Bahasa Inggris Akademik

Kursus Academic Writing

Intermediate B1

Bimbingan Menulis Esay Bahasa Inggris yang Sesuai Kebutuhan Anda!

Tak Lagi Ragu dengan Ketepatan Grammar, Pilihan Kata, dan Struktur Gagasan, Tutor Lister Siap Membantu Anda

Menulis essay atau tugas kuliah dalam bahasa Inggris seringkali menjadi momok. Meskipun jago menulis dalam bahasa Indonesia, belum tentu seseorang juga jago menulis dalam bahasa Inggris.

Duh, pusing banget! Gimana ya biar paragrafnya padu, kosakatanya formal, tidak plagiat, dan benar saat menulis kutipan? 

Temukan jawabannya dalam kelas online Academic Writing dengan jadwal belajar dan materi fleksibel, dirancang khusus hanya untuk membantu tugas Anda!

Deskripsi Program

Program Kursus Academic Writing didesain untuk memberikan pembelajaran menulis dalam Bahasa Inggris secara sistematis dan efektif dalam karya tulis maupun naskah ilmiah lainnya. Skill yang diajarkan dalam program ini akan membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan menulis akademik Anda, mulai dari structuring dan organising esai hingga membuat paragraf, mempelajari gaya penulisan, tone, parafrase, dan tanda baca. Setelah menyelesaikan kursus, Anda akan lebih siap untuk menulis esai, karya tulis maupun naskah akademis lainnya dan melanjutkan studi untuk menulis academic research paper ataupun jurnal dengan topic pilihan Anda.

Karakteristik Siswa

Kursus ini ditujukan untuk siswa pendidikan tinggi dan pelajar dewasa yang ingin berhasil dalam pendidikan tingkat perguruan tinggi atau bidang profesional lainnya. Program ini mengharuskan Anda untuk memiliki setidaknya keterampilan Bahasa Inggris level B1 Intermediate.

Cakupan Materi Pelajaran

  • Paragraph Formats and Structure
  • Paragraph organization : topic, supporting and concluding sentence
  • sentence structures : simple sentence, subject-verb agreement, fragments, capitalization rules
  • the writing process : prewriting, organizing, writing, polishing (revising and editing)
  • Narrative Paragraphs :time order signals
  • Descriptive Paragraph: Spatial order signals, paragraph unity, varying sentence opening
  • Logical Divisions of ideas : coherence, using nouns and pronouns consistently, transition signals, run-ons and comma splices
  •  Comparison/contrast paragraphs: block organization, point-by-point organization, comparison & contrast signals
  •  
  • Essay purpose and instructions
  • the stages in the academic essay writing process 
  • understand the purpose of essays
  • analyze essay titles
  • h. Reader expectation and Essay organizations
  • part of essay : introductory, body and concluding paragraph
  • transition between paragraphs
  • guiding reader with sig posting and cohesion
  • understand paragraph structure and how to connect paragraphs
  • Accuracy of Grammar and Mechanics
  • analyze types of clauses : independent and dependent clauses
  • analyze noun, adjectives, and adverb clauses
  •  

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Interaksi One on One memungkinkan Anda untuk lebih fokus belajar. Cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat.
Semi Private Berdua
Ajak 1 teman, sahabat dekat atau saudara Anda untuk Belajar Bersama! Lebih hemat karena biaya kursus bisa dibagi berdua.
Semi Private (3-5)
Anda bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.
Group (3-16)
Lebih seru belajar bareng di Group Class. Memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan classmates lain dan mendapat teman baru.

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Dibantu Tutor Profesional, Kualitas Esai Bahasa Inggris Anda akan Meningkat dengan Lebih Cepat!

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B1

Garansi IELTS 7.5

LP Disclaimer

TOEFL ITP PREPARATION

Basic A2

Belajar untuk Kebutuhan Pendaftaran Beasiswa

LP ebook optimized

SAT PREPARATION

Intermediate B1​

 Persiapkan Diri untuk Kuliah S1 Luar Negeri

3 optimized

GRE PREPARATION

Intermediate B1

Kuliah Di US Kini Bukan Lagi Mimpi

Kursus Academic Essay alias Menulis Inggris Dengan Mudah

Semua sesuatu harus dimulai dari dasar, termasuk belajar bahasa inggris. Kamu harus memulainya dari basic agar lebih mengetahui dan memahami bahasa inggris secara lanjut.

