenalkan diri juga latar belakang dirimu secara singkat dengan baik. 

Kamu bisa menggunakan opening bahasa Inggris dengan berbagai macam jenis. Baik dengan pertanyaan, sapaan, cerita pendek dan lainya. 

Jenis opening presentasi Presentasi dalam bahasa Inggris
Perkenalan Good morning, ladies and gentleman. David Norman here. Iam very honored to be here as a representative of XZ CompanyGood morning, glad for me to stand right here and meet you all. Allow me to introduce myself, iam David Norman and from XZ Company. I will present you with a good idea…. 
Pertanyaan “Before we started into presentation. Did you know if……………………..” “I have a question, before we moving forward into the main presentation. Have you ever wondered about……………………” 
Kutipan “Woke up in the morning, i remember a nice quote like : we never know till we have tried. So today………….” 
Statistik Let me tell you a fact. Based on a survey by the Ministry of Health, it turns out that many men experience depression. This fact……………………” 
Cerita pendek This morning, i stand right here in front of you. But do you know a few years ago……………………….” 
Tips Presentasi dalam Bahasa Inggris untuk Karyawan

Kamu  bisa menggunakan beberapa jenis pembukaan presentasi dalam bahasa Inggris di atas.  Namun  sesuaikan  jenis pembukaan sesuai dengan kondisi presentasi. 

Berikanlah  audience  fakta, pertanyaan atau juga statistik yang menarik sehingga mereka langsung memperhatikan kehadiranmu. 

2. Pengenalan materi 

Merupakan penjelasan apa yang akan kamu sampaikan. Apa permasalahan yang kamu angkat. Pengenalan materi ini diperlukan agar audience dapat mengidentifikasi apa saja yang akan dibahas. Beberapa cara pengenalan materi dalam presentasi dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut

  • “Alright, I will now elaborate on the prospects of our product in the market, based on the results of surveys and observations conducted by our team.”
  • “Well, today I will be focusing on the topic of global climate change and what impacts we have already experienced in our day-to-day lives.”
  • “Today, I will be presenting the marketing team’s achievements over the past two months. But before we delve into that, I have a few questions for the sales team.”

Berikan informasi apa yang akan kamu presentasikan. Audience akan bersiap dengan presentasi kamu. 

3. Penyampaian materi 

Semua persiapan, kemantapan dan profesionalitas yang dibangun di awal presentasi akan sia-sia jika kamu tidak bisa menyampaikan materi dengan baik. 

 Hal  yang dilakukan dalam penyampaian materi adalah

  • Menuliskan poin di dalam halaman presentasi dan menjelaskannya kepada audience
  • Menyampaikan  berdasarkan fakta dan statistik 
  •  Lakukan demonstrasi atau praktek jika dibutuhkan
  •  Hindari terburu-buru  dalam penyampaian

Namun  banyak orang yang melakukan kesalahan saat presentasi dalam bahasa Inggris,  diantaranya  

  • Membaca semua materi 
  •  Berbicara dengan gugup
  •  Tidak luwes dan tidak PD

Kamu perlu membuat perhatian orang lain masih maksimal untuk kamu. Jika presentasi kamu membosankan maka banyak orang akan mengalihkan perhatiannya dan tidak fokus dengan apa yang kamu sampaikan. 

Cara presentasi bahasa inggris untuk menjelaskan materi dalam adalah sebagai berikut 

a. Sampaikan informasi menggunakan grafik/data 

“In this graph, we can observe the annual rainfall pattern in Jakarta for the year 2023. Apparently, the rainfall in Jakarta is not as frequent as in the years 2021 and 2022. This implies…”

b. Buat interaksi dengan pertanyaan

“Nowadays, skincare has become a common practice among female middle school students. Typically, the preferred products include moisturizers, sunscreen, and lip balm. It appears that skincare products have become so familiar for teenagers. Are you aware of this reality?”

Selain itu jika dibutuhkan, penjelasan materi presentasi dalam bahasa Inggris bisa didemonstrasikan atau dipraktekkan langsung di depan audience. 

presentasi dalam bahasa Inggris
Presentasi dalam bahasa Inggris | Sumber : Freepict

4. Siap menghadapi pertanyaan dan tanggapan 

Setelah materi selesai diberikan, kamu perlu memberikan ruang untuk audience memberikan tanggapan serta pertanyaan. Mulai sesi pertanyaan dalam presentasi dalam bahasa Inggris ini dengan menanyakan tanggapan

  • “I would greatly appreciate any feedback or responses regarding the information I’ve provided. Thank you.”
  • “Ladies and gentlemen, Any questions so far?”
  • “I will gather three questions. Please feel free to ask any questions, and I will do my best to answer them.”

Cara paling mudah untuk memberi pertanyaan adalah dengan mengumpulkannya terlebih dahulu untuk kemudian dijawab satu persatu. 

Selain itu kamu juga bisa membatasi jumlah pertanyaan sehingga tidak semua orang akan bertanya. 

5. Penutup 

Nah sekarang tutup presentasi dengan elegan. Kamu bisa memberikan penutup presentasi bahasa inggris dengan beberapa versi. Mulai dari memberikan kesimpulan, penutupan sederhana, buat quote dan lainnya. 

  • “I am delighted to have presented in front of this exceptional audience today. Thank you for your time. Thank you, and have a great afternoon.”
  • “There are many things to learn from our presentation today, and of course, solutions and improvements will continue to be implemented tomorrow. Alright, that’s enough from me. I will take my leave after delivering my material. Thank you.”
  • “Thank you for the opportunity to present today. I appreciate the insightful questions. Thank you for your enthusiasm. Have a great afternoon!”

Silahkan sesuaikan penutup presentasi sesuai dengan kenyamanan dan apa yang kamu minati. Tutup dengan sopan dan ramah. 

Untuk anda : Pecha Kucha: Strategi Presentasi yang Memikat Hati

Kursus english business untuk karyawan, latih kemampuan presentasi dan speaking 

Ingin karyawan memiliki kemampuan business english seperti writing, speaking dan presentasi yang bagus? Anda bisa memberikan pelatihan kursus business english di Lister! 

Kelas ini bisa diikuti secara online maupun tatap muka. Untuk kelas online penjadwalan jam belajar atau jam kursus cukup fleksibel, bisa kapan saja dan dimana saja. 

Sedangkan untuk kelas tatap muka, minimal peserta kursus adalah 5 orang. Tutor di kelas kursus untuk karyawan ini sudah disesuaikan yaitu tutor yang sudah profesional dan berpengalaman mengajar kelas corporate

Ada juga sistem pembayaran cicilan sehingga memudahkan Anda dalam proses pembayaran kursus untuk karyawan. 

Untuk Anda yang membaca blog ini berkesempatan mendapatkan potongan pembelian kelas 10%. Berlaku untuk Anda yang membeli kelas seharga satu jutaan. Klaim kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran melalui Whatsapp untuk dapatkan promonya! 

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.