Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

IELTS Sebagai Tes Berbahasa Inggris di Negara Non English

Lister – Sejauh ini kita telah memahami bahwa IELTS banyak diterima di universitas-universitas terbaik di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, seperti Harvard University di Amerika Serikat, Oxford University di Inggris atau The University of Melbourne di Australia.

Namun beberapa universitas terbaik di dunia menurut publikasi dari QS. World Ranking, tidak hanya berasal dari negara yang menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari.

Artikel ini akan membahas penggunaan hasil tes IELTS sebagai prasyarat masuk ke universita universitas tersebut. Walau bagaimanapun harus diakui bahwasanya Bahasa Inggris adalah bahasa global sehingga untuk menarik mahasiswa mahasiswa dari luar negeri, universitas-universitas tersebut pasti menggunakan tes kemahiran berbahasa Inggris sebagai salah satu dokumen prasyarat.  

Dalam artikel kali ini kita akan membahas empat universitas dari negara non english speaking country terbaik menurut QS. World Ranking pada tahun 2020. Universitas tersebut adalah National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University , The University of Hongkong, The Hongkong University of Science and Technology,Seoul National University dan Korea Advance Institute of Science and Technology (KAIST).

National University of Singapore

Pada tahun 2020, National University of Singapore menempati posisi sebagai universitas terbaik kesebelas menurut QS. World Ranking. Maka tidak mengherankan apabila bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar kuliah di universitas ini. Oleh karena itu anda harus memiliki skor IELTS dengan minimal rata rata 6.0 dan 6.5 untuk bagian Reading dan Writing jika anda ingin belajar pada level sarjana di universitas ini.

Sedangkan untuk level pascasarjana, standar kemampuan bahasa Inggris ditentukan oleh masing masing fakultas. Untuk mengambil gelar Master of Business Administration misalnya, skor IELTS anda minimum harus 6.5 sementara untuk studi bahasa dan sastra, skor IELTS minimum yang harus anda miliki adalah 6.0.

Nanyang Technological University

Selain National University of Singapore (NUS), Singapura juga memiliki Nanyang Technological University sebagai salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas terbaik ketiga belas di dunia ini tidak secara khusus menjadikan tes IELTS menjadi prasyarat untuk masuk universitas ini untuk jenjang S1.

Akan tetapi universitas ini menetapkan prasyarat non tes bahasa Inggris yang lain yang membuat calon mahasiswa disini adalah calon mahasiswa terpilih di seluruh dunia. Meskipun demikian untuk program pascasarjana, universitas ini mayoritas menetapkan skor 6.0 sebagai prasayarat masuk kecuali untuk beberapa fakultas dan jurusan seperti fakultas seni dan media serta fakultas studi internasional yang menetapkan 7.0 sebagai skor IELTS minimum.

Penulis telah melampirkan link yang dapat anda klik untuk mengetahui skor minimum yang jurusan anda tetapkan jika anda ingin mengambil studi master di universitas ini[1].

ielts di negara non english
ielts di negara non english

The University of Hongkong

The University of Hongkong adalah universitas yang menempati peringkat kedua puluh dua terbaik di dunia.

Bagi anda yang ingin mengambil studi sarjana atau S1 di universitas ini, maka anda harus memiliki skor tes IELTS sebesar 6.0 sementara jika anda ingin melanjutkan pendidikan di universitas ini pada level pascasarjana seperti S2 atau S3, maka skor minimum yang harus anda penuhi adalah 6.0 dengan masing masing komponen ujian minimal 5.5.

Kecuali jika anda ingin mengambil jurusan di fakultas seni, maka skor IETS minimum yang harus anda miliki adalah 7.0.

