Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Vocabulary Building – Mengenal Penguasaan Kosakata

vocabulary mastery

Kursus Bahasa Inggris – Jika sebelumnya kita sudah membahas kategori kata sebagai pembentukan kalimat dalam unsur-unsur sintaksis, kali ini akan dibahas pengkategorian kosakata dari sudut pandang penguasaan. Dalam bahasa Inggris hal disebut dengan vocabulary mastery.

Pembelajaran mengenai vocabulary cukup mendasar dan perlu dikuasai pelajar bahasa Inggris.

Apa sih kosakata (vocabulary) itu?

Kosakata atau vocabulary adalah kumpulan kata yang dikuasai seseorang secara familiar. Kosakata umumnya berhubungan erat dengan perkembangan umur seseorang.

Penguasaan kosakata berperan penting dan sangat mendasar untuk kemampuan berkomunikasi.

Dalam ranah pembelajaran bahasa asing/kedua, penguasaan kosakata merupakan tantangan tersendiri. Materi ini menjadi krusial.

Materi tentang kosakata (vocabulary)

Menurut para ahli, pelajaran kosakata atau vocabulary merupakan materi yang mendiskusikan mengenai kata-kata. Kata berbeda dengan unit kebahasaan lain seperti frasa. Kata dapat berdiri sendiri dan tetap memiliki makna.

Namun tentu saja, jika membahas mengenai kosakata, cakupannya akan lebih luas daripada pemaknaan saja.

Pelajaran tentang kosakata juga akan membahas unit-unit kebahasaan lain seperti morfem (morpheme), suku kata (syllable), leksim (lexeme), lemma, idiom, bahkan kata ganda (binomial dan trinomial).

Ada juga yang menyatakan bahwa pembahasan mengenai kosakata atau vocabulary berada pada materi seputar kata-kata. Contohnya akar kata, dinamika pertumbuhan dan penghambatnya, hubungan di antara kata, hingga kedudukan pada konteks sosial yang berbeda.

vocabulary

Jenis penguasaan kosakata (vocabulary mastery)

Dalam penguasaan kosakata (vocabulary mastery), terdapat dua klasifikasi.

Reseptif (receptive)

Pada tingkat ini, penguasaan hanya terbatas pada pemahaman mengenai makna kosakata.

Dengan kata lain, hanya bersifat hafalan. Penguasaan kosakata berasal dari menyimak (listening skill) dan membaca (reading skill).

Pembelajar menggunakan hafalan yang diperoleh secara lisan dan tulis di ingatan. Pada tingkat ini, pembelajar memperoleh kosakata dalam bentuk lisan dan tulis.

Produktif (productive)

Tingkat penguasaan ini lebih tinggi. Pembelajar tidak lagi sekadar menghafal dan memahami arti kata.

Pembelajar diharapkan mampu mengaplikasikan kata yang sudah dipelajarinya.

Cara memahami kosakata (vocabulary)

Pada umumnya, kebutuhan seseorang untuk menguasai bahasa Inggris bervariasi, sesuai dengan tujuannya dalam komunikasi. Dalam bahasa Inggris, batas minimum untuk melakukan percakapan sehari-hari diperlukan setidaknya 2.000 kata.

Untuk mendekati kemampuan penutur asli (native speaker), diperlukan kosakata sebanyak 15.000-20.000 frasa, di mana satu frasa terdiri dari 2-3 kata atau lebih.

Melihat angka tersebut, wajar jika banyak orang beranggapan bahwa tidak mungkin mempelajari vocabulary hanya dari sekolah saja.

Untuk mengatasinya, pembelajar dapat menempuh pendidikan yang bersifat nonformal. Namun dalam mempelajari vocabulary, cara paling efektif adalah fokus pada penerapan kosakata yang paling banyak digunakan sehari-hari.

Tips meningkatkan penguasaan kosakata (vocabulary)

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk membantu meningkatkan vocabulary mastery.

Konsumsi bahasa Inggris sesering mungkin

Bagaimana mungkin memiliki koleksi kosakata yang luas jika masih enggan mengkonsumsi bahasa Inggris? Paparkan diri dengan hal-hal yang menggunakan bahasa Inggris sehari-hari.

Bukan sekadar mempelajarinya dari buku, tetapi bahkan sampai tingkat yang sepele. Contohnya mendengarkan lagu, menonton film, menggunakan pilihan bahasa Inggris di ponsel, dan masih banyak lagi.

Gunakan kata-kata baru

Penguasaan kosakata Bahasa Inggris bukan hanya terkait seberapa banyak kosakata yang mampu kamu hafal dan pahami. Namun juga tentang bagaimana kamu mampu menerapkannya secara lebih luas.

Setelah menghafal dan memahaminya, biasakan untuk menggunakan berbagai kosakata baru tersebut dalam kegiatan sehari-hari.

Cari tahu tentang akar kata

Dalam bahasa Inggris, ada yang disebut dengan akar kata. Dari akar kata ini berbagai kata dan frasa yang lebih kompleks dibentuk atau disebut dengan words family,

Kunci menguasainya adalah mencari akar kata sebanyak mungkin. Kemudian pelajari pola gramatikal sesuai part of speech. Dalam waktu singkat, penguasaan kosakata akan meningkat.

Kenali apa itu thesaurus

Thesaurus adalah kamus yang digunakan untuk mencari padanan kata baik synonym (persamaan kata) ataupun antonym (lawan kata). Berbeda dengan kamus pada umumnya yang digunakan untuk mencari arti.

Dengan sering menggunakan thesaurus seperti ini, kamu akan menjadi tahu lebih banyak varian kata untuk menggambarkan sebuah konsep. Penguasaan kosakata lantas tidak menjadi terlalu monoton (itu-itu saja).

Prioritaskan penguasaan kosakata praktis

Keperluan orang akan berbeda satu sama lain. Buat daftar jenis kosakata yang relevan dengan tujuanmu dan mempelajarinya.