Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Furigana, Huruf Bantu Kanji Jepang agar Mudah Dibaca

huruf furigana

Kursus Bahasa Jepang – Bahasa Jepang memiliki aksara hiragana, katakana, dan kanji. Tak jarang, banyak pengguna bahasa Jepang mengalami kesulitan dalam membaca karakter kanji. Oleh karena itu, ada furigana untuk mempermudah membaca kanji dalam bahasa Jepang.

Apa itu Furigana?

Furigana adalah alat bantu untuk membaca kanji bahasa Jepang dalam bentuk kana (hiragana dan katakana). Biasanya furigana ditulis dengan ukuran lebih kecil dan diletakkan di sebelah atas atau kanan kalimat kanji.

Dikutip dari Japanesewithanime, jika tulisan furigana yang diletakkan sebelah atas, maka teks tersebut disebut sebagai yokogaki. Sementara itu tulisan furigana yang ditaruh di sebelah kanan disebut sebagai tategaki.

Selain itu, furigana sering disebut juga sebagai Yomigana (読み仮名) atu rubi (ルビ).

Bagi kamu yang masih pemula dalam mempelajari bahasa Jepang, sudah tahu perbedaan kanji, hiragana, dan katakana? Pelajari ulasannya dalam artikel Belajar Huruf Jepang: Kanji, Katakana, Hiragana.

Fungsi Furigana

Membaca kanji memang cukup sulit dan dapat terdengar ambigu. Maka, furigana digunakan untuk menghindari ambiguitas dari pengucapan kanji. Bisa dikatakan furigana berfungsi sebagai alat bantu membaca kanji dalam bahasa Jepang.

Furigana menunjukkan cara untuk mengidentifikasi pengucapan nama tempat dan nama orang yang benar.

Penggunaan Furigana

Furigana biasanya digunakan dalam bacaan anak-anak. Anak-anak pada umumnya masih belum mengerti cara membaca kanji yang benar, tetapi sudah memahami hiragana. Hiragana cenderung lebih mudah untuk dipelajari dan dihafalkan daripada kanji.

Salah satu contoh penggunaan furigana yang sering ditemui adalah dalam komik, seperti Detective Conan atau Dragon Ball.

Tidak hanya untuk anak-anak, furigana dapat membantu bacaan orang dewasa seperti pada novel, koran, atau media massa.  Selain itu, furigana muncul pada papan nama stasiun kereta api dan peta untuk membantu pelafalan nama tempat.

Contoh Furigana dalam Kehidupan Sehari-hari di Jepang

Ini adalah contoh penggunaan furigana di beberapa tempat.

1. Buku komik

Untuk memudahkan anak-anak memahami kalimat kanji pada percakapan dalam komik.

2. Papan nama kereta di Jepang

huruf furigana
papan nama kereta Jepang

Untuk memudahkan identifikasi nama stasiun kereta.

3. Buku atau novel

Untuk memudahkan pembaca dalam pemahaman dan penguasaan kanji.

Pelajari Aksara Jepang dan Kuasai Bahasanya!

Mempelajari hiragana, katakana, atau kanji secara mandiri tidaklah mudah. Mari persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister bersama tutor andal.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!