Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

English for Banking – Istilah Bahasa Inggris Perbankan

Bahasa Inggris Perbankan

Lister.co.id – Pada artikel ini akan kembali dibahas mengenai bahasan tematis yang berhubungan dengan Bahasa Inggris guna berbagai kepentingan spesifik yang lain.

Melengkapi unsur tematis artikel manajemen dan bisnis sebelumnya seperti interview preparation, customer service, dan English for hospitality, bahasan kali ini akan berkutat pada materi mengenai Bahasa Inggris yang digunakan secara spesifik untuk kepentingan perbankan dan finansial.

Melihat luasnya bidang kajian yang dimiliki pada tema ini, akan sangat wajar jika terdapat banyak hal yang dapat dibahas mengenai seputarannya, yang mana salah satunya adalah pengombinasian dengan salah satu bidang kajian ekonomi makro tersebut.

Ya, dan kali ini, artikel yang ada akan diberi judul: Mengenal Berbagai Istilah Bahasa Inggris Perbankan.

English for banking merupakan salah satu tema spesifik yang dimiliki oleh Bahasa Inggris, di mana mencakup pembahasan mengenai penggunaan bahasa tersebut untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan dunia perbankan, finansial, dsb.

Pembahasan ini sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan pembahasan artikel-artikel bertemakan manajemen dan bisnis yang sudah dibahas sebelumnya.

Sifatnya yang ringan dan umum ditemukan pada berbagai bidang keseharian membuatnya akan sangat familier. Namun meski begitu, tetap saja ada beberapa kajian tematis yang hanya akan muncul pada kajian English for banking saja.

Maka dari itu akan menarik jika kajian mengenai hal ini dibahas di artikel kali ini, guna menambah wawasan mengenai Bahasa Inggris serta memudahkan para pembelajar yang tertarik pada kajian ini.

Bahasa Inggris dunia perbankan, untuk kebutuhan apa?

Kebutuhan Bahasa Inggris di dunia perbankan bisa terbilang memiliki kesamaan dengan para “kolega”-nya yang telah dibahas pada beberapa artikel specific purposes manajemen dan bisnis yang lain. Letak kesamaannya dapat terlihat pada fokus dari penggunaan Bahasa Inggris tersebut yang lebih ditekankan guna menunjang aspek pelayanan dan servis.

Sebagian besar istilah yang ada digunakan untuk menunjang komunikasi terhadap pelanggan (customer). Namun di sisi lain, Bahasa Inggris pada ranah ini juga ikut memberikan andil atas suburnya istilah-istilah spesifik yang digunakan pada berbagai konteks perekonomian.

Hal ini dapat dirunut dari sebab yang sama, yang menjadikan Bahasa Inggris dapat merasuk secara ‘brutal’ ke berbagai bidang profesionalisme spesifik lainnya.

Sama halnya dengan apa yang sudah dijabarkan pada artikel specific purposes dengan tema medis yaitu English for nurses, keberhasilan Bahasa Inggris hingga mampu men-“dominasi” berbagai bidang profesi selain disebabkan karena fungsinya sebagai bahasa komunikasi universal, namun juga dikarenakan tingkat kemajuan yang dimiliki negara-negara para penutur asli (native speaker) tersebut.

Tidak sedikit negara adidaya saat ini yang merupakan negara berbahasa pengantar Bahasa Inggris. Kemajuan-kemajuan yang begitu progresif tersebut membuat mereka mampu untuk “mendaulatkan” bahasa mereka sebagai bahasa acuan.

Kedigdayaan mereka mengharuskan miliaran orang di dunia ini agar dapat menguasai Bahasa Inggris supaya bisa mempelajari berbagai terobosan ilmu yang mereka “miliki”.

Karena itu wajar jika banyak bidang profesi dari berbagai disiplin ilmu yang akhirnya juga menerapkan standar bahasa yang sama. Berbagai praktisi serta para ahli yang tercetak sudah akan terbiasa menggunakan Bahasa Inggris – sebuah bahasa yang dianggap sukses dalam bertindak sebagai bahasa akademis.

Selain medis kita juga dapat menemukan dominasi mereka pada teknologi komputasi maupun digital, marketing serta branding, aviasi (seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya), dan lain sebagainya.

Juga tidak terlepas dari lingkup kekuasaan mereka, Bahasa Inggris untuk berbagai tujuan spesifik, khususnya pada ranah bisnis dan manajemen – yang mana dalam artikel ini yaitu pada dunia perbankan dan finansial.

baca juga

English for Banking, sudut pandang literasi.

Urgensi dari keberadaan Bahasa Inggris pada kajian perbankan dan finansial sendiri, berangkat dari adanya kebutuhan-kebutuhan khalayak dalam melakukan aktivitas perekonomian sehari-hari.

Dengan seiring majunya zaman serta pesatnya kemutakhiran berbagai teknologi penunjang kegiatan perekonomian yang ada, batasan aktivitas finansial juga lantas menjadi semakin tidak terlihat lagi. Berbagai transaksi bisa dilakukan terhadap bermacam-macam urusan dan nasabah, baik di dalam maupun ke luar negeri.

Atas sebab itulah akhirnya Bahasa Inggris pun ikut terselip dan akhirnya mampu membaur melalui “kelengahan” di tengah hiruk-pikuk tersebut. Hal ini disetujui oleh banyak ahli sebagai faktor yang memperkuat kehadiran Bahasa Inggris pada kajian perbankan.

Muatan-muatan Bahasa Inggris perbankan sebenarnya tidak terlalu sulit ditemukan. Para praktisi dan pemerhati ekonomi, khususnya ekonomi dunia, pastinya sudah sering mengonsumsi berbagai sumber yang berhubungan dengan kondisi perekonomian.

Berbagai sumber ini biasa datang dan berasal dari redaksi majalah atau koran-koran berbahasa Inggris. Dengan pembahasan yang sangat detail serta mendalam, berbagai media cetak tersebut menjadi sebuah patokan yang diperhitungkan pada dunia ekonomi dan finansial.

Karena itu, tentu saja kebutuhan akan berbagai berita terkini mengenai ekonomi, mendahului kepentingan untuk dapat berbahasa Inggris – membuat mereka mau tidak mau harus menjadi terbiasa dengan paparan bahasa yang ada jika tidak ingin ketinggalan kabar ekonomi dunia.

baca juga

Berbagai istilah Bahasa Inggris perbankan.

Memasuki pokok bahasan, akan dihadirkan beberapa istilah perbankan dalam Bahasa Inggris disertai contoh kalimat dan artinya. Dan berikut ini beberapa istilah serta kosakata (vocabulary) Bahasa Inggris yang berhubungan dengan dunia perbankan:

Kata & