3 Syarat Umum untuk Berkuliah di Universitas Waseda Jepang

universitas waseda

Kursus Bahasa Jepang  – Pernahkah Kamu mendengar tentang Waseda Boys? Atau mungkin Kamu pernah menonton konten-konten mereka di YouTube? 

Sebelum membuat konten YouTube bersama, ternyata 4 anak muda yang salah satunya berasal dari Indonesia ini awalnya bertemu saat berkuliah di Universitas Waseda, salah satu universitas terbaik di Jepang.

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di universitas yang sama membuat mereka sering bertemu dan pada akhirnya membuat konten bersama dengan membahas berbagai hal mengenai Jepang. 

Tapi bukan Waseda Boys ataupun konten-konten YouTube mereka yang akan Lister bahas dalam artikel, melainkan tempat Waseda Boys berkuliah, yakni Waseda University beserta syarat masuk kampus bergengsi ini. Penasaran? Berikut informasinya untuk Kamu.

Universitas Waseda Jepang

Buat Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang, Universitas Waseda bisa menjadi pilihan tepat untuk melanjutkan studi. Salah satu dari 10 besar universitas terbaik di Jepang ini berlokasi di Shinjuku, Tokyo.

Didirikan pada tahun 1882 oleh Shigenoba Okuma yakni Perdana Menteri Jepang saat itu, Universitas Waseda atau yang dulu disebut sebagai Tokyo Senmon Gakko terus mengalami perkembangan hingga akhirnya bersama dengan Universitas Kyoto yang berada di peringkat 2 perguruan tinggi terbaik di Jepang. 

Peringkat ke 36 perguruan tinggi terbaik di dunia, Waseda University juga masuk dalam jajaran 10 besar perguruan tinggi terbaik di Jepang dan berada di peringkat 205 perguruan tinggi terbaik di dunia berdasarkan laporan QS yang dirilis pada tahun 2023. 

Tentunya kualitas akademik dari universitas yang berorientasi riset ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, Universitas Waseda juga dikenal dengan perguruan tinggi yang memiliki lingkungan pendidikan ramah terhadap pelajar internasional.

Hasil survei tahun 2022 yang dirilis oleh Japan Student Service Organization (JASSO) menunjukan bahwa Waseda University menjadi salah satu tujuan utama bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi. 

Baca juga: Cek 7 Ungkapan Bahasa Jepang Terima Kasih dan Contoh Penggunaannya

Bahkan pada tahun 2022 jumlah total mahasiswa internasional yang ada di Waseda University mencapai 8.350. Jadi, Kamu tidak perlu ragu untuk memilih Waseda University saat akan berkuliah di Jepang.

Dukungan yang diberikan Waseda University terhadap pelajar internasional dan fasilitas yang memadai termasuk juga fasilitas luar kelas menjadi faktor yang membuat banyak pelajar internasional merasa betah berkuliah di Jepang. 

Beberapa fasilitas yang diberikan seperti Residence Life Center yakni penginapan yang ditujukan untuk pelajar internasional selama belajar, dan ada juga Intercultural Communication Center sebagai forum komunikasi pelajar internasional. 

Tidak ketinggalan tersedia juga berbagai program dengan pengantar berbahasa Inggris yang bisa diambil oleh mahasiswa.

Pada tahun 2007, sekaligus peringatan Waseda University yang ke-125 tahun, diresmikan logo Waseda University sebagai identitas Universitas. Logo utama ini berbentuk persegi dengan warna maroon. Inspirasi bentuk persegi ini diambil dari bentuk persegi pada topi seragam tradisional mahasiswi.

Baca juga: Belajar Ucapan Selamat Makan dalam Bahasa Jepang

Program Studi Universitas Waseda Tokyo

Program studi yang ditawarkan Waseda University ini tidak kalah menarik. Terdapat berbagai macam program studi baik untuk program sarjana maupun pascasarjana. Program studi tersebut tersebar dalam beberapa fakultas yang berbeda, yakni

  • Faculty of Commerce
  • Faculty of Human Sciences
  • Faculty of International Research and Education
  • Faculty of Law
  • Faculty of Letters, Arts and Sciences
  • Faculty of Political Science and Economics
  • Faculty of Science and Engineering
  • Faculty of Social Sciences
  • Faculty of Sport Sciences

Lalu, bagaimana jika terkendala bahasa? Kamu tidak perlu khawatir, karena ada sekitar 50 program studi yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama selama perkuliahan. 

