Kenapa Mendaftar IELTS?

Kenapa Mendaftar IELTS?

lister.co.id – Sering kan mendengar istilah IELTS? Sebenarnya kenapa sih kita perlu mengambil IELTS dan dari semua tes bahasa inggris di luar sana, kenapa memilih IELTS?

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Tes bahasa Inggris ini diperuntukkan untuk negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu maupun nasional, seperti Indonesia. IELTS adalah tes dengan standar internasional yang dilaksanakan secara kolaborasi antara British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge English Assessment.

Baca juga: Kuliah S2 dan S3 di University of Oxford dengan Beasiswa Clarendon

Lalu, kenapa memilih IELTS?

Kalian pada tahu tidak kalau IELTS diterima dan diakui oleh hampir semua universitas di Australia, Inggris, Canada, Eropa, New Zealand dan lebih dari 3000 universitas di Amerika. Total negara yang mengakui IELTS ada 140 negara loh! Artinya jika kamu belajar dan mengambil IELTS, kamu punya banyak pilihan universitas luar negeri yang bisa kamu daftar. Selain itu, IELTS juga diterima oleh banyak universitas di Korea, Jepang, Singapura, dan lain-lain. Intinya, IELTS adalah salah satu pintu yang harus kamu buka jika kamu berharap bisa kuliah di luar negeri.

Baca juga:

Belum lagi kalau berbicara soal pekerjaan. IELTS adalah satu-satunya tes bahasa inggris aman (SELT) yang diterima oleh UK Visa and Immigration (UKVI). Yang berarti jika kalian ingin memiliki UK visa, memilik skor IELTS adalah suatu keharusan. Tidak perlu susah-susah ke Inggris, di Indonesia saja, IELTS sudah merupakan persyaratan yang sering muncul. Kalau kamu ingin bekerja di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementrian BUMN,  Kemenlu, Badan Kepegawaian Negara, dan masih banyak lagi, kamu harus memilik nilai IELTS minimal 5.

Walaupun ada bentuk tes lain yang juga populer, seperti TOEFL, tapi TOEFL tidak sembarangan bisa diterima di universitas luar loh! TOEFL IBT tentunya diterima secara luas di negara-negara seperti Amerika, Eropa, dan negara-negara di Asia, tapi hanya TOEFL IBT saja. TOEFL ITP atau PBT sudah tidak diakui secara internasional, padahal tes bahasa Inggris yang paling populer di Indonesia adalah TOEFL ITP. Universitas dan perusahaan-perusahaan di Indonesia masih mengakui TOEFL ITP, hanya saja jika dibandingkan dengan IELTS, cakupan IELTS jelas masih lebih besar.

Baca juga: Mentoring Beasiswa Online

Yang perlu kalian tahu, IELTS memiliki band score 0 sampai 9, dengan band 0 untuk teman-teman yang belum pernah mengambil IELTS dan band 9 yang dianggap sebagai ‘Expert User’. Untuk bisa diakui kemampuan berbahasa Inggrisnya, IELTS kalian paling tidak memiliki band score 6.5 yang dianggap sebagai Competent User.

Sayangnya, untuk mengambil IELTS kalian perlu merogoh kantong dalam-dalam karena harga tes ini berkisar antara 2.800.000 – 3.250.000 IDR. Kebayang tidak kalau sudah bayar tes mahal-mahal, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Nah, untuk menghindari ini, fellas bisa ikut atau daftar kursus persiapan IELTS atau IELTS Simulation Test. Kursus-kursus dan tes seperti ini akan berguna dan membuat kita lebih terbiasa dengan bentuk soal dan bentuk pertanyaan yang ada di IELTS. Sudah pada tahu kan IELTS ada tes speaking dan tes menulis esai langsung di tempat?

Sekarang tahukan kenapa kalian perlu mulai mempersiapkan diri untuk IELTS?