Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

21 French Cake Klasik yang Wajib Dicoba, Manisnya Menggoda

french cake

Kursus Bahasa Prancis – Tak hanya bahasa Prancis yang terdengar menggelitik di telinga, tetapi juga kulinernya menggoda di lidah. Deretan french cake klasik ini bisa jadi inspirasi untuk kamu penikmat kudapan manis.

Saat kamu berkunjung ke Paris atau kota-kota lainnya di Prancis, jangan lupa mencicip french cake berikut!

French Cake

Cake asal Prancis sangat terkenal di seluruh dunia. Dikutip dari Snippet of Paris, negara tersebut memang terkenal dengan patisserie dan cake-nya.

Membuat pastry pun tak bisa sembarangan. Mereka yang ahli membuat pastry dan hidangan manis lainnya memiliki lisensi khusus sebagai pâtisserie.

Berbagai jenis cake asal Prancis berikut menggunakan bahan-bahan yang khas dan teknik tradisional yang sudah diwariskan turun-temurun.

1. Mille Feuille

Mille feuille artinya seribu lapis. Cake ini memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, karena menggunakan banyak lapisan puff pastry dan krim. Terkadang mille feuille disebut juga dengan gâteaux Napoléon.

Kulit pastry dilipat beberapa kali untuk menciptakan banyak lapis. Di antara lapisan tersebut diisi dengan butter cream, kemudian didinginkan sepanjang malam.

2. Baba au Rhum

Baba au Rhum atau Rum Baba berasal dari wilayah Alsace-Lorraine. Cake mungil ini diciptakan oleh Raja Stanislas dari Polandia.

Ia membuat cake tradisional gugelhupf yang direndam dalam rum, kemudian dihias dengan krim dan beri.

3. Bûche De Noël

Bûche De Noël berarti batang kayu pohon Natal. Dari namanya, dapat kamu tebak cake ini adalah sajian khas Natal di Prancis.

Bûche De Noël adalah bolu gulung cokelat yang diberi berbagai hiasan seperti ceri merah dan marzipan berbentuk daun. Bagian dalamnya diisi butter cream atau whipped cream. Selain cokelat, bolu gulung ini juga dapat diberi isian selai stroberi.

Bagaimana dengan cake cokelat khas Jerman yang mendunia? Berikut ulasannya dalam artikel Mencicipi Black Forest Cake, Si Hitam Manis Asli Jerman.

buche de noel french cake
Bûche De Noël

4. Charlotte Russe

Charlotte Russe adalah jenis cake yang kabarnya diciptakan oleh Marie-Antoine Carême, seorang juru masak raja di Paris, pada 1803.

Cake ini terdiri dari potongan roti putih atau lady finger biscuits, atau dalam bahasa Prancis disebut dengan biscuits à la cuillère.

Di antara lapisan cake terdapat raspberry, purée, custard, atau whipped cream.

5. Madeleine

Selain populer sebagai nama perempuan, madeleine adalah nama kue terkenal yang diciptakan pada abad ke-18.

Cake ini berasal dari Alsace. Madeleine adalah sponge cake yang dicetak berbentuk kerang. Kudapan tersebut dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko roti di seluruh Prancis.

6. Dacquoise

Dacquoise adalah cake yang berasal dari Nouvelle Aquitaine. Cake ini terdiri dari dua sampai tiga lapis adonan yang terbuat dari almond, kemudian diisi dengan butter cream dan buah.

Terkadang adonannya juga dicampur dengan kacang-kacangan seperti pistachio atau hazelnut.

7. Croquembouche

Croquembouche atau pièce montée adalah kue berbentuk unik yang sering ditemui di pesta pernikahan tradisional khas Prancis.

Secara harfiah, kue ini berarti satu gigit di dalam mulut. Kue pastry kecil berbentuk bulat ini dicelupkan ke dalam saus karamel, kemudian disusun bertumpuk sehingga menyerupai piramida.

8. Quatre Quart

Quatre quart secara harfiah berarti empat seperempat dalam bahasa Prancis. Dalam bahasa Inggris, disebut dengan pound cake.

Cake ini biasanya disajikan bersama dengan teh atau sebagai kudapan anak-anak. Kamu dapat membeli quatre quart di berbagai toko roti atau supermarket di seluruh Prancis.

Cake tersebut sering disajikan dalam acara ulang tahun anak-anak, karena menggunakan bahan-bahan yang sederhana yang tidak menimbulkan alergi.

madelaine french cake
Madeleine

9. Fraisier

Fraisier adalah sponge cake dengan topping krim dan stroberi. Dalam bahasa Prancis, fraise berarti stroberi.

Cake ini dapat disajikan dalam ukuran satu porsi atau dalam bentuk satu loyang utuh yang dipotong menjadi beberapa bagian.

10. Paris-Brest

Paris-Brest adalah pastry berbentuk donat. Bagian tengahnya diisi dengan krim praline (campuran almond dan karamel).

Menurut sejarahnya, pastry ini diciptakan pada 1891 saat lomba balap sepeda yang menjadi cikal-bakal Tour de France. Brest adalah kota di pesisir Bretagne (Brittany). Balap sepeda tersebut berlangsung dari Paris menuju Brest, kemudian kembali ke Paris.

Balap sepeda Paris-Brest sendiri berakhir pada 1951, tetapi namanya tetap digunakan untuk menyebut pastry ini.

11. Gâteau Basque

Gâteau Basque berasal Basque, yakni daerah Prancis yang berbatasan dengan Spanyol. Kue ini diciptakan pada abad ke-19. Pada masa itu, cake ini hanya disajikan pada hari minggu atau hari libur.

Cake ini terbuat dari adonan yang padat, kemudian diisi dengan krim pastry. Terkadang isiannya divariasikan dengan selai, buah, atau cokelat.

12. Gâteau St. Honoré

Gateau St. Honoré diberi nama sesuai tokoh pastry ternama, Santo Honoré.

Kue ini terdiri dari puff pastry kecil bulat yang dilapisi karamel, kemudian disusun melingkar di atas puff pastry berbentuk lempengan. Bagian tengahnya dihiasi krim.

13. Financier

Financier adalah cake yang dicetak berbentuk persegi panjang. Cake ini biasanya terbuat dari tepung almond, potongan almond, putih telur, mentega, dan gula.

Kudapan ini diciptakan oleh chef pastry bernama Lasne pada abad ke-19. Financier diciptakan agar dapat dengan mudah dimakan tanpa berantakan.

14. Clafoutis

Clafoutis adalah custard yang dipanggang dengan ceri atau buah-buahan lainnya. Kue ini sederhana dan mudah dibuat, serta hanya dihiasi dengan gula halus atau whipped cream.

clafoutis french cake
Clafoutis

15. Brioche

Brioche adalah roti manis yang diperkirakan berasal dari Normandy pada abad ke-16. Brioche adalah persilangan antara roti, cake, dan pastry. Dalam bahasa Prancis, disebut dengan gâteau.

Terdapat beberapa jenis brioche, masing-masing daerah di Prancis memiliki brioche khasnya sendiri.

Ingin tahu kuliner lainnya di Prancis? Berikut daftarnya di artikel 10+ Makanan Terkenal di Prancis, Mana yang Ingin Kamu Coba?

16. Gâteau Opéra

Gâteau opéra atau opera cake adalah sponge cake yang terbuat dari almond, kopi, serta lapisan gula-gula cokelat atau sirup.

17. Fiadone

Fiadone adalah makanan penutup manis yang terbuat dari brocciu (keju yang terbuat dari susu domba atau kambing), telur, gula, dan lemon.

Bagian atas fiadone dapat dihias dengan madu, potongan buah, atau disajikan polos.

18. Fénétra

Fénétra adalah pastry cake tradisional dari daerah Toulouse. Fénétra terbuat dari almond, manisan lemon, dan aprikot.

Biasanya cake ini dibentuk oval dengan tiga lapis. Bagian dasarnya terbuat dari adonan dan isian aprikot yang dimasak dengan selai jeruk dengan potongan manisan kulit lemon.

Di atasnya terdapat lapisan adonan biskuit yang terbuat dari almond, sama seperti dacquoise.

Cake ini sangat populer di Toulouse, bahkan terdapat festival khusus setiap awal musim panas untuk merayakannya.

19. Far Breton

Far breton adalah cake tradisional khas Bretagne. Cake ini terbuat dari bubur gandum yang dipanggang dengan buah-buahan kering seperti plum atau anggur.

Di masa modern, cake ini juga menggunakan telur dan tepung agar teksturnya tidak terlalu padat. Terkadang juga ditambah rum.

20. Canelé

Canelé adalah cupcake mini dengan rasa rum dan vanila. Biasanya di tengahnya diisi dengan custard dan dihiasi dengan krim di bagian atas. Canelé sering diberikan sebagai hadiah.

21. Kugelhopf

Kugelhopf alias Gugelhupf dalam bahasa Jerman adalah kue tradisional yang berasal dari Alsace. Kue ini diisi dengan kismis yang direndam rum.

Wujudkan Kuliah di Prancis Lewat Kursus Bahasa!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Prancis adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Prancis di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!