Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Menggunakan at, on, in yang Benar, Begini Bedanya

Cara menggunakan at, on, in yang benar

Kursus Bahasa Inggris – Kalau kita berbicara soal waktu atau tempat, pasti kita sering menggunakan at, on, dan in bukan? Sebenarnya, apa sih at, on, in? Apakah kalian sudah menggunakan at, on, in dengan benar?

Baca juga: Cara Menggunakan Have, Has, Had yang Benar

Apa itu at, on, in?

At, on, dan in adalah preposition atau kata perangkai. Dalam bahasa Inggris, preposisi memiliki fungsi untuk menunjukkan arah, waktu, tempat, posisi, dan masih banyak lagi. At, on, in adalah tiga dari beberapa preposisi yang paling sering digunakan di dalam kalimat bahasa Inggris.

Fungsi utamanya adalah menunjukan waktu, tempat, dan posisi. Jadi, pahami cara penggunaan yang benar untuk at, on, dan in, biar grammar kalian semakin keren ya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian pahami tentang at, on, dan in!

Preposition of Place

At, on, dan in sering dipakai sebagai preposition of place, artinya preposisi yang menunjukkan tempat atau posisi. Aturan penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • At digunakan untuk menerangkan tempat yang sangat spesifik. Lingkup tempat atau areanya kecil. Biasanya at dipakai jika kalian berbicara tentang alamat atau tempat yang menunjukan aktivitas kelompok dengan lokasi yang spesifik. Selain itu, at digunakan kalau berbicara tentant posisi seperti di atas, di bawah, di akhir jalan, dan sebagainya.

Contoh: at the door, at the bottom of the drawer, at the party, at a cafe, at home, at Sudirman street no. 145.

  • On adalah preposisi yang kita gunakan kalau berbicara soal tempat yang spesifik tetapi masih cukup luas. On bisa digunakan untuk alamat yang tidak spesifik, posisi kiri atau kanan, permukaan, dan saat di transportasi umum.

Contoh: on Sudirman Street, on the table, on the left side of that building, on the 15th floor, on the bus.

  • In digunakan kalau tempat yang kita bicarakan tidak spesifik dan lebih luas. Biasanya in digunakan untuk menerangkan suatu daerah atau kota, di dalam suatu tempat seperti mobil atau van, di sebuah buku atau majalah, dan yang berhubungan dengan air.

Contoh: in Indonesia, in Yogyakarta, in Sleman, in the swimming pool, in the river, in a book, in a newspaper, in the bag, in the classroom, in a box.

Preposition of Time

Selain sebagai penunjuk tempat dan posisi, at, on, dan in juga digunakan untuk menunjukan atau menerangkan waktu. Aturan penggunaannya adalah:

  • At merujuk pada satu titik waktu yang sangat spesifik. Penggunaannya adalah untuk menerangkan jam, satu titik dalam bagian dari hari, momen, dan hari libur tanpa day.

Contoh: at 10 o’clock, at midnight, at the moment, at easter, at New year, at the weekend

  • On digunakan untuk menerangkan waktu yang spesifik. Seringnya dipakai untuk menunjukkan hari, hari libur dengan day, hari peringatan, hari dengan tanggal, dan pekan dalam sebulan.

Contoh: on the weekend of December, on New year’s eve, on Thursday, on Christmas Day, on 15th August.

  • In akan digunakan untuk waktu yang tidak begitu spesifik dan memiliki lingkup yang luas. In menerangkan tentang bagian dari hari, periode waktu, tahun, dekade, dan bulan.

Contoh: in April, in the 1900s, in the past, in the morning, in the day, in 2000.

Seperti itu cara penggunaan at, on, dan in. Pahami dengan baik, ya. Supaya lebih mudah, selalu ingat kalau kalian berbicara tentang sesuatu yang sangat spesifik, kalian bisa menggunakan at, kalau lumayan spesifik, gunakanlah on, kalau sangat umum dan luas, in adalah preposisi yang tepat.

Gampang ‘kan? Biar lebih ingat, bisa lihat diagram di bawah, ya.

preposition