5 Fakta Unik Yen, Mata Uang Jepang yang Tak Bergambar Pahlawan

mata uang jepang

Kursus Bahasa Jepang – Kamu pernah penasaran tentang mata uang Jepang, Yen? Bukan hanya sekadar alat transaksi, yen memiliki banyak fakta menarik yang menggambarkan budaya dan sejarah Jepang. 

Dengan simbol ¥ dan kode ISO 4217 JPY, mata uang Jepang atau yang dikenal dengan nama Yen adalah mata uang resmi yang digunakan di Jepang. Namun, apa yang membuat yen menjadi unik dan menarik?

Kilat Sejarah Mata Uang Jepang Yen 

Yen, mata uang Jepang, mulai digunakan sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka jōrei, atau peraturan pemerintahan tentang uang baru. Namun, sejarah Yen bisa ditelusuri hingga zaman Dinasti Han, sekitar tahun 221 sebelum masehi.

Setelah 250 tahun karena mengalami kemunduran ekonomi, Jepang mengimpor mata uang dari China. Seiring waktu, ekonomi Jepang mulai tumbuh pesat dan China mulai kewalahan memenuhi permintaan mata uang dari Jepang. 

Pada tahun 1870, Jepang meminta bantuan perusahaan Jerman untuk mencetak mata uang baru yang dikenal dengan sebutan German Note. Setelah itu, bank nasional Jepang meminta perusahaan Amerika Serikat untuk memproduksi mata uang yang kemudian diterbitkan pada tahun 1873. 

Dalam perkembangannya, Jepang mulai menggunakan model mata uang kertas dengan potret wajah. Empress Jingu menjadi perempuan pertama yang wajahnya digunakan dalam mata uang Jepang, Yen. 

Baca Juga: Cek 7 Ungkapan Bahasa Jepang Terima Kasih dan Contoh Penggunaannya 

Inilah 5 Fakta Unik Mata Uang Jepang yen 

1. Tidak Menampilkan Gambar Pahlawan Jepang 

Fakta unik mata uang Jepang, Yen pertama adalah tidak menampilkan gambar pahlawan Jepang. Jepang memilih untuk memampangkan gambar tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam bidang pendidikan, penelitian, hingga penulis novel, bukan gambar pahlawan atau potret kaisar dan keluarganya.  

Keputusan ini diambil karena tokoh-tokoh tersebut dinilai telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan dan kemajuan Jepang. Oleh karena itu, wajah mereka dipandang layak untuk terpampang di mata uang Jepang, Yen sebagai bentuk penghargaan. 

2. Nilai Yen dalam Dunia 

Yen merupakan salah satu mata uang paling krusial dalam dinamika ekonomi dunia. Meski fluktuatif, mata uang Jepang ini tetap menjadi mata uang yang berpengaruh dan sering dianggap sebagai indikator ekonomi Asia. 

3. Sulit Sekali Dipalsukan 

Mata uang Jepang, Yen dilengkapi dengan teknologi keamanan yang canggih. Ada stiker bulat berwarna perak yang akan berubah menjadi bulatan hitam saat digandakan. Meski menggunakan mesin fotocopy canggih sekalipun, uang ini tidak dapat digandakan dengan sempurna. 

4. Jarang Ada Perubahan Desain 

Berbeda dengan rupiah yang sering berganti desain, Yen jarang mengalami perubahan model. Uang yang beredar saat ini hampir sama sepanjang tahun. Bahkan, uang yang berlaku saat ini adalah seri tahun 2004, dengan pengecualian pada pecahan 2.000 Yen yang merupakan seri tahun 2000. 

Jika ada desain baru, biasanya polanya hampir seragam dengan bulatan putih di tengah yang berisi gambar transparan atau gambar air dan gambar tokoh yang terletak di sebelah kanan.

5. Tidak Mudah Rusak 

Uang Yen selalu tampak bersih dan rapi. Hal ini disebabkan oleh kebijakan clean money policy yang diterbitkan oleh Bank Sentral Jepang. Selain itu, mata uang Jepang juga menggunakan bahan kertas Washi yang dikenal dengan kualitasnya yang bagus.

Kebijakan dan teknologi yang diterapkan dalam pembuatan Yen menunjukkan betapa Jepang serius dalam menjaga nilai dan kualitas mata uang mereka.

Baca Juga: Belajar Bahasa Jepang Selamat Malam dan 10 Contoh Penggunaannya

Transaksi Mudah Pakai Mata Uang Jepang dengan Mahir Bahasa Jepang 

Mata uang Jepang Yen memang cukup familiar dalam perdagangan internasional. Bagi kamu yang ingin bertransaksi dengan mata uang Jepang, penguasaan bahasa lokal juga penting. Sebagai bekal kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jepang di Lister. 

Bersama Lister  kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat profil Tutor Bahasa Jepang.  

Kamu bisa pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.