fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Arab, Culture
thobe adalah

Kursus Bahasa Arab – Pakaian adat adalah salah satu warisan budaya yang dimiliki setiap negara. Arab memiliki pakaian yang berciri khas, yakni disebut thobe atau thawb. Thobe adalah pakaian khas Arab sepanjang pergelangan kaki.

Kenali lebih dalam mengenai thobe di bawah ini, yuk!

Apakah Thobe adalah Pakaian Khas Arab?

Thobe sering disebut juga dengan thawb atau jubah, dishdasha, atau kandura. Pakaian ini memiliki panjang hingga pergelangan kaki dan biasanya memiliki lengan panjang yang mirip dengan jubah atau kaftan. Selain itu, terdapat celana panjang atau disebut dengan sirwal sebagai pelengkap.

Thobe memang telah menjadi pakaian khas Arab dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Pakaian ini banyak dikenakan masyarakat Timur Tengah dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya jenis pakaian, makanan khas Arab juga unik. Baca mengenai macam-macam sajian Arab dalam artikel 25 Makanan Khas Arab, Cita Rasa Rempah Eksotik Nan Lezat.

7 Jenis Thobe di Timur Tengah

Masing-masing wilayah Timur Tengah memiliki jubah khas mereka. Apa ciri khas yang membedakan thobe di negara atau kawasan berikut?

1. Djellaba, Maroko

Djellaba memiliki lengan yang cenderung lebih lebar dan leher terbuka. Terdapat pula qob yang merupakan kerudung di bagian belakang sebagai pelindung dari hujan dan pasir gunung. Thobe jenis ini biasa dipakai di Maroko.

2. Kandura, Uni Emirat Arab

Kandura memiliki rumbai panjang yang tergantung di leher. Selain itu, terdapat bordir yang biasanya serasi dengan bordir di bahu.

3. Thobe, Arab Saudi

thobe adalah
thobe

Jenis thobe di Arab Saudi sekilas memiliki kemiripan dengan Uni Emirat Arab. Dikutip dari Life in Saudi Arabia, umumnya thobe di negara tersebut lebih ketat dengan kerah dua kancing dan lengan baju yang dibuat untuk kancing manset.

4. Twabh, Qatar

Thobe asal Qatar disebut twabh. Pakaian ini biasanya terbuat dari bahan kain mengkilap serta memiliki kerah dan saku baju.

5. Thobe, Bahrain

Thobe yang berasal dari Bahrain biasanya memiliki potongan longgar dengan kerah kemeja dan saku. Biasanya thobe digunakan dengan penutup kepala kupu-kupu yang terlihat elegan.

6. Kandura, Oman

Jubah yang dipakai di Oman biasanya tidak menggunakan kerah, berpotongan longgar, dan menggunakan warna yang lebih variatif. Penutup kepalanya disebut dengan mussar.

7. Kandura, Kuwait

Kuwait mempunyai kandura atau jubah berkerah dengan satu kancing dan terbuat dari bahan kain yang berkualitas.

Penggunaan Thobe

Thobe terkadang digunakan dengan bisht atau jubah luar. Berdasarkan penjelasan Althwab, penggunaan bisht umumnya untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, Idul Fitri, atau salat Jumat. Biasanya juga dipakai oleh pria dengan nilai status sosial, kekayaan, atau posisi tertentu dalam keagamaan.

Pahami Budaya Arab Lebih Akurat dengan Bahasanya

Kemampuan bahasa Arab penting untuk studi, bekerja, tinggal hingga berkomunikasi di negara Timur Tengah. Mari siapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Arab di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?