Meskipun begitu, Kamu juga bisa tetap mahir dalam berbahasa Jepang dengan mengikuti les bahasa Jepang terlebih dahulu, agar tidak hanya kehidupan perkuliahan yang dimudahkan dengan komunikasi, tetapi juga kehidupan Kamu dengan lingkungan sekitar jadi lebih mudah jika lancar berkomunikasi dalam Bahasa Jepang.

Baca juga: Apa Arti Ara-Ara dalam Bahasa Jepang? Bagaimana Menggunakannya?

Syarat Masuk Waseda University 

Setelah membaca beberapa informasi tentang Universitas Waseda, apakah Kamu semakin yakin untuk melanjutkan studi di universitas terbaik yang satu ini? Jika Kamu semakin tertarik, berikut ini Lister berikan beberapa persyaratan umum di Universitas Waseda, 

  • Persyaratan jenjang Sarjana dengan Bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar
  • Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah selama 12 tahun
  • Kemampuan Bahasa Jepang yang baik dibuktikan dengan hasil JLPT
  • Mengikuti ujian masuk mahasiswa internasional, ujian ini dilakukan untuk mengukur kemampuan akademik dan berbahasa Jepang calon mahasiswa.
  • Persyaratan jenjang Sarjana dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  • Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah selama 12 tahun atau menyerahkan hasil terstandarisasi seperti Provincial Exams of Canada, Baccalaureat, A-Level, GAOKAO, ACT, IB, SAT, GSAT, CSAT, AISSCE, O-NET, HKDSE, atau tes lain yang setara.
  • Kemampuan Bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan hasil tes TOEFL, IELTS Academic, iBT, atau tes lain yang setara.
  • Persyaratan jenjang Pascasarjana dengan Bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar
  • Menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya
  • Kemampuan Bahasa Jepang yang baik dibuktikan dengan hasil JLPT
  • Mencari supervising professor untuk melakukan penelitian dari database peneliti Waseda University yakni di https://researchers.waseda.jp/en/
  • Persyaratan jenjang Pascasarjana dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  • Menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya
  • Kemampuan Bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan hasil tes TOEFL, IELTS Academic, iBT, atau tes lain yang setara
  • Mencari supervising professor untuk melakukan penelitian dari database peneliti Waseda University yakni di https://researchers.waseda.jp/en/

Universitas Waseda memberikan banyak kemudahan bagi Kamu yang memang berniat untuk melanjutkan studi. Jadi jangan sia-siakan kesempatan yang ada.

Dengan sejarah yang kaya dan panjang, Universitas Waseda memiliki banyak disiplin ilmu yang bisa dipilih. Waseda University juga dikenal karena pendekatannya yang inovatif dalam pembelajaran. 

Salah satu aspek yang membedakan Waseda University adalah jaringan luasnya dengan universitas dan institusi lain di seluruh dunia. 

Ada pun keunggulan dalam hal inovasi penelitian dan pengajaran pendidikan membuat banyak mahasiswa di seluruh dunia melirik Universitas Waseda.

Nikmati Promo Diskon Belajar Bahasa Jepang 

Lister menawarkan pemilihan jumlah kelas mulai dari Private hingga Semi Private mulai dari 1 hingga 5 orang.

Jumlah pertemuan yang ditawarkan mulai dari 2 hingga 80 kali dalam kurun waktu yang disepakati. Daftar lebih cepat untuk mengikuti kelas lebih awal, kamu juga bisa mendapatkan diskon 50 persen. 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class. Informasi lebih lengkap mengenai biaya dapat kamu ketahui melalui Customer Service Lister.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Dapatkan Garansi Skor Bahasa Jepang 

Setelah menentukan jumlah kelas, tutor, hingga kelas pengganti. Kamu juga bisa mendapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Program Garansi Skor sangat menguntungkan kamu, jika ingin mempersiapkan diri menghadapi uji kemahiran bahasa Jepang.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.