8 Fakta Menarik Osaka University, Ketahui Sebelum Melanjutkan Pendidikan 

osaka university

Kursus Bahasa Jepang  – Osaka University sudah menjadi universitas idaman tidak hanya mahasiswi asli Jepang. Namun juga, mahasiswa dari seluruh dunia yang ingin melanjutkan pendidikan di negara sakura ini. Jepang memang dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik. 

Terutama, pendidikan di perguruan tingginya yang terbilang maju. Ada program khusus dari pemerintah untuk memilih universitas terbaik di negara tersebut. Osaka University sendiri merupakan salah satu dari Program Universitas Top Global di Jepang. 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus top satu ini. Lister punya beberapa fakta menarik seputar universitas ini. Kamu harus mengetahuinya lebih dulu sebelum melanjutkan pendidikan di kampus ini.

1. Sejarah Pendidikan yang Panjang 

Sejarah pendidikan di Negara Jepang sendiri sudah menjadi bagian dari sejarah yang panjang. Ternyata, universitas ini memegang peran yang sangat penting di dalam sejarah tersebut. Pada masa edo tepatnya pada tahun 1724, lembaga pendidikan ini sudah ada. 

Namun, bukan sebagai universitas melainkan sebagai sekolah Samurai Rangaku. Kemudian, menjadi sekolah tinggi kedokteran pada tahun 1869. Lembaga pendidikan ini resmi menjadi universitas pada tahun 1931. 

Namanya sebagai Universitas Osaka sendiri baru digunakan secara resmi sejak tahun 1947. Universitas inipun diakui sebagai salah satu kampus terbesar di Negara Jepang selain The University of Tokyo yang ada di pusat kota. 

2. Memiliki 3 Area Universitas 

Universitas ini memiliki 3 area universitas yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yaitu, Suita, Toyonaka dan Mino. Setiap area dan bangunannya di bangun dengan gaya kontemporer dan memiliki spesialisasinya sendiri-sendiri.

Kampus Suita merupakan yang terbesar dan menjalankan Osaka University jurusan humaniora, kedokteran, farmasi, dan teknik. Sedangkan, pada kampus Toyonaka dispesialisasikan untuk basis akademis dari Kebijakan Publik Internasional. 

Pada area ini juga sekolah pascasarjana di bidang bahasa dan budaya didirikan. Sedangkan, kampus Mino merupakan pusat dari pembelajaran budaya asing. Pada area ini, terdapat Sekolah Bahasa Asing, Pusat Bahasa dan Budaya Jepang, dan sebagainya. 

3. Nakanoshima Sebagai Pusat Informasi 

Sebenarnya ada satu lagi area universitas yang digunakan oleh Osaka University yaitu Nakanoshima. Jika dibandingkan dengan 3 area yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya Nakanoshima adalah bagian yang paling awal dibangun. 

Letaknya ada di pusat kota Osaka dan menjadi fakultas kedokteran sebelum pindah ke kampus Suita pada tahun 1993. Nakanoshima sampai sekarang masih digunakan sebagai ‘Center of University’ dan pertukaran informasi di antara akademisi. 

Nakanoshima sangat populer di kalangan mahasiswa baru kampus ini. Karena mahasiswa baru akan rutin mengunjungi area ini untuk mencari informasi seputar perkuliahan. Baik yang sudah diterima maupun bagi yang mau mendaftar. 

Baca juga: Estimasi Biaya Hidup di Jepang yang Menarik untuk Diketahui, Perantau Wajib Tau

4. Penelitian Populer Mengenai Cokelat 

Osaka University sangat aktif dalam melakukan penelitian dan publikasinya. Salah satu yang paling populer adalah penelitian kampus ini mengenai cokelat. Dilakukan oleh Takashi Ooshima yang merupakan profesor dari Osaka University. 

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dibandingkan dengan makanan yang mengandung gula lainnya. Cokelat sebenarnya tidak terlalu berbahaya pada gigi dan tidak menyebabkan kerusakan signifikan pada gigi. 

Bahkan, bisa dibilang sebaliknya, ada kemampuan melindungi gigi dari coklat. Penemuan ini kemudian dikembangkan agar menghasilkan metode pengobatan yang lebih efektif untuk kerusakan gigi pada manusia. 

5. Memiliki 11 Sekolah yang Bisa Dipilih 

Osaka University tidak jauh berbeda dengan kampus lain di Jepang seperti Tohoku University dan kampus lain di dunia. Lembaga pendidikan ini menawarkan beberapa sekolah dan jurusan yang terspesialisasi yang bisa dipilih oleh kamu sebagai calon mahasiswa. 

