fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Culture, Jepang
kamaboko

Kursus Bahasa Jepang – Pernah menyantap ramen Jepang? Jika sudah pernah, maka kamu kemungkinan sudah pernah mencoba kamaboko. Apa itu kamaboko? Simak yuk!

Apa itu Kamaboko?

Kamaboko adalah salah satu makanan tradisional Jepang yang terbuat dari olahan ikan. Kamaboko atau 蒲鉾 dapat diartikan sebagai pasta ikan, roti ikan, kue ikan, atau sosis ikan.

Walaupun begitu, dikutip dari Food in Japan, penduduk lokal Jepang merekomendasikan untuk menyebut makanan ini dengan nama Jepang, karena tidak ada terjemahan yang benar-benar tepat.

Bahan baku pembuatan kamaboko biasanya daging ikan segar seperti cod, threadfin bream, atau berbagai ikan putih yang diproses, disebut dengan surimi.

Kamaboko muncul pertama kali pada tahun 1115 saat periode Heian. Kamaboko disajikan sebagai salah satu hidangan perjamuan untuk perayaan. Tahun 1115, atau dapat diinterpretasikan sebagai 15 November, ditetapkan menjadi Hari Kamaboko di Jepang.

Proses Pembuatan

Membuat kamaboko yang sederhana bisa dilakukan di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain filet ikan, telur, air jahe, tepung maizena, dan garam.

Berikut langkah-langkahnya.

kamaboko
kamaboko
  1. Giling filet ikan menggunakan food processor. Setelah halus, tambahkan telur, air jahe, tepung maizena, dan garam. Aduk rata.
  2. Bagi pasta menjadi dua. Letakkan di atas aluminium foil 30 cm x 25 cm yang sudah diolesi minyak.
  3. Bentuk pasta kamaboko serupa batang kayu, kira-kira ukuran panjang 12 cm dan diameter 5 cm.
  4. Gulung dan rekatkan kedua ujungnya. Kukus selama 30 menit dengan api besar. 

Jenis-jenis Kamaboko

Ada beberapa jenis kamaboko yang umum di pasaran.

1. Kamaboko merah

Biasanya digunakan pada sajian sup Jepang seperti ramen dan soba. Walaupun namanya kamaboko merah, tetapi kamaboko ini memiliki warna pink atau merah muda.

2. Kamaboko putih

Kamaboko ini termasuk yang populer selain kamaboko merah. Biasanya dibentuk tabung dan dikukus pada suhu tinggi, sehingga menghasilkan warna gelap pada kulit luarnya.

3. Kani kamaboko

Terbuat dari kepiting tiruan yang terlihat seperti daging ikan putih dan kepiting. Kamaboko ini sering digunakan di aneka sushi fushion, seperti California Sushi Rolls.

4. Naruto kamaboko

Kamaboko ini mempunyai bentuk yang cantik dengan hiasan spiral dan tepian warna pink . Ketika dipotong, naruto kamaboko ini akan melengkapi keindahan sebuah hidangan. Biasanya digunakan sebagai hiasan pada makanan ramen atau sushi.

5. Sasa kamaboko

Sasa kamaboko merupakan kamaboko yang terkenal di wilayah Sasakama. Kamaboko ini dibentuk menyerupai daun bambu kemudian dipanggang. Penduduk lokal meyakini bahwa proses pemanggangan menghasilkan rasa hangat yang lezat.

6. Kobumaki kamaboko

Kamaboko ini memiliki campuran kelp di dalamnya, yakni salah satu jenis rumput laut. Umumnya kobumaki jauh lebih mahal dibandingkan jenis lainnya, seperti merah atau putih. Kobumaki kamaboko disajikan di acara khusus seperti tahun baru dan perayaan Osechi Ryori.

7. Decorated kamaboko

Kamaboko ini berbentuk silinder yang dikukus dan dipotong, sehingga berbentuk cantik seperti bunga, pohon, kanji, atau bentuk unik lainnya. Kamaboko ini sering disajikan di perayaan Tahun Baru Jepang atau Osechi Ryori.

Ingin tahu macam-macam hidangan yang disajikan saat perayaan tahun baru di Jepang? Berikut ulasannya dalam artikel Osechi Ryori, Hidangan Tradisional Tahun Baru Jepang.

8. Chikuwa

Chikuwa memiliki rasa ikan bakar. Biasanya ditambahkan pada makanan rebusan Jepang seperti oden.

9. Hanpen

Hanpen merupakan perpaduan dari daging ikan putih dan ubi gunung Jepang, sehingga rasanya ringan dan lembut. Biasanya penduduk lokal menyantapnya dengan direbus, bukan dikukus.

10. Satsuma-age

Kamaboko ini terkenal di wilayah selatan Jepang, yakni terbuat dari daging ikan putih biasa atau dicampur dengan sayuran. Penduduk lokal biasanya menikmati kamaboko ini dengan digoreng, dimasukkan pada mi, atau makanan rebus.

Cara Menyantap Kamaboko

Ada beragam cara untuk menyantap kamaboko, misalnya mencelupkannya pada kecap asin, menambahkannya pada sup, salad, mi, atau makanan lainnya.

Selain itu, kamaboko bisa digoreng dengan ditambahkan rumput laut, mirip tempura. Rasanya tak kalah lezat.

Kamaboko juga bisa disajikan sebagai makanan pendamping dan dimakan dengan mayones. Penyajian ini cocok sebagai kudapan atau camilan.

5 Fakta Unik Kamaboko

  1. Terdapat museum khusus tentang kamaboko di Odawara, Jepang.
  2. Tanggal 15 November ditetapkan sebagai Hari Nasional Kamaboko di Jepang.
  3. Selalu disajikan di setiap pesta perayaan besar seperti tahun baru.
  4. Kamaboko memiliki sembilan asam amino seimbang, sehingga bermanfaat sebagai antioksidan, serta mengandung vitamin dan mineral yang cocok untuk diet dan kesehatan. Berdasarkan Umami-Insider, kamaboko memiliki kadar lemak dan kalori rendah, sehingga dapat dijadikan menu diet. Dengan protein tinggi, kamaboko baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, hingga kuku.
  5. Warna kamaboko yang umum adalah merah muda dan putih sebagai tanda warna perayaan di Jepang.

Kursus Bahasa Jepang, Makin Seru Belajar Budayanya!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?