Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Menulis Referensi Pada Academic Writing yang Benar

Dalam menulis academic writing, referensi dapat diberikan dengan cara yang berbeda. Di beberapa bidang akademik, catatan digunakan untuk menunjukkan sumber yang digunakan, sedangkan disiplin ilmu lain menyukai gaya di mana referensi diintegrasikan dalam teks berjalan.

Dalam ilmu humaniora dan sosial, misalnya, referensi sering diintegrasikan ke dalam running text, sedangkan dalam sains, lebih umum untuk menunjukkan informasi sumber dalam catatan. Seperti yang kami jelaskan lebih lanjut di bawah, istilah kutipan integral dan kutipan non-integral digunakan untuk menggambarkan sejauh mana referensi terintegrasi dalam teks.

Kutipan integral/Integral Citations

Jika kamu mengutip atau memparafrase, kamu harus mengintegrasikan teks sumber yang kamu gunakan dari segi bahasa dan konten ke dalam teks kamu dengan mempertimbangkan hal berikut:

  • Kamu perlu mengontekstualisasikan referensi kamu
  • Kamu perlu memperkenalkan referensi
  • Kamu perlu memberikan referensi ke sumbernya

Metode bervariasi antar disiplin ilmu, dan dibutuhkan latihan untuk menguasai seni menggunakan referensi dengan cara yang relevan dan benar. Dua cara umum untuk memperkenalkan apa yang dikatakan atau ditulis orang lain adalah dengan mengatakan According to...  atau menggunakan apa yang disebut kata kerja pelaporan.

Kedua teknik berfungsi untuk memperkenalkan sumber:

According to + author’s name: According to Johansson, ….
Author’s name + reporting verb: Johansson argues that… / Johansson shows how…

A reporting verb (or reporting phrase) digunakan untuk mengidentifikasi penulis sumber dalam teks atau kata kerja semacam itu melaporkan apa yang dinyatakan oleh sumbernya.

Hal ini tergantung pada bagaimana kamu ingin menyajikan sumber dan bagaimana kamu ingin memposisikan penelitian/argumen kamu dalam kaitannya dengan sumber, kamu perlu memilih kata kerja yang sesuai.

 Common reporting verbs adalah seperti: show, present, argue, suggest, report, address, identify, describe, analyse, note, demonstrate, criticise, compare, observe..

Non-Integral Citations

Dalam kutipan non-integral, penulis sumber yang dirujuk hanya diakui melalui referensi. Ini berarti bahwa semua informasi tentang sumber disediakan dalam catatan atau referensi kurung, tergantung pada gaya referensi.