Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

KURSUS Bahasa Inggris Khusus CUSTOMER SERVICE

CUSTOMER SERVICE

lister.co.id – Anda memiliki pekerjaan sebagai customer service? Sungguh pekerjaan yang mulia dan menyenangkan, karena profesi anda membantu pelanggan menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka hadapi terkait produk perusahaan anda.

Pekerjaan customer service bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Apapun suasana hati anda, anda dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik lewat sikap anda yang ramah, dan senyum yang menenangkan.

            Karakter setiap orang berbeda-beda. Begitu pula dengan customer atau pelanggan. Ada pelanggan yang sabar menunggu pelayanan anda, ada pula pelanggan yang belum apa-apa sudah mengandalkan emosi. Protes ini dan itu yang membuat hati kesal dan kepala pusing. Tetapi sebagai customer service, anda dituntut untuk mampu melayani semua pelanggan anda dengan karakternya yang beragam.

            Pekerjaan ini dilakukan dengan bahasa Indonesia saja sulit, apalagi bila dikerjakan dalam bahasa inggris? Bukan bahasa ibu yang sejak lahir sudah kita gunakan. Salah memilih kosa kata dan menggunakan grammar yang kurang tepat, malah bisa menambah emosi pelanggan anda. Cukup susah bukan pekerjaan anda?

            Namun, bila anda ingin meningkatkan performa anda dalam melayani pelanggan, atau anda ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan anda dengan berbagai jenis karakternya, anda bisa mengikuti kursus bahasa inggris khusus kelas customer service.

Dalam kursus bahasa inggris untuk customer service, anda tidak hanya akan diajarkan melayani pelanggan dalam bahasa inggris, tetapi juga akan diperkaya dengan  berbagai kosa kata dan penggunaannya dalam grammar atau tata bahasa yang tepat, yang bisa menenangkan kembali pelanggan anda yang sudah kadung tersulut emosi.

Ini yang Akan Anda Dapatkan Dengan Menngikuti Kursus Customer Service.

            Anda sebagai customer service tentu memahami seperti apa detil pekerjaan anda, sehingga saat mencari dan memilih lembaga kursus bahasa inggris khusus kelas customer service, anda perlu mencari dan memilih lembaga kursus bahasa inggris customer service yang akan memberikan anda materi sebagai berikut:

  1. Membantu dan Menenangkan Pelanggan

Pekerjaan utama seorang customer service adalah membantu setiap kesulitan pelanggan. Artinya tingkat interaksi dengan pelanggan pun sangat tinggi. Pelanggan baik atau pelanggan pemarah atau pelanggan yang tidak sabaran akan anda hadapi sehari – hari. Tapi tetap saja anda harus membantu pelanggan sampai masalahnya terselesaikan. Nah, dengan kursus bahasa inggris customer service, anda akan diajarkan bagaimana membantu pelanggan dengan kalimat yang menenangkan mereka.

Contohnya: anda bisa menggunakan kalimat  “I’m doing everything I can to resolve this.” (Saya melakukan semua yang saya bisa untuk mengatasi masalah ini). Mendengar ini, tentu rasa kepercayaan pelanggan kepada anda akan semakin lebih meningkat.

  • Bentuk Empati

Pelanggan yang datang kepada anda, tak jarang suka ‘curhat’ tentang kekurangan produk anda atau sudah berapa kali waktu mereka terbuang karena kelemahan produk perusahaan anda. Di saat seperti ini, sebagai representasi perusahaan, anda perlu menenangkan mereka. Dengan mengikuti kursus customer service, anda akan diberikan tips memilih kosa kata dalam kalimat yang menggunakan grammar dengan tepat, seperti:

“I understand your frustration.” (Saya memahami rasa frustrasi Anda) atau “I’m right here with you.” (Saya siap membantu).

  • Meyakinkan Pelanggan

Untuk pelanggan yang sudah kadung kecewa seperti kejadian di nomor dua, sebagai customer service, anda perlu mengembalikan kepercayaan mereka. Caranya dengan meyakinkan mereka bahwa anda akan melakukan yang terbaik, seperti dengan mengatakan “We will have this sorted out soon.” (Kami akan menyelesaikan masalah ini segera).

  • Berterima Kasih

Untuk pelanggan yang telah bersabar maupun yang tidak bersabar dengan pelayanan anda, sebagai customer service anda wajib untuk mengucapkan kalimat terima kasih. Cara mengucapkan terima kasih yang diucapkan dengan pemilihan kosa kata yang tepat, akan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada pelanggan anda. Pelanggan yang semula marah, bisa luruh dengan ucapan terima kasih anda. Seperti: “I appreciate your patience.” (Saya menghargai kesabaran anda).

  • Kalimat Penutup

Tentu saja, sebelum pelanggan pergi, ada pertanyaan yang wajib ditanyakan oleh seorang customer service, yaitu menanyakan apa ada hal lain yang bisa anda bantu? Tak jarang dari pelanggan yang kemudian melanjutkan pelayanan dengan meminta bantuan anda sebagai customer service untuk layanan lainnya. Anda bisa menggunakan kalimat penutup seperti:“If there’s anything else I can do, let me know.” (Jika ada hal lain yang bisa saya bantu, harap beri tahu).

Setidaknya 5 hal tersebut yang akan anda dapatkan bila anda mengikuti kelas kursus bahasa inggris khusus customer service. Akan sangat berguna bila anda mengikuti kursus customer service. Selain untuk menunjang pelayanan anda, juga untuk membantu anda lebih dekat kepada pelanggan. Anda pun jadi semakin mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan yang mungkin belum bisa dipenuhi oleh perusahaan anda.

            Sebagai customer service, tak ada salahnya anda mengusulkan beberapa perbaikan kepada perusahaan. Baik dalam hal kualitas produk maupun jenis pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Tentu, hal ini sangat membantu perusahaan di dalam mengembangkan performa bisnis perusahaan, dan tentunya meningkatkan penilaian perusahaan kepada kinerja anda. Tentu hal ini bagus untuk peningkatan jenjang karier anda, bukan?

            Bila anda kesulitan untuk membagi waktu antara bekerja dengan kursus, kini banyak lembaga kursus bahasa inggris khusus customer service yang memberikan layanan kursus yang fleksible. Artinya, bisa menyesuaikan waktu anda. Baik secara regular maupun privat. Termasuk bila anda ingin mengikuti kursus bahasa inggris customer service secara online saja.

baca juga

            Tapi, sangat disarankan kepada anda untuk mengikuti kelas kursus bahasa inggris customer service dengan mengambil kelas regular. Selain dari sisi biaya relatif murah, anda akan bertemu dengan customer service dari berbagai perusahaan. Hal ini bagus untuk memperluas jaringan atau networking anda. Anda bisa mengukur kemampuan anda dibanding dengan rekan-rekan kursus customer service anda.

            Hal paling penting lainnya adalah bila ada kesempatan kerja atau lowongan di perusahaan yang jauh lebih baik dalam segala hal dibanding perusahaan anda lainnya, anda bisa mencoba kesempatan yang diberikan kepada rekan sesama kursus bahasa inggris customer service tersebut. Dengan kata lain, mengikuti kursus bahasa inggris customer service, bisa menjadi batu loncatan anda untuk mendapatkan karier yang jauh lebih baik, di perusahaan yang jauh professional. Lumayan kan?