Tepatnya ada 11 sekolah dengan spesialisasi tertentu untuk dipelajari. Berikut adalah berbagai pilihan jurusan yang tersedia di kampus terbaik di Jepang ini, 

  • Human Sciences,
  • Pharmaceutical Sciences,
  • Foreign Studies,
  • Engineering,
  • Medicine,
  • Dentistry, 
  • Law and Politics, 
  • Letters, 
  • Science, 
  • Economics, 
  • Engineering Sciences.

Sebelum mendaftar dan menjadi bagian dari universitas ini. Ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu. Bidang apa yang ingin dipelajari dan fakultas mana yang bisa mengakomodasi minat belajar kamu. 

6. Memiliki 6 Sekolah Pascasarjana 

Seperti kebanyakan universitas lain di Jepang seperti Kyoto University dan lainnya. Universitas Osaka juga memiliki program pascasarjana. Lebih tepatnya, ada 6 sekolah pascasarjana yang tersedia di kampus ini. 

Berikut adalah Osaka University Master Program yang tersedia dan bisa dipilih, 

  • Language and Culture, 
  • Public Policy, 
  • Information and Technology, 
  • Frontier Biosciences, 
  • Law School, 
  • Child Development. 

Sekolah pascasarjana ini adalah tempat untuk para sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih spesifik. Sekolah pascasarjana kampus ini terbilang terbaik di seluruh Jepang. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Yen, Mata Uang Jepang yang Tak Bergambar Pahlawan

7. Punya 4 Cabang Perpustakaan 

Memiliki cabang kampus atau bangunan mungkin wajar bagi sebuah universitas. Namun, selain memiliki cabang area universitas. Osaka University juga memiliki cabang perpustakaan. Perpustakaan utama kampus ini memang terbagi menjadi 4 bagian. 

Perpustakaan utama, ilmu hayati, sains dan teknik, serta studi internasional. Setiap perpustakaan berada di area kampus sesuai dengan jurusannya masing-masing. 

Terdapat perpustakaan yang menyediakan koleksi yang kaya dalam bidang ilmu sosial, ekonomi, dan manajemen. Dengan akses ke buku teks, jurnal akademik, dan data statistik, mahasiswa dan peneliti dapat menggali lebih dalam dalam studi mereka tentang isu-isu sosial dan ekonomi yang relevan.

8. Memiliki Rumah Sakit Sendiri 

Banyak universitas di Jepang yang mendirikan rumah sakitnya sendiri misalnya saja Nagoya University dan berbagai universitas lain di Jepang. Universitas Osaka pun mendirikan rumah sakit sendiri. 

Fasilitas rumah sakit ini digunakan untuk menolong masyarakat dan juga memberikan ruang yang lebih leluasa bagi mahasiswa di bidang kedokteran untuk belajar lebih banyak. 

Sekarang kamu sudah mengetahui fakta menarik mengenai Osaka University. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di kampus ini. Lister harap kamu telah melakukan banyak persiapan karena persaingannya cukup ketat.

Selain itu, Osaka University juga memiliki fasilitas modern dan lengkap yang mendukung kegiatan akademik dan penelitian. 

Laboratorium, perpustakaan, pusat riset, dan ruang kelas yang dilengkapi dengan teknologi canggih tersedia untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian yang efektif.

Dengan reputasi yang kuat dan lingkungan akademik yang dinamis, Osaka University menjadi pilihan menempuh pendidikan yang menarik bagi para calon akademisi dari berbagai belahan dunia. 

Baca juga: Belajar Bahasa Jepang Selamat Malam dan 10 Contoh Penggunaannya

Nikmati Promo Diskon Belajar Bahasa Jepang 

Lister menawarkan pemilihan jumlah kelas mulai dari Private hingga Semi Private mulai dari 1 hingga 5 orang.

Jumlah pertemuan yang ditawarkan mulai dari 2 hingga 80 kali dalam kurun waktu yang disepakati. Daftar lebih cepat untuk mengikuti kelas lebih awal, kamu juga bisa mendapatkan diskon 50 persen. 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class. Informasi lebih lengkap mengenai biaya dapat kamu ketahui melalui Customer Service Lister.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Dapatkan Garansi Skor Bahasa Jepang 

Setelah menentukan jumlah kelas, tutor, hingga kelas pengganti. Kamu juga bisa mendapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Program Garansi Skor sangat menguntungkan kamu, jika ingin mempersiapkan diri menghadapi uji kemahiran bahasa Jepang.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.