The Hongkong University of Science and Technology

Untuk calon mahasiswa internasional yang mengambil level S1 diuniversitas peringkat kedua puluh tuju didunia ini, skor IELTS minimum yang harus diperoleh adalah 6.0. Sedangkan sekolah pascasarjana mereka menawarkan program dengan hasil minimum tes IELTS 6.5 dengan masing masing komponen minimal memiliki skor 5.5. Bila anda tertarik belajar di universitas ini berikut penulis cantumkan link informasi mengenai program studi untuk level master dan persyaratan khusus masing masing program studi[2]

Seoul National University

Apabila anda merupakan penggemar drama Korea atau Kpop, nama Seoul National University mungkin sudah tidak terlalu asing bagi anda. Sebab universitas ini beberapa kali muncul dalam tayangan televisi yang anda nikmati. Seoul National University atau Universitas Seoul adalah salah satu bukti komitmen masyarakat Korea terhadap pendidikan.

Oleh karena itu tidak mengherankan apabila SNU menempati peringkat ke-37 universitas terbaik didunia versi QS. World Ranking. Kini universitas ini tidak hanya menawarkan pembelajaran untuk masyarakat lokal Korea Selatan saja melainkan juga masyarakat diseluruh dunia.

Seoul National University mematok skor 6.0 sebagai skor IELTS minimum yang harus anda miliki bilamana anda ingin mengambil level pendidikan sarjana maupun master di universitas ini.

Akan tetapi jika anda sudah menguasai tes bahasa Korea dengan minimal skor TOPIK yang anda miliki sebesar 3 atau 4 atau bahkan lebih tinggi, maka anda tidak perlu lagi menyetorkan hasil tes IELTS yang anda miliki. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa mengklik link dibagian akhir artikel[3].

Korea Advance Institute of Science and Technology (KAIST)

Selain Seoul National University, KAITS adalah salah satu alternatif pendidikan tinggi terbaik di Asia yang terletak di Korea Selatan. Institut ini menawarkan banyak fakultas dan bidang studi mulai dari Ilmu Pengetahuan Alam hingga Ekonomi dan Bisnis. KAIST menetapkan standar skor IELTS yang lebih tinggi daripada SNU.

Baik untuk level S1 maupun pascasarjana seperti S2 dan S3, institusi meminta calon mahasiswa internasional yang ingin kuliah disitu untuk memiliki rata rata hasil tes IELTS sebesar 6.5. Penulis telah mencantumkan link informasi mengenai international students admission universitas ini pada footnote dibawah ini[4] untuk S1 dan pascasarjana[5].

Sebagai informasi tambahan, universitas universitas tersebut diatas kecuali SNU dan KAIST menerima IELTS Indicator sebagai pengganti tes IELTS yang biasa selama pandemi Covid19. Sehingga jika anda ingin berkuliah di universitas tersebut pada tahun ajaran 2021 sementara sertifikat anda sudah hampir selesai masa tenggatnya (dua tahun), anda bisa mengambil tes IELTS Indicator pada laman ieltsindicator.com. Biaya tes IELTS Indicator ini sedikit lebih murah daripada tes IELTS pada umumnya meskipun format tes dan kriteria penilaiannya sama.

Universitas-universitas tersebut di atas adalah universitas terbaik di Asia dan di dunia menurut Qs. World Ranking. Jadi untuk mendapatkan pendidikan terbaik anda tidak perlu keluar benua.

Universitas tersebut diatas bisa menjadi alternatif yang bisa anda tempuh untuk melanjutkan sekolah baik dilevel sarjana maupun pascasarjana. Kalau anda tertarik untuk memperoleh informasi lebih lanjut, anda dapat mengopi link di bagian footnote lalu anda tempelkan di browser anda. Selamat mencoba!


[1] https://admissions.ntu.edu.sg/graduate/coursework/BeforeApplying/Pages/TOEFLRequirements.aspx

[2] https://prog-crs.ust.hk/pgprog/2021-22/msc-fina

[3] https://en.snu.ac.kr/admission/undergraduate/application

[4] https://admission.kaist.ac.kr/intl-undergraduate/wp-content/uploads/sites/4/2020/09/Admission-Guide-for-international-applicants-2021_updated0908-1.pdf

[5] https://admission.kaist.ac.kr/intl-graduate/wp-content/uploads/sites/5/2020/08/v-1.0-KAIST-International-Graduate-Admission-Guide-for-2021-Spring.pdf