Apa saja yang harus dipelajari ketika menggunakan bahasa inggris? Yaps kamu harus bisa memulai mempelajari bentuk kata dasar, kalimat, bagaimana cara pelafalan, dan penulisan yang benar dalam bahasa inggris. Jika kamu sudah memahami dasar dasar bahasa inggris, maka kamu akan lebih mudah menerima materi selanjutnya.

Banyak orang yang bilang bahasa inggris cukup rumit untuk dipelajari apalagi ketika mereka mempunyai basic atau pemahaman yang kurang baik. Tetapi justru berbanding terbalik dengan mereka yang mempunyai pemahaman dasar yang baik, mereka malah menagatakan bahwa bahasa inggris sangat mudah.

Nah berikut ini akan dibahas dasar dasar belajar bahasa inggris yang harus kamu pahami untuk membantu kamu yang memang sedang belajar bahasa inggris di tempat kursus.

Tips Dasar Belajar Academic Essay English

1. Pelajari bentuk kata (tenses)

Tenses adala bentuk kata yang paling penting dan mendasar untuk memahami bahasa inggris. Tenses dalam bahasa inggris berguna untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya peristiwa tersebut. Waktu yang biasanya ditunjukkan adalah masa lalu, masa kini atau saat sekarang dan masa depan.

Karena tenses adalah hal yang paling dasar yang harus kamu pelajari jika ingin mempelajari bahasa inggris secara lanjut. Jika kamu bisa menguasai tenses dan memahami semua tenses yang ada, bisa dikatakan kamu sudah menguasai 60% bahasa inggris.

Jadi ketika kamu sudah paham apa itu tenses, kemungkinan besar kamu bisa menulis atau berbicara dalam hal berbahasa inggris secara benar.

Berikut ini 2 komponen dasar tenses yang tidak bisa di pisahkan, yaitu waktu dan peristiwa.

Waktu :

• Present
• Past
• Future
• Past Future
Peristiwa :
• Simple
• Continuous
• Perfect
• Perfect Continuous

2. Mendengarkan (listening)

Setelah belajar memahami tenses, kamu juga perlu mengasah pendengaran atau listening kamu. Dengan mendengarkan kamu akan terbiasa dengan beragam istilah bahasa inggris, sehingga memudahkan kamu memahami apa yang orang lain katakan menggunakan bahasa inggris

Jika ingin cepat dalam mempelajari bahasa inggris, kamu bisa membiasakan mendengarkan kata kata dalam bahasa inggris dengan cara menonton video atau film dan mendengarkan lagu lagu barat.

3. Membaca (reading)

Hal dasar yang harus kamu kuasai selanjutnya adalah belajar bahasa inggris dengan reading atau membaca. Dengan membaca bahasa inggris kamu akan lebih mengetahui struktur kata yang digunakan dalam bahasa inggris, sehingga kamu akan menemukan banyak kosakata baru yang bisa membantu kamu menambah vocabulary. Hal itu akan bermanfaat bagi kamu untuk mengembangkan skill bahasa inggris kamu.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membaca bacaan dalam bahasa inggris, mulai dari artikel maupun novel dalam bahasa inggris. Jangan malu jika kamu memulai dengan bacaan buku anak anak, karena buku anak anak biasanya masih belum rumit dan bisa mudah dipahami oleh mereka yang masih pemula dalam hal belajar bahasa inggris. Kamu juga bisa membaca lagu kesukaanmu dan mulai menerjemahkannya.

4. Menulis (writing)

Setelah kamu bisa membaca dan mendengarkan selanjutnya kamu diharapkan mulai bisa menulis dengan bahasa inggris. Pasalnya hal ini bisa digunakan untuk melihat seberapa jauh kemampuan kamu dalam hal berbahasa inggris.

Menulis menggunakan bahasa inggris juga akan membuatmu mengerti tata bahasa dan kosakata kamu. Dengan begitu kamu bisa memperbaiki kelemahan kamu dan berlatih sampai kamu bisa menulis dengan lancar bahasa inggris.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana menulis menggunakan bahasa inggris, kamu bisa menyimak tahapan berikut ini yang di tulis oleh L.G Alexander dalam buku yang berjudul “Practice and Progress”

a. Bacalah cerita dalam bahasa inggris
b. Jika menemukan kosakata baru dalam cerita tersebut segera cari di dalam kamus
c. Lanjutkan membaca dan mulailah memahami cerita yang disampaikan
d. Mulai menjawab pertanyaan tanpa melihat bacaan tadi
e. Terakhir cobalah untuk menulis kembali cerita yang telah kamu baca menurut sudut pandang kamu
Itulah tahapan bagaimana cara kamu bisa menulis dengan baik, yang terpenting kamu harus konsisten berlatih secara terus menerus.

