Belajar Ucapan Selamat Makan dalam Bahasa Jepang

Les Bahasa Jepang–  Ucapan selamat makan dalam bahasa Jepang merupakan ungkapan yang biasa digunakan sebelum makan. Dalam budaya Jepang, mengucapkan kata-kata sopan sebelum makan merupakan bagian dari etika yang dijunjung tinggi. Di artikel ini Lister ingin membahas mengenai ucapan selamat makan dalam bahasa Jepang. Jika kamu tertarik untuk belajar dan memahami budaya Jepang, menguasia ucapan selamat makan, maka kamu berada di artikel yang tepat, Lister akan membahasa beberapa cuapan selamat makan yang umum digunakan dalam bahasa Jepang.

Ucapan Selamat Makan dalam Bahasa Jepang

1. Itadakimasu (いただきます)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengerin ucapan in. Yup, ucapan ini merupakan ucapan selamat makan yang paling umum dan sering digunakan di Jepang. Itadakimasu memiliki arti harfiah “saya akan menerima” dan digunakan untuk menghormati makanan yang akan dikonsumsi serta orang yang menyediakannya. Biasanya ucapan ini diucapkan dengan lembut dan sopam sebelum memulai makan.

2. Gochisousama deshita (ごちそうさまでした)

Setelah selesai makan, ucapan selamat makan lain yang penting untuk diketahui adalah gochisousama deshita. Ucapan ini bermaknai “rasa terima kasih atas hidangan yang lezat” dan digunakan untuk menghormati dan mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah memberikan makanan. Gochisousama deshita juga dapat diucapkan kepada sesama rekan makan sebagai ungkapan terima kasih.

3. Meshiagare (召し上がれ)

Meshiagare adalah ucapan selamat makan yang lebih umum digunakan dalam situasi santai atau informal. Ucapan ini memiliki arti “silakan menikmati makanan” dan digunakan untuk mengundang orang lain untuk memulai makan. Biasanya, meshiagare digunakan antara teman, keluarga, atau rekan sebaya.

4. Oishii desu ne (美味しいですね)

Jika kamu ingin mengungkapkan bahwa makanan tersebut enak, kamu dapat menggunakan ucapan oishii desu ne yang berarti “rasanya enak, bukan?”. Ucapan ini adalah cara yang baik untuk memberikan pujian kepada orang yang menyediakan makanan.

5, Tabete kudasai (食べてください)

Tabete kudasai adalah ucapan yang berarti “silakan makan” dan digunakan sebagai undangan untuk memulai makan. Ucapan ini sering digunakan saat seseorang menyajikan hidangan kepada Anda atau saat Anda ingin mengundang orang lain untuk mulai makan.

Baca juga : Percakapan Bahasa Jepang dengan Berbagai Tema untuk Latihan

Pentingnya Etiket Makan dalam Budaya Jepang

Mengapa etiket makan dalam budaya jepang sangatlah penting? Perlu teman-teman ketahui bahwa masyarakat Jepang sangat menghargai etiket makan.  Meja makan merupakan tempat yang penting dimana etiket seseorang dilihat, dapat memposisikan diri dengan baik di meja makan merupakan bentuk citra diri dari seseorang. Sehingga etiket makan yang baik dapat menjadi cerminan terhadap status seseorang.

Penggunaan alat makan juga sangat mempengaruhi pribadi seseorang. Dalam budaya Jepang, tidak dianjurkan menggunakan alat komunikasi seperti telepon genggam, kecuali untuk hal yang mendesak. Selain itu dilarang merokok terutama sebelum makan selesai makan. Kemudian jangan lupa mengucapkan terima kasih ketika makanan sudah tiba di meja makan.

Baca juga : Kamaboko: Olahan Ikan Khas Jepang Lezat, Cocok untuk Diet

 Etiket Makan Pada Jamuan Makan di Jepang

Melansir dari Universitas Sumatra Utara, jamuan makan di Jepang biasanya diselenggarakan dalam ruangan bernama tatami, yaitu rungan bergaya tradisional Jepang yang beralaskan tikar bambu tampa kursi. Saat duduk di atas tatami alas kaki harus dilepas, posisi duduk di atas tatami dilakukan dengan bersimpuh. Sebelum makan, orang Jepang dapat mengucapkan “selamat makan” seperti dalam contoh di atas.

Di Jepang orang lebih suka makan menggunakan sumpit. Ketika menggunakan sumpit tidak boleh ditancapkan ke dalam makanan, hal ini dinggap melambangkan suasana berkabung. Memindahkan makanan menggunakan sumpit juga dilarang, karena merupakan hal tabu dalam etiket makan di Jepang. 

Posisi duduk yang benar ialah dengan duduk tegak, tidak membungkuk maupun bersandar. Ketika makan, seseorang juga dilarang berbicara. Dengan adanya etiket ini, diharapkan, kamu dapat beradaptasi ketika sedang berada di jamuan makan di Jepang.

Tips untuk Mengggunakan Ucapan Selamat Makan dengan Tepat

Untuk menggunakan ucapan selamat makan dengan benar, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Pertama-tama, penting untuk dengan tulus dan sepenuh hati mengucapkan selamat tinggal pada makanan. Hal ini dapat meningkatkan suasana saat makan bersama. Selain itu, penting untuk memperhatikan etiket makan Jepang, seperti mengamati urutan tempat duduk dan menggunakan sumpit dengan benar. Ini menunjukkan rasa hormat terhadap budaya dan tradisi lokal Jepang. Kami menghormati budaya dan tradisi, kami dapat menunjukkan rasa hormat dan kerendahan hati di meja. 

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang, di Kursus Bahasa Jepang!

Ketika kamu dapat menguasai bahasa Jepang dengan baik, maka peluang kamu untuk kuliah, bekerja, dan tinggal di Jepang semakin terbuka luas. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Jangan lupa ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.