Cek 7 Ungkapan Bahasa Jepang Terima Kasih dan Contoh Penggunaannya

bahasa jepang terima kasih

Les Bahasa Jepang – Pernahkan kamu merasa penasaran tentang bagaimana mengungkapkan rasa terima kasih dalam bahasa Jepang? Bahasa Jepang terima kasih adalah kunci yang akan dibahas dalam artikel ini. 

Seperti diketahui bersama, bahasa Jepang dikenal dengan kehalusannya. Pun memiliki banyak cara untuk mengungkapkan bahasa Jepang terima kasih. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya ulasan di bawah ini. 

Mengapa Penting Memelajari Bahasa Jepang Terima Kasih? 

Bahasa Jepang, sebagai salah satu bahasa yang paling kompleks di dunia, memiliki banyak cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Hal ini mencerminkan keragaman dan kedalaman budaya Jepang itu sendiri. 

Berbicara soal bahasa Jepang terima kasih, dalam bahasa Jepang, terima kasih bukan hanya tentang kata. Di sisi lain juga tentang bagaimana dan kapan kamu harus mengatakannya. 

Memahami bahasa Jepang terima kasih dengan tepat, dapat membantu kamu membangun hubungan yang baik dengan orang-orang Jepang. Ini juga dapat membantu kamu memahami budaya dan masyarakat Jepang dengan lebih baik. 

BACA JUGA: Furigana, Huruf Bantu Kanji Jepang agar Mudah Dibaca

Ungkapan-ungkapan Bahasa Jepang Terima Kasih 

Bahasa Jepang terima kasih, diketahui memiliki beberapa ungkapan yang digunakan. Mulai dari bentuk paling sederhana hingga bentuk yang mungkin terbilang cukup kompleks untuk diucapkan oleh penutur Indonesia. 

Berikut ini adalah penjelasan berbagai ungkapan bahasa Jepang terima kasih melalui tabel dan uraian berikut ini: 

Bahasa Jepang Terima Kasih Huruf JepangTerjemahan Bahasa Indonesia 
ArigatōありがとうTerima kasih 
ArigatōgozaimasuありがとうございますTerima kasih (lebih sopan dari arigatō)
Dōmo どうもMakasih 
(Dōmo) Arigatō gozaimashita(どうも) ありがとう ございましたTerima kasih banyak (atas bantuan yang diterima)
Sankyu サンキュMakasih (informal)
Kokoro kara kansha shimasu心から 感謝しますTerima kasih tulus dari hati saya
Goshinsetsu arigatō gozaimashita ご親切 ありがとう ございましたTerima kasih atas keramahannya.

1. Arigatou (ありがとう) 

Bahasa Jepang terima kasih ini adalah cara paling umum diucapkan. Kamu dapat menggunakannya dalam situasi informal atau dengan orang-orang yang lebih muda dari kamu. 

2. Arigatou gozaimasu (ありがとう ございます)

Sedangkan Arigatou gozaimasu, adalah versi lebih formal dari Arigatou. Bahasa Jepang terima kasih ini biasa digunakan dalam situasi yang lebih resmi atau dengan orang yang lebih tua atau lebih senior dari kamu.

3. Doumo (どうも) 

Sederhananya, doumo adalah cara singkat dan informal bahasa Jepang terima kasih. Umumnya diucapkan kepada teman karib atau dalam situasi yang santai karena lebih ringkas. 

4. Dōmo arigatō gozaimashita  (どうも ありがとう ございました) 

“Dōmo arigatō gozaimashita” (どうもありがとうございました) adalah bentuk masa lalu dari “Dōmo arigatō gozaimasu”, yang artinya “Terima kasih banyak” dalam Bahasa Indonesia. 

Ini digunakan ketika kamu ingin menunjukkan rasa terima kasih yang mendalam atas sesuatu yang telah terjadi atau telah diberikan kepada kamu di masa lalu. Dalam konteks ini, “Dōmo” digunakan untuk memberikan penekanan pada rasa terima kasih kamu.

5. Sankyu 

Bahasa Jepang terima kasih “sankyu” merupakan bahasa gaul atau slang.  Kata ini diambil dari pengucapan Bahasa Inggris untuk kata “Thank you”. Meskipun lebih santai dan tidak seformal Arigatou atau Dōmo arigatō gozaimasu, Sankyu masih digunakan secara luas, terutama oleh generasi muda atau dalam situasi yang lebih santai dan informal. 

6. Kokoro kara kansha shimasu (心から 感謝します)

Ungkapan ini biasanya digunakan dalam situasi yang sangat formal atau ketika kamu ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sangat dalam dan tulus. Misalnya, “Saya menghargai dari lubuk hati saya” atau “Saya berterima kasih dari dasar hati saya”. 

Membedakan Cara Penggunaan Bahasa Jepang Terima Kasih

Bahasa Jepang mempunyai versi formal dan informal. Hal ini juga berlaku untuk ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang, ada versi yang dianggap resmi dan versi yang kurang formal, yang hanya cocok digunakan saat berbicara dengan orang-orang tertentu.

Memahami kapan dan bagaimana menggunakan ungkapan-ungkapan ini dengan tepat adalah kunci untuk berkomunikasi dengan lancar. Misalnya, jika kamu berbicara dengan atasan kamu atau orang yang lebih tua dari kamu, akan lebih baik menggunakan Arigatou gozaimasu daripada Arigatou atau Doumo.

Di sisi lain, jika kamu berbicara dengan teman atau orang yang lebih muda, Arigatou atau Doumo akan cukup. Memahami nuansa ini akan membantu kamu berkomunikasi dengan lebih efektif dan sopan dalam Bahasa Jepang. 

BACA JUGA: Percakapan Bahasa Jepang dengan Berbagai Tema untuk Latihan 

Berlatih Kursus Bahasa Jepang, Bekal Cerah di Masa Depan 

Penguasaan bahasa Jepang tidak hanya cukup sampai pada penggunaan bahasa Jepang terima kasih alias masih banyak lagi ungkapan lainnya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat profil Tutor Bahasa Jepang. Kamu bisa pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.