5. Berbicara (Speaking)

Selanjutnya hal yang harus kamu kuasai adalah berbicara atau speaking. Setelah mempelajari tenses, mendengar, membaca dan menulis, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara kamu berbicara dalam bahasa inggris.

Dengan mencoba berbicara dalam bahasa inggris, kamu akan terbiasa dengan kosakata baru yang sulit untuk dilafalkan oleh pemula, namun hal itu bisa kamu latih secara terus menerus dan bisa membuat skill speaking kamu terdengar fasih.

Lalu bagaimana cara mengasah kemampuan speaking? Caranya adalah dengan mencari teman yang terbiasa menggunakan bahasa inggris. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mempelajari bahasa inggris.

Semangat Kursus bahasa inggris Academic Essay English

Belajar bahasa inggris mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga kamu harus konsisten belajar secara terus menerus. Jangan terlalu memaksa diri kamu dengan latihan yang berat diawal, kamu hanya perlu sedikit demi sedikit, untuk mempelajari poin poin dasar seperti yang telah diungkapkan dalam artikel ini.

Jika kamu ingin mahir dalam berbahasa inggris, kamu dapat belajar bersama Lister. Karena banyak program yang menunjang kamu dalam hal berbahasa inggris. Buat kamu yang masih bingung bagaimana belajar bahasa inggris, simak tips tips berikut ini :

Tips belajar bahasa inggris secara mudah

1. Menonton film tanpa subtitle

Dengan menonton film tanpa subtitle dalam bahasa inggris juga menambah kemampuan kamu dalam mengasah seberapa jauh kosakata kamu dalam berbahasa inggris. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai cara belajar bahasa inggris dengan mudah.

2. Membuat kamus berisi kosakata

Jika kamu tidak mengerti beberapa kosakata yang baru kamu temukan dalam bacaan atau baru kamu dengar, cobalah untuk membuat kamus kamu sendiri. Dengan cara mencatat kosakata tersebut dalam bahasa Indonesia, dan cobalah untuk mendefiniskan kat atersebut dengan bahasa inggris sesuai dengan pemahaman kamu, jadi kosakata kamu akan bertambah banyak. Kamu bisa mencatat di notes smartphone kamu atau notebook kamu yang kamu bawa kemana mana.

3. Mendengarkan lagu berbahasa inggris dan menghafal lirik

Mendengarkan lagu barat berulang ulang kali juga membantu kamu dalam melatih pendengaran bahasa inggris kamu. Hafalkan juga liriknya dan terjemahkan kata kata yang sulit dimengerti. Dengan begitu kosakata kamu akan semakin bertambah.

4. Belajar sendiri lewat youtube

Jangan lupa memanfaatkan internet sebagai cara kamu mempelajari bahasa inggris. Kamu dapat memperdalam kemampuan bahasa inggris kamu dengan cara melihat youtube. Kamu bisa mencari video tutorial yang berhubungan dengan grammar, vocab, TOEFL dan lain lain sehingga membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

5. Kursus bahasa inggris

Sudah melakukan hal hal diatas tetapi kamu masih bingung bagaimana cara mempelajari bahasa inggris. Nah mungkin kamu membutuhkan tentor yang membantu kamu dalam hal bahasa inggris.

Pilihlah lembaga kursus yang tepat bagi kamu. Dengan mengikuti kursus kamu akan lebih terjadwal dalam hal belajar bahasa inggris dan tentunya akan membuat kamu semakin mudah dan cepat dalam berbahasa inggris. Buat kamu yang tertarik menggunakan jasa kursus bahasa inggris, cobalah untuk gabung bersama Lister.

Karena dengan harga terjangkau kamu sudah bisa memilih class yang diajar langsung oleh native speaker.
Nah itulah tips belajar bahasa inggris secara mudah. Jadi kamu tak perlu mengeluh kalau belajar bahasa inggris itu sulit, karena dengan mempraktekkan hal hal tersebut kamu bisa belajar dengan mudah.