English for Nurses – Kosakata Inggris Dunia Medis

English for Nurses – Kosakata Inggris Dunia Medis

Lister.co.id – Dibeberapa artikel specific purposes sebelumnya, berbagai kajian topik Bahasa Inggris dengan tujuan spesifik telah dibahas seperti, scholarship mentorship untuk bidang akademis, dan interview preparation serta customer service sebagai bidang materi bisnis dan profesionalisme. Lalu kali ini, sebuah tema baru yang sangat unik akan dibahas, yaitu materi mengenai: ‘English for Nurses’.

Jika dilihat dari kajiannya, bahasan yang satu ini bisa terbilang kompleks, dikarenakan kemungkinan untuk terjadinya berbagai paparan muatan Bahasa Inggris yang tematis amatlah besar.

Pada kasus ini, tema-tema yang muncul akan terkonsentrasi pada kajian-kajian medis. Maka pantas jika artikel kali ini diberi judul: Kosakata dan Berbagai Istilah Medis dalam Bahasa Inggris.

Tidak hanya sekedar mengandalkan kemampuan untuk mendiagnosa berbagai keluhan yang pasien rasakan, penekanan dunia medis juga terletak pada bagaimana suatu hal dapat dikomunikasikan, baik antar sesama kalangan medis maupun terhadap orang-orang awam. Pada kajian inilah, kecakapan dan kompetensi berkomunikasi, yang mana masuk kedalam kajian kebahasaan, menjadi penting.

Terlebih lagi, berbagai istilah serta terobosan dari dunia luar menuntut para praktisi medis untuk mengetahui konteks-konteks kesehatan dalam bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris – terlihat dari adanya berbagai istilah baru dalam kaitannya pada wabah COVID-19 yang sedang marak terjadi. Karena itulah tema ini dirasa perlu untuk diangkat guna memudahkan para praktisi dan pembelajar tersebut.

Berbagai Istilah Medis dalam Bahasa Inggris.

Tidak hanya bidang-bidang spesifik yang lebih umum, “dominasi” Bahasa Inggris sebagai sebuah bahasa pemersatu dunia-pun ikut merasuk pada bidang-bidang yang sangat spesifik bahkan seperti dunia medis.

Hal ini disebabkan karena Bahasa Inggris sudah masuk pada berbagai bidang yang lebih mayor seperti pendidikan dan akademis – mengakibatkan merambahnya Bahasa Inggris pada bidang-bidang “turunan”-nya. Selain itu kemahsyuran dunia barat dalam perkembangan dunia medis ikut memberikan andil dalam merebaknya Bahasa Inggris pada bidang ini.

Dapat kita lihat bahwa berbagai pencapaian serta temuan pada ranah medis banyak didominasi oleh ilmuan serta praktisi kesehatan yang berasal dari berbagai negara berpengantar Bahasa Inggris.

Belum lagi banyaknya orang-orang dari berbagai belahan dunia yang ingin menuntut ilmu ke negara-negara tersebut – lagi-lagi mengharuskan mereka untuk turut mempelajari sang bahasa. Karena itu wajar jika ilmu-ilmu serta terobosan yang mereka temukan akan turut disampaikan dengan bahasa yang mereka gunakan pula. Bahasa Inggris-pun lantas menjelma menjadi suatu keharusan pada dunia medis.

Bahasa Inggris pada ranah medis-pun terbilang cukup berbeda dengan Bahasa Inggris pada umumnya. Baik kosakata maupun istilah yang digunakan, apa yang muncul pada dunia medis terkadang jarang ditemukan pada penggunaan Bahasa Inggris sehari-hari. Itulah yang dinamakan sebagai ‘unsur tematis’ suatu bahasa.

Hal ini juga yang membedakan istilah-istilah kesehatan pada Bahasa Inggris umum (biasa digunakan oleh orang awam) dengan Bahasa Inggris medis (yang mana biasa digunakan pada komunitas kesehatan, jurnal akademis, dll). Atas dasar itulah perlunya pendalaman mengenai berbagai istilah serta kosakata tematis menjadi sangat penting untuk dikuasai bagi para pelaku dan praktisi kesehatan.

Bahasa Inggris Medis dimata literatur.

Seperti yang sudah disinggung pada materi diatas, Bahasa Inggris medis termasuk pada bidang kajian Bahasa Inggris guna tujuan-tujuan khusus atau English for Specific Purposes (ESP). Dikarenakan luasnya penggunaan Bahasa Inggris yang telah masuk ke berbagai bidang-bidang spesifik, kajian keilmuan ini dikhususkan guna membahas penggunaan tema-tema tertentu saja.

Hal ini dapat berguna secara praktis agar suatu istilah dapat disetarakan secara universal pula seperti nama-nama gejala, berbagai alat kedokteran, macam istilah kesehatan, dan lainnya. Para ahli berpendapat bahwa kajian ini lebih tepat bagi para pembelajar bahasa tingkat menengahhingga lanjut.

Meski begitu, bukan berarti para pembelajar pemula tidak diperkenankan untuk mempelajari bahasa tematis ini.

Para ahli lain juga menyarankan bahwa pembelajaran ESP, khususnya Bahasa Inggris medis, dilakukan pada dua tahapan/lapisan: (1) lapisan pertama mencakup penggunaan Bahasa Inggris secara umum, ini berfungsi untuk membantu para pembelajar bahasa yang benar-benar masih bersifat pemula dan perlu mengenal Bahasa Inggris terlebih dahulu; dan, (2) lapisan kedua yang memfokuskan berbagai cakupan mereka pada spesifikasi serta spesialisasi individu yang diinginkan.

baca juga

Istilah serta kosakata medis dalam Bahasa Inggris.

Maka setelah beberapa penjelasan singkat mengenai Bahasa Inggris medis serta cabang kaitannya, kali ini kita akan masuk kedalam inti pembahasan yaitu berbagai istilah serta kosakata medis. Dan itu semua dapat dilihat didalam tabel berikut:

KosakataPart of SpeechDefinisiContoh Kalimat
Bahasa InggrisArti
AbnormalAdjectiveTidak normal untuk ukuran tubuh manusiaThe capacity of his stomach is abnormal!Kapasitas perutnya abnormal!
AcheNounRasa sakit yang tak kunjung hilangShe even barely eats since the stomachache.Dia tidak mau makan karena perutnya sakit.
BacteriaNounOrganisme yang menimbulkan penyakitHand sanitizer can deal with the bacteria.Pembersih tangan dapat menanggulangi bakteri yang ada.
BenignAdjectiveTidak membahayakanThe cold is not COVID – he is benign.Demamnya bukan karena COVID – ia tidak membahayakan.
Caesarean sectionNounProsedur memisahkan bayi dari rahim menggunakan metode pembedahanHe was born through cesarean section.Ia dulu lahir secara cesar.
CancerNounPenyakit yang disebabkan bertumbuhnya sel secara tak terkendaliCancer is severe tumor.Kanker adalah tumor ganas.
DeficiencyNounSuatu kekurangan yang dialami oleh tubuhHer bone test reveals that she’s got a calcium deficiency.Hasil uji tulangnya menunjukkan bahwa ia mengidap kekurangan kalsium.
DementiaNounKehilangan kapasitas-kapasitas mental tertentu (biasa dikarenakan penuaan)Do you know The Notebook? That’s a perfect example of dementia.Apakah kamu tahu film The Notebook? Itulah salah satu contoh dari demensia.
ER (emergency room)NounUnit pada rumah sakit yang menanggulangi keadaan-keadaan medis yang membutuhkan penanganan cepatRush to the ER!Cepat ke UGD!
ExternalAdjectivePada bagian luarRemember, this is an external lotion!Ingat, ini adalah krim untuk bagian luar saja!
False negativeNounTes yang tidak benarThe COVID rapid test is full of false negative.Rapid tes COVID sering mengalami false negative.
FractureNounRetak atau patah (biasanya pada tulang)She gets a fracture in her wrist.Ia mengalami patah tulang pada bagian pergelangan tangan.
GermNounMikroorganisme yang biasa membuat sakitThe germ can be everywhere.Kuman bisa ada dimana-mana.
GeneticAdjectiveSalah satu unsur mahluk hidup yang berhubungan dengan penurunan sifat.It is not about something outside, it is in her genetic!Ini bukan tentang apa yang ada diluar, tapi ini berasal dari gen-nya sendiri!

Dan itulah beberapa istilah serta kosakata Bahasa Inggris yang biasa digunakan pada dunia medis. Tentu saja beberapa contoh yang dihadirkan diatas hanyalah sebagian kecil dari apa yang ada “diluar sana”. Karena itu pastikan agar lebih banyak lagi memaparkan diri dengan muatan-muatan tematis yang lain agar kemampuan Bahasa Inggris medis yang dimiliki dapat menjadi lebih luas lagi.