Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Penggemar Kaiju, ini 7 Film Klasik yang Wajib Ditonton!

kaiju

Kursus Bahasa Jepang – Penggemar film Jepang pasti tak asing dengan genre kaiju. Apakah kamu termasuk salah satu penggemarnya?

Gabungan cerita fantasi dan aksi yang seru pastinya akan membuat siapa saja tertarik. Berikut rekomendasi film yang mengangkat kisah kaiju.

Apa itu kaiju?

Kaiju (怪獣 kaijū) adalah kata bahasa Jepang yang berarti makhluk asing atau makhluk buas. Namun dalam bahasa Inggris, kata ini diterjemahkan menjadi monster.

Film yang mengisahkan kaiju merupakan bagian dari genre tokusatsu, yakni film yang menggunakan efek khusus (special effect).

Ciri utama film ini adalah adanya monster raksasa setinggi 15 meter atau lebih. Monster ini akan menyerang kota atau wilayah permukiman warga.

Kisah tentang monster dapat terinspirasi dari cerita rakyat. Tak hanya tentang monster menyerang tempat tinggal manusia, film ini juga dapat mengisahkan pertarungan antarmonster.

Genre ini pertama kali muncul dalam film Godzilla (1954). Beberapa monster kaiju yang terkenal adalah Rodan, Mothra, King Ghidorah, dan Gamera.

Tak hanya di Jepang, genre kaiju turut berkembang di negara-negara barat. Contohnya film Pacific Rim (2013) dan King Kong (1933). Istilah kaiju juga digunakan dalam film tersebut.

Kemudian berkembang pula jenis monster yang memiliki kekuatan mekanik, seperti Mogera, Mechani-Kong, dan Mechagodzilla.

Genre ini adalah alternatif bagi kamu yang gemar menonton film Jepang. Namun jika kamu tetap lebih suka anime, berikut rekomendasi yang bisa jadi alternatif 10 Anime Korea Terbaik, Nggak Kalah dengan Jepang!

7 Rekomendasi Film Klasik Kaiju

Tertarik menonton film monster? Berikut rekomendasi film klasik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Godzilla (1954)

Walaupun termasuk klasik, film pertama Godzilla ini tetap seru untuk memahami awal mula munculnya genre kaiju

Godzilla menjadi gambaran ketakutan dan kehancuran yang dialami masyarakat Jepang pasca-bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Film ini kemudian diikuti berbagai serial yang turut menampilkan Godzilla.

King Kong (1933)

Walaupun film King Kong muncul lebih dulu sebelum Godzilla, pada saat itu belum digunakan istilah kaiju untuk menyebut film tentang monster raksasa.

Film ini mengisahkan seorang aktris yang diculik monster raksasa saat syuting di Skull Island.

Shin Godzilla (2016)

Film ini kembali mengangkat sosok monster Godzilla, tetapi dengan kekuatan menghancurkan yang lebih dahsyat.

Gamera, The Giant Monster (1965)

Gamera adalah monster prasejarah berbentuk kura-kura. Monster ini muncul di Arktik.

Rodan (1956)

Film Rodan mengangkat kisah monster pterosaurus raksasa yang dapat terbang. Monster tersebut bangkit akibat uji bom nuklir.

Ghidorah, the Three-Headed Monster (1964)

Ghidorah adalah monster berkepala tiga yang menjadi musuh Godzilla. Ia adalah yang terkuat di antara monster-monster lain. Untuk mengalahkannya, dibutuhkan beberapa kaiju sekaligus.

The Host (2006)

Berbeda dengan film-film lainnya, The Host adalah film Korea besutan sutradara Bong Joon-ho. Film ini mengisahkan monster misterius dari Sungai Han di Seoul yang membunuh dan menculik manusia.

Nonton Film Jadi Lebih Seru dengan Kursus Bahasa Jepang!

Ingin pengalaman nonton film kamu menjadi lebih seru? Ikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister!

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat profil Tutor Bahasa Jepang.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!