PENTINGNYA ENGLISH FOR HOSPITALITY

PENTINGNYA ENGLISH FOR HOSPITALITY

lister.co.idEnglish for hospitality atau bahasa inggris yang digunakan dalam dunia perhotelan. Merupakan hal yang wajib dikuasai oleh para karyawan hotel, terutama mereka yang seringkali berkomunikasi dengan tamu hotel. Mulai dari door man, resepsionis, room service, chef, marketing staff, customer service, dan beberapa level manajer.

            Melamar pekerjaan di hotel, artinya anda harus siap dengan kemampuan bahasa inggris anda. Karena kemampuan berbahasa inggris menjadi faktor utama dalam kualifikasi penerimaan calon karyawan hotel. Apalagi bila latar belakang pendidikan anda bukan dari sekolah perhotelan. Percayalah, ini akan semakin mempersulit cita – cita anda untuk bekerja di hotel.

Kursus English for Hospitality

            Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris anda dalam dunia perhotelan adalah dengan mengikuti kursus bahasa inggris khusus perhotelan atau  English for hospitality. Karena bahasa inggris yang anda gunakan akan berbeda dengan bahasa inggris sehari – hari. Ada banyak istilah perhotelan yang harus anda pahami dalam pekerjaan anda.

            Bekerja di hotel bukan hanya berkomunikasi dengan tamu dalam bahasa inggris saja, tetapi juga berkomunikasi dengan sesama rekan kerja, dengan rekan kerja antar divisi, dengan vendor, dan pihak lainnya.

            Dari pada anda belajar setengah – setengah, langsung saja mengikuti kelas English for hospitality pada lembaga kursus yang terpercaya. Cara memilih lembaga kursus English for hospitality yang terbaik adalah sebagai berikut:

  1. Memang memiliki kelas khusus English for hospitality.

Beberapa lembaga kursus bahasa inggris biasanya menerima kelas privat yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Ini memang bagus, tapi akan lebih bagus bila mereka memang memiliki kelas English for hospitality, baik secara regular maupun secara privat. Artinya, mereka telah berpengalaman dalam English for hospitality.

  • Staf pengajarnya memiliki pengalaman dalam dunia perhotelan.

Hal paling utama dalam mengikuti kursus apapun adalah siapa staf pengajarnya atau mentornya? Karena anda sedang dalam upaya menguasai English for hospitality, maka carilah staf pengajar yang memang pernah bekerja di perhotelan atau memang menjadi pengajar di sekolah perhotelan. Selain mampu memberikan metode pelajaran sesuai dengan yang dibutuhkan pesertanya, mentor yang berpengalaman di dunia perhotelan akan memiliki banyak metode pengajaran yang bisa membuat anda menguasai ribuan kosa kata dalam dunia perhotelan.

Kosa kata merupakan hal dasar yang kita gunakan dalam berkomunikasi. Tanpa pemahaman kosa kata yang tepat, kita bisa saja menggunakan kalimat dengan grammar yang kurang tepat. Atau memilih kosa kata yang tidak sesuai dan tidak cocok dengan situasi dan kondisi pada saat itu.

  • Memiliki modul materi pengajaran English for hospitality yang lengkap dan sesuai dengan yang anda butuhkan.

Ini juga sangat penting. Biasanya anda akan diberikan tes di awal pendaftaran. Gunanya, agar lembaga kursus tersebut bisa menempatkan anda pada kelas dan level kelas yang tepat. Sehingga anda tidak perlu mempelajarinya dari kelas dasar. Hanya membuang waktu.

Mengetahui materi yang akan anda dapatkan dari lembaga kursus English for hospitality pun sangatlah penting. Agar anda benar –  benar mempelajari apa yang seharusnya anda pelajari, mempelajari materi yang bisa menunjang karier dan pekerjaan anda di hotel, sehingga anda tidak membuang waktu untuk mempelajari hal yang tidak perlu dipelajari.

baca juga

Materi Kursus English for Hospitality

            Memang apa saja materi English for hospitality itu? Secara umum, anda akan mendapatkan materi sebagai berikut:

  1. Greeting and Self Introduction/Introducing someone else.

Ini adalah materi paling dasar, tentang bagaimana cara anda memperkenalkan diri, memberikan salam kepada tamu yang baru datang, memperkenalkan program promo yang sedang berlangsung, memproses booking kamar tamu, dan lain sebagainya.

  • Telephone Courtesy.

Tentu saja anda akan mendapatkan materi bagaimana cara menjawab panggilan telepon, melakukan panggilan telepon, menyambungkan telepon, dan memahami pesan dengan meresponnya secara formal dan tepat.

  • General Services at Hotel

Materi ini akan mengajarkan anda bagaimana cara menjelaskan berbagai layanan yang disediakan oleh hotel anda. Di mana letak fasilitas yang ditanyakan tamu, menjelaskan kepada tamu berbagai kelebihan fasilitas hotel, melayani permintaan dan kebutuhan tamu hotel, meminta izin untuk membawakan barang, mengantar ke kamar, dan lain sebagainya.

  • Direction and General Enquiries at Hotel

Ini lebih menjelaskan letak berbagai ruangan, dan fasilitas hotel kepada tamu hotel.

  • Problems and Complaints

Materi ini mengajarkan kepada anda, bagaimana cara meng-handle komplain dan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh tamu hotel.

  • Making Comparisons

Yaitu memberikan berbagai pilihan servis dan fasilitas yang bisa dipilih oleh tamu hotel.

  • Giving and Receiving Compliments

Materi ini mengajarkan bagaimana cara anda merespon pujian dari tamu, dan sekaligus memberikan pujian balasan kepada tamu.

  • Offering Help and Advice

Kebanyakan yang menggunakan materi ini adalah marketing hotel. Mereka menawarkan diri untuk membantu memenuhi semua kebutuhan tamu hotel nantinya, dan memberikan saran terbaik yang bisa menjadi pertimbangan tamu hotel.

  • Asking for Repeats

Tamu hotel bisa datang dari beragam latar belakang etnis dan Negara, yang tentunya memiliki dialek bahasa inggris yang berbeda – beda. Seringkali kita merasa asing dan kurang jelas dengan apa yang mereka katakan. Tentu, kita perlu meminta mereka mengulang kembali apa yang mereka katakan, agar tidak terjadi kesalah – pahaman antara anda dan tamu hotel anda.

  1. Other programs.

Pilihlah lembaga kursus yang menyediakan program lain yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bila anda bekerja di bagian purchasing, tentu anda memerlukan materi English for hospitality yang berbeda dengan mereka yang bekerja pada divisi marketing atau divisi lainnya.

baca juga

Bila lembaga kursus English for hospitality tersebut mampu memberikan materi English for hospitality sesuai dengan kebutuan pekerjaan  anda, maka bisa dikatakan itu merupakan lembaga kursus English for hospitality yang memang berpengalaman dalam bidang hospitality atau perhotelan.

Banyak bukan materi yang akan anda dapatkan dengan mengikuti kursus English for hospitality? Dan bisa terbayang betapa efektif dan efisiennya bila anda mengikuti kursus English for hospitality ini, terlepas dari latar belakang pendidikan anda yang dari sekolah perhotelan atau jasa pelayanan lainnya bukan. Apapun latar belakang pendidikan anda, semua bisa dipelajari pada tempat dan waktu yang tepat. Bukan begitu?