Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Melatih Speaking Section untuk IELTS, Tips Ter-Update!

ielts

Lister – Ketika kamu akan menjalani IELTS, tentu kemampuan speaking yang kamu miliki haruslah sudah mumpuni. Pasalnya komponen dari speaking test berbentuk diskusi interaktif secara tatap muka bersama seorang penguji yang tersertifikasi.

Hal ini bertujuan mengetahui seberapa baik kemampuan kamu berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara lisan dalam kehidupan nyata. Akan sangat sulit jika speaking skill kamu belum mumpuni, bukan? Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mulai melatih kemampuan speaking dari sekarang.

Baca juga: Kenapa Mendaftar IELTS?

Bagian-Bagian Speaking IELTS

Tes Speaking dilakukan dalam durasi 11-14 menit dan terbagi atas tiga bagian.

Bagian 1

Kamu akan menjawab pertanyaan mengenai diri kamu, keluarga kamu, atau pekerjaan dan hobi kamu.

Bagian 2

Kamu akan berbicara tentang sebuah topik. Topik ini tertera dalam kartu yang disebut juga IELTS Cue Card atau Candidate Task Card, dan dipilih oleh penguji kamu.

Setelah mempersiapkan diri selama satu menit penuh, kamu akan dipersilakan berbicara selama sekitar satu sampai dua menit hingga penguji menyatakan cukup dan kamu bisa berhenti. Selanjutnya, kamu akan diberi beberapa pertanyaan tanggapan yang perlu kamu jawab.

Bagian 3

Kamu akan mendiskusikan topik dari bagian 2 sebelumnya dengan penguji secara lebih rinci. Di sini kamu dapat diberikan pertanyaan lebih lanjut untuk mengupas topik tersebut. Baik untuk modul tes IELTS Academic maupun untuk IELTS General Training, kamu akan menjalani tes Speaking dengan format yang sama yaitu secara tatap muka dengan salah satu Penguji IELTS tersertifikasi.

speaking ielts tips

Untuk mengikuti tes Speaking, kamu harus membawa paspor/kartu identitas yang sama dengan yang kamu gunakan pada Formulir Pendaftaran IELTS. Dokumen identitas yang sama akan digunakan untuk setiap bagian tes.

Identitas kamu akan diperiksa sebelum kamu memasuki ruang wawancara khusus yang tenang dan bebas dari gangguan. Penguji akan menuntun kamu untuk melaksanakan ketiga bagian tes. Pembicaraan kamu direkam menggunakan alat perekam digital.

Jika tes Listening, Reading, dan Writing dilakukan secara berturut-turut tanpa jeda istirahat, tidak demikian dengan tes Speaking. Kamu akan menunggu selama beberapa jam hingga giliran kamu tiba di hari tes.

Selain itu, terkadang tes Speaking tidak dilakukan pada hari yang sama dengan ketiga komponen tes lainnya. Kamu dapat menanyakan jadwal ke tempat pendaftaran tes kamu. Namun, jika kamu mengambil  IELTS berbasis Komputer (Computer-Delivered IELTS), dapat dipastikan tes Speaking kamu akan dilakukan di hari yang sama.

Tes Speaking dapat kamu lalui dengan relatif lebih mudah jika kamu sudah terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Namun kamu tetap perlu berlatih terlebih dahulu, dengan demikian kamu akan lebih siap mental saat menghadapi penguji.

Baca juga: IELTS Sebagai Tes Berbahasa Inggris di Negara Non English

Perlu diketahui, untuk mendapatkan nilai terbaik dalam IELTS Speaking, kamu harus menampilkan seluruh kemampuan berbahasa kamu. Berbicara dengan lancar, dengan tempo yang konsisten tanpa terbata-bata, percaya diri tanpa mengoreksi kesalahan kamu, serta secara alami memakai intonasi dengan tepat, akan mencerminkan kamu layak mendapatkan nilai atau skor band yang cukup.

Lebih dari itu, menggunakan diksi (vocabulary) dan idiom yang kaya, menata grammar, menggunakan struktur kalimat yang kompleks tetapi tetap efektif, merupakan hal yang mutlak dilakukan agar skor band kamu dapat mencapai nilai tertinggi.