fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Culture, Prancis
buche de noel

Kursus Bahasa Prancis – Identik dengan Natal, buche de noel adalah salah satu kue khas Natal dari Prancis. Simak sejarah, fakta unik, serta resep dari hidangan penutup khas Prancis ini, yuk!

Apa itu Buche de Noel?

Buche de Noel adalah kue yang dibentuk menyerupai batang kayu pohon. Kue ini khas Prancis yang biasa muncul menjelang Natal. Berdasarkan penjelasan Paris Fordreamers, kue ini tercipta dari ritual pembakaran kayu yang sudah dilakukan sejak tahun 1870.

Bentuk kue yang unik, mirip dengan batang pohon, memiliki daya tarik tersendiri. Selain buche de noel, ada banyak kue klasik khas Prancis yang patut kamu coba. Lihat ulasannya pada artikel 21 French Cake Klasik yang Wajib Dicoba, Manisnya Menggoda.

Sejarah Buche de Noel

Awal mulanya bangsa Kelt memiliki tradisi menebang kayu menjelang Natal. Kayu yang diambil berasal dari pohon ek, pohon ceri, atau pohon besar lainnya. Kemudian kayu tersebut dibakar.

Batang kayu yang dibakar merupakan simbol kelahiran matahari yang dipercaya sebagai ucapan syukur bahwa matahari telah kembali ke bumi.

Mengutip dari French Today, tradisi ini terus dilakukan oleh Gereja Katolik selama Abad Pertengahan. Seiring berjalannya waktu, upacara pembakaran kayu menjadi lebih kompleks dan lengkap.

Batang pohon kayu ini yang menginspirasi munculnya sajian kue buche de noel di saat Natal. Berikut beberapa fakta unik dari sejarah penciptaan kue tersebut.

Fakta Unik Asal-usul Buche de Noel

  1. Sebelum dibakar, batang kayu biasanya didekorasi dengan pita dan hiasan hijau.
  2. Orang termuda dan tertua dalam setiap keluarga akan membawa batang kayu ke perapian dan membakarnya.
  3. Kayu dibakar semalaman, kemudian abunya disimpan untuk dipakai sepanjang akhir tahun.
  4. Abu dari batang kayu dipercaya dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit, melindungi rumah dari badai atau kilat, hingga menjauhkan dari setan.
  5. Tradisi ini semakin menghilang dengan munculnya tungku perapian. Oleh karena itu, cabang kayu lebih kecil diletakkan di tengah meja dan dihiasi oleh camilan atau makanan lainnya.

Resep Mudah Membuat Buche de Noel

buche de noel
buche de noel

Bahan kue:

  • 150 gram gula kastor (gula jarak)
  • 6 butir telur
  • 250 gram dark chocolate
  • Gula icing

Bahan untuk isian krim:

  • 400 ml whipped cream
  • 150 gram buah raspberry
  • Drambuie (opsional)

Bahan untuk dekorasi:

  • 125 gram unsalted butter yang dilembutkan
  • 225 gram gula icing
  • 25 gram bubuk coklat yang diayak
  • 1 sendok makan susu cair

Cara membuat:

  1. Siapkan oven yang dipanaskan hingga 220॰C. Lalu, kocok gula kastor dan kuning telur hingga teksturnya kental dan putih. Kemudian cairkan coklat lalu dicampur dengan gula tadi.
  2. Kocok putih telur hingga mengembang. Kemudian tuang sesendok dan diaduk ke dalam adonan coklat yang pertama. Tuang adonan ke dalam loyang dan dipanggang selama 12-14 menit hingga mengembang. Biarkan hingga dingin.
  3. Balikkan kue dari loyang. Taruh pada kertas roti.
  4. Oleskan krim kocok sebagai lapisan isian ke permukaan kue dan teteskan Drambuie jika ada. Kemudian gulung kue dan pindahkan ke piring saji.
  5. Untuk dekorasi, campur krim butter, gula, dan bubuk coklat. Kemudian mulai hiasi kue dengan corak menyerupai batang kayu.

Wujudkan Impian ke Prancis, Mulai dari Belajar Bahasanya!

Menguasai bahasa Prancis adalah bekal penting untuk kuliah atau bekerja di negara tersebut. Kamu dapat mulai selangkah lebih maju dengan impian tinggal di Prancis, mulai dari Kursus Bahasa Prancis di Lister.

Di sini kamu akan diajari tutor-tutor ahli yang bersertifikat. Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?