Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10+ Makanan Terkenal di Prancis, Mana yang Ingin Kamu Coba?

makanan di Prancis

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk bekerja, melanjutkan studi, atau bahkan berlibur ke Eropa, Perancis jelas menjadi salah satu destinasi tujuan yang patut dipertimbangkan. Negara dengan ibu kota Paris ini memiliki banyak sekali tujuan wisata romantis yang sangat digemari para wisatawan.

Namun, dibalik itu Perancis juga menawarkan ragam kuliner khas yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Perancis. Dengan cita rasa khas, ada beberapa makanan asal Perancis bahkan telah mendunia, lho.

Tertarik cicipi langsung kuliner tradisional Perancis? Di bawah ini rekomendasi makanan khas Perancis dengan cita rasa yang telah mendunia!

Baca juga: Gabung di Kelas Bahasa Prancis Lister sekarang!

makanan terkenal di prancis, Lister

Makanan dan Minuman Khas Prancis

1.Escargot

Makanan khas Perancis ini sangatlah populer karena dimasak menggunakan bahan dasar siput atau bekicot.

Kuliner asal Perancis yang dikenal dengan nama “escargot” ini digemari bukan hanya karena rasanya yang unik, namun karena kandungan gizi, protein, vitamin B2, dan asam amino yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Ratatouille

Kamu pasti tidak asing lagi dengan jenis makanan Prancis yang satu ini?

Ratatouille adalah olahan sayur-sayuran yang dibumbui sebelum kemudian dipanggang.

Dulu, makanan ini dikenal sebagai panganan para petani di musim panas. Kini, Ratatouille telah dikenal luas dan kerap disajikan bersama roti, kentang, ataupun nasi dengan bumbu dan bahan yang diinovasi.

3. Coq Au Vin

Sesuai namanya yang berarti “ayam jantan di wine”, Coq au Vin merupakan olahan paha ayam yang dimasak dengan anggur merah bersama bumbu lainnya.

Proses pembuatan makanan ini cukup lama agar semua bumbu meresap ke dalam daging ayam. Tak heran jika kuliner asal Perancis ini menawarkan rasa yang sangat kaya dan lezat.

4. Paris-brest

Hampir sama dengan croquembouche, variasi dari choux berjumbai custard ini seperti kue sus cokelat raksasa. Paris Brest (dibaca: pah-ree-brehst) adalah nama salah satu variasi lain dari choux (kue sus). Konon kue ini awalnya dibuat oleh para chef di Perancis untuk ikut merayakan acara balap sepeda tahunan ‘Tour de France‘. Sehingga dibuatlah variasi choux bundar miirip roda sepeda.

5. Souffle

Souffle adalah hidangan penutup yang terbuat dari putih telur. Berasal dari kata “souffler” yang berarti memompa, souffle akan menggembung ketika baru keluar dari oven dan secara perlahan akan mengempis.

6. Tarte Tatin

Kuliner khas Perancis lainnya yang tak kalah menarik adalah Tarte Tatin atau Tart Buah Perancis. Umumnya, buah yang digunakan untuk melengkapi kue ini adalah buah apel dan aprikot yang diolah hingga menjadi karamel. Cita rasanya manis dan sangat lezat dan membuat Tarte Tatin menjadi salah satu makanan khas Perancis yang digemari.

7. Baguette

Baguette adalah roti asal Perancis yang popularitasnya telah mendunia. Roti yang berbentuk panjang dan bertekstur sangat renyah ini kerap hadir sebagai pelengkap berbagai hidangan khas Perancis lainnya.

8. Croissant

Tahukah kamu, Croissant pernah dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia lho. Kini kamu sudah bisa menemukannya di toko-toko roti.

Kini, Croissant telah diolah dengan rasa dan isian yang bervariasi dan modern. Sehingga Croissant menjadi salah satu hidangan yang cocok untuk menemani segelas kopi di waktu santai yang lezat.

9. Crepes

Crepes yang memiliki tektur renyah berpadu lembut dari adonan tipis dan kerap dilengkapi berbagai macam pilihan topping ini kini telah sangat mudah ditemukan di bebagai tempat di dunia.

10. Crème brulee

Butuh referensi hidangan penutup? Kamu bisa mencoba Crème brulee yang terbuat dari campuran susu, vanila, dan buah-buahan. Caranya, bahan-bahan ini dimasak menggunakan oven dengan tambahan bumbu pelengkap, jadilah kuliner lembut dengan cita rasa manis dan menyegarkan ini.

11. Langue de boeuf

Terbuat dari bahan utama yang tak kalah unik, Langue de Boeuf adalah makanan khas Perancis berbahan dasar lidah sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan bumbu-bumbu rempah serta potongan sayuran.

Teksturnya lembut dan sedikit kenyal berpadu dengan bumbu yang gurih membuat Langue de Boeuf patut untuk dicicipi saat kamu bertandang ke Kota Mode ini.

12. Farci poitevin

Farci poitevin adalah kuliner khas Perancis yang terbuat dari beragam sayur-sayuran dan bahan lainnya yang dibungkus ke dalam kubis.

Biasanya dihidangkan sebagai hidangan pembuka dan dilengkapi sepotong roti sebagai pelengkap.

13. Beef Burguignon

Mirip dengan rendang, kuliner asal Perancis ini juga berbahan daging sapi yang dibumbui dengan bumbu rahasia.

Salah satu keunikannya adalah tambahan anggur merah atau wine dalam campuran bumbunya. Lalu, Beef Burguignon dimasak sampai bumbunya benar-benar meresap dan daging menjadi bertekstur lembut dan lezat.

14. Bouillabaisse

Bouillabaisse dahulu merupakan makanan olahan para nelayan di Goudes guna memanfaatkan ikan hasil tangkapan mereka yang tak terjual.

Dicampur dengan kerang dan dimasak bersama sedikit kuah dan bumbu lainnya, kuliner ini sukses menjadi salah satu kuliner terkenal yang banyak dicari penggemar kuliner, khususnya pecinta seafood.

15.  Quiche Lorraine

Jenis makanan terakhir ini bernama Quiche Lorraine, dimana ini adalah salah satu resep paling populer di Prancis. Awalnya quiche Lorraine adalah pai puding terbuka dengan daging asap namun versi yang lebih modern yang menambahkan keju ke dalam campuran.

Itulah daftar makanan terkenal yang berasal dari Prancis sebagai referensi kamu, semoga menambah wawasan kamu tentang Prancis ya!