Belajar Bahasa Jepang Selamat Malam dan 10 Contoh Penggunaannya

Bahasa Jepang Selamat Malam

Kursus Bahasa JepangSudahkah kamu bermimpi untuk menguasai bahasa Jepang seperti yang dilakukan oleh para karakter anime favoritmu? Atau, mungkin kamu merencanakan perjalanan ke Jepang dan ingin berbicara dengan penduduk setempat dengan lebih lancar? 

Mari kita mulai dengan belajar bagaimana mengucapkan bahasa Jepang “Selamat Malam” dan memahami cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu lama, yuk pelajari sekarang! 

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Bahasa Jepang Selamat Malam 

Mengenal Bahasa Jepang Selamat Malam dan Konteks Penggunaannya 

Memahami penggunaan dasar dari frasa Bahasa Jepang selamat malam, atau “おやすみなさい” (Oyasuminasai) adalah langkah awal yang penting dalam belajar bahasa Jepang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, frase ini biasanya digunakan untuk mengucapkan selamat malam atau berpamitan sebelum tidur.

Konteks penggunaannya biasanya dalam situasi informal dan kebanyakan waktu ketika berbicara dengan orang yang kamu kenal baik, seperti teman, keluarga, atau kolega. 

Misalnya, jika kamu berada di rumah dan akan tidur, kamu bisa mengucapkan “おやすみなさい” kepada anggota keluarga lainnya sebelum pergi ke kamar tidurmu. Atau, jika kamu sedang makan malam dengan teman dan harus pulang lebih awal, kamu bisa mengucapkan “おやすみなさい” sebelum berangkat. 

Apa Saja Variasi Penggunaan Bahasa Jepang Selamat Malam? 

Ada beberapa variasi penggunaan bahasa Jepang selamat malam “おやすみなさい” (Oyasuminasai), tergantung pada tingkat formalitas dan keakraban. Misalnya, dalam percakapan informal atau dengan teman dekat, kamu bisa menyederhanakannya menjadi “おやすみ” (Oyasumi). 

Hal ini sering terjadi dalam percakapan sehari-hari dan dianggap lebih santai dibandingkan dengan penggunaan lengkap “おやすみなさい”. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan ini mungkin tidak selalu tepat dalam setiap situasi. 

Dalam lingkungan yang lebih formal atau ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau superior, lebih baik menggunakan bentuk lengkap “おやすみなさい” untuk menunjukkan rasa hormat dan sopan santun.

Baca Juga: Percakapan Bahasa Jepang dengan Berbagai Tema untuk Latihan

10 Contoh Penggunaan Kalimat Bahasa Jepang Selamat Malam dalam Kehidupan Sehari-hari 

Sekarang, mari kita lihat 10 contoh penggunaan Bahasa Jepang selamat malam dalam situasi sehari-hari, lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

  1. Berpamitan dengan teman: “じゃあ、おやすみなさい” (Jaa, oyasuminasai). Artinya, “Nah, selamat malam.”
  2. Berbicara dengan orang yang lebih tua: “お母さん、おやすみなさい” (Okaasan, oyasuminasai). Artinya, “Ibu, selamat malam.”
  3. Sebelum tidur: “もう寝るから、おやすみなさい” (Mou neru kara, oyasuminasai). Artinya, “Saya akan tidur sekarang, jadi selamat malam.”
  4. Mengakhiri telepon atau percakapan video: “話が終わったら、おやすみなさい” (Hanashi ga owattara, oyasuminasai). Artinya, “Setelah kita selesai berbicara, selamat malam.”
  5. Ketika seseorang lain pergi tidur (H3): “寝るの?それなら、おやすみなさい” (Neru no? Sore nara, oyasuminasai). Artinya, “Mau tidur? Jika begitu, selamat malam.”
  6. Dalam teks atau pesan: “メッセージを見て、おやすみなさい” (Messeeji wo mite, oyasuminasai). Artinya, “Baca pesan ini dan selamat malam.”
  7. Sebelum pergi tidur di hotel atau penginapan: “部屋に戻るので、おやすみなさい” (Heya ni modoru node, oyasuminasai). Artinya, “Saya akan kembali ke kamar, jadi selamat malam.”
  8. Dalam anime atau drama: Anime seringkali memiliki kalimat seperti “さあ、寝る時間だ。おやすみなさい” (Saa, neru jikan da. Oyasuminasai). Artinya, “Nah, sudah waktunya tidur. Selamat malam.”
  9. Dalam sastra atau buku: Dalam novel, kamu mungkin menemukan kalimat seperti “彼女は微笑みながら「おやすみなさい」と言った” (Kanojo wa hohoemi nagara ‘oyasuminasai’ to itta). Artinya, “Dia tersenyum dan berkata ‘selamat malam’.”
  10. Sebagai respons terhadap “selamat malam”: Jika seseorang mengucapkan “おやすみなさい” (Oyasuminasai) kepadamu, kamu bisa merespons dengan mengucapkan “あなたもおやすみなさい” (Anata mo oyasuminasai), yang berarti “Selamat malam juga untukmu.”

Baca Juga: Mengenal Yokai, Makhluk Mistis dalam Cerita Rakyat Jepang

Asah Bahasa Jepang Selamat Malam via Kursus Bahasa Jepang 

Ketika kamu dapat menguasai bahasa Jepang dengan baik, maka peluang kamu untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Jepang semakin terbuka luas. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Jangan lupa ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.