Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

7 Strategi IELTS Reading, Tak Perlu Pahami Arti Setiap Kata

Reading adalah salah satu seksi dalam ujian bahasa Inggris IELTS. Seksi ini bertujuan mengasah reading skills yang terdiri dari memahami gagasan pokok, menyimpulkan, mengenali opini dan argumen, serta menganalisis teks.

IELTS Reading berlangsung selama 60 menit untuk 40 pertanyaan. Dengan waktu yang singkat tersebut, kamu membutuhkan strategi menjawab soal-soal Reading Section dengan jitu.

Jenis-Jenis IELTS Reading Section

Sebelumnya perlu kamu pahami, ada dua jenis IELTS, yakni Academic Test dan General Training Test. Perbedaan ini muncul pula dalam Reading Section.

Academic Test

IELTS Academic Test ditujukan untuk peserta yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Jenis IELTS ini lebih sulit, karena bertujuan menguji kemampuan berpikir kritis dan analisis.

Dalam Reading Section, terdapat tiga teks yang diambil dari publikasi jurnal ilmiah, surat kabar, atau majalah.

General Test

IELTS General Test ditujukan untuk peserta yang hendak melanjutkan pendidikan sekolah menengah, melamar pekerjaan, atau imigrasi. Jenis IELTS ini menguji kemampuan berkomunikasi dalam lingkungan berbahasa Inggris.

Reading Section menggunakan teks yang diambil dari iklan, brosur, surat kabar, buku, atau majalah.

Jenis-Jenis Pertanyaan IELTS Reading

Terdapat enam jenis pertanyaan dalam Reading Section. Jenis-jenis pertanyaan ini diajukan secara acak.

Multiple Choice Questions

Peserta diminta memilih satu dari beberapa pilihan jawaban.

Identify Information

Peserta tes akan diberikan pernyataan berdasarkan teks, lalu diminta menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah.

Matching Information

Peserta diminta mencari informasi yang terdapat dalam teks. Jawaban dapat berupa kalimat, angka, diagram, tabel, kesimpulan, dan ringkasan.

Strategi Menjawab IELTS Reading

Setelah memahami jenis-jenis soal Reading Section, bagaimana cara terbaik menjawabnya?

Tak Perlu Memahami Setiap Arti Kata

Mengetahui banyak vocabulary memang hal yang baik. Namun bagi native speaker bahasa Inggris sekalipun, tidak mungkin menguasai seluruh arti kata yang ada di dalam kamus.

Kamu dapat membaca keseluruhan frasa dan kalimat untuk memperkirakan arti kata yang tidak diketahui.

Jangan terjebak dengan terlalu lama memikirkan satu arti kata saja, terlebih jika tidak ada hubungannya dengan soal.

Membaca Setiap Hari

Buat dirimu terbiasa membaca berbagai jenis teks. Kamu dapat membaca berbagai sumber bacaan, mulai dari berita online, surat kabar, novel, majalah, dan lain-lain.

Hal ini akan membantu kamu membaca dengan cepat sambil tetap memahami keseluruhan teks. Selain itu, kamu akan menambah perbendaharaan kosakata.

Pahami Soal

Beberapa instruksi dalam soal dapat menjebak, sehingga kamu harus berhati-hati. Sebagai contoh, terdapat instruksi yang menyebut “Write two words and/or a number.”

Ada beberapa kemungkinan yang dapat muncul, yakni one word, one word and a number, two words, dan two words and a number.

Angka juga dapat ditulis dengan huruf. Contohnya thirty two cars, yang terdiri dari one word and a number.

Skimming

Skimming adalah salah satu cara membaca dengan cepat sambil tetap memahami inti teks. Pahami setiap gagasan pokok dan kata kunci utama, lalu buat ringkasan singkat.

Cari Kata Kunci

Soal-soal dalam Reading Section seringkali menanyakan informasi tertentu dalam teks. Contohnya nama tempat, tanggal, data, dan lain-lain. Carilah kata kunci yang mengandung informasi tersebut.

Pahami Jenis Teks

Terdapat dua jenis teks yang secara umum digunakan dalam Reading Section.

Descriptive Text membahas suatu topik disertai berbagai fakta terkait, biasanya disusun secara runtut. Contohnya History of the Silk Road.

Discursive Text membahas teori atau hipotesis berdasarkan penelitian penulis. Teks ini dapat mengandung opini dan argumen. Contohnya Does Meritocracy aid economic growth?

Atur Waktu

Waktu yang tersedia untuk Reading Section hanya 60 menit. Idealnya, satu soal hanya membutuhkan waktu 1 menit.

Waktu 15 menit digunakan untuk membaca teks. Sisa waktu 5 menit digunakan untuk mengecek jawaban dan mengisi answer sheet.

Jika kamu menemukan soal yang sulit, lewati terlebih dahulu agar tidak menghabiskan waktu.

Jawab Setiap Soal

Tidak ada nilai minus untuk soal yang salah. Pastikan kamu menjawab setiap soal.

Kursus Persiapan IELTS, Langkah Awal Raih Skor > 7!

Mengerjakan IELTS membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor lebih dari 7. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus Persiapan IELTS di Lister.

Di sini kamu akan berlatih bersama tutor-tutor berpengalaman dan bersertifikat. Sejumlah alumni Lister terbukti telah meraih skor IELTS 7.5 setelah mengikuti kursus.

Kamu dapat memilih jumlah dan jadwal kelas sendiri sesuai kebutuhan. Kamu juga akan mendapatkan modul yang pastinya mendukung proses belajar. Daftar sekarang!