Pengertian Native Speaker, Bisakah Menjadi Salah Satunya?

Saat belajar bahasa baru, kita sering mendengar istilah native speaker. Sebetulnya, siapakah yang disebut dengan native speaker tersebut? Apakah kita dapat menjadi salah satunya dengan belajar bahasa asing?

Simak jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut berikut ini.

Apa itu native speaker?

Native speaker adalah penutur asli atau penutur jati. Mereka disebut sebagai orang yang mampu berkomunikasi dalam bahasa ibu (first language, mother tongue, atau native language).

Siapa yang disebut dengan native speaker?

Bahasa ibu diperoleh sejak kecil sebagai bahasa pertama yang digunakan. Penguasaan tersebut didapatkan secara alami melalui interaksi dengan orang yang sudah lebih dulu menggunakan bahasa tersebut.

Penguasaannya semakin mendalam seiring dengan pertumbuhan semasa kanak-kanak. Mereka yang memperoleh kemampuan berbahasa dengan cara ini dapat disebut sebagai native speaker.

Bahasa ibu yang diperoleh umumnya sesuai dengan bahasa yang digunakan di daerah atau negara tempat ia lahir dan tumbuh besar. Maka dari itu, keterampilan berbahasa seringkali diasosiasikan dengan identitas sosial.

Dalam negara yang multikultural, seseorang dapat memiliki lebih dari satu bahasa ibu. Bahkan bahasa ibu satu orang dengan orang lainnya dapat berbeda, meskipun tinggal di wilayah yang sama.

Walaupun dapat disebut sebagai native speaker, mereka tidak perlu harus sangat menguasai tata bahasa. Mereka dapat dikatakan mampu menggunakan bahasa secara intuitif berdasarkan pengalaman terhadap bahasa tersebut.

conversation percakapan bahasa jerman

Bisakah belajar menjadi native speaker?

Native language diperoleh dengan cara alami sejak dini. Bahasa tersebut didapatkan, bukan dipelajari secara sadar.

Sebagai pembelajar, kita hanya dapat belajar sampai benar-benar fasih hingga menyerupai native speaker. Namun tidak akan benar-benar disebut sebagai native speaker.

Ciri-ciri native speaker

  • Penutur memperoleh bahasa sejak masa kanak-kanak.
  • Penutur menguasai bentuk-bentuk idiom dan ungkapan bahasa tersebut.
  • Penutur memahami adanya variasi bahasa baik akibat perbedaan wilayah maupun keadaan sosial.
  • Penutur mampu memahami dan menyampaikan suatu gagasan secara spontan dan fasih.
  • Penutur menguasai kosakata dan tata bahasa umum yang digunakan sehari-hari.

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat, serta mendapatkan modul yang pastinya mendukung proses belajar. Kamu juga dapat memilih jumlah pertemuan sendiri. Daftar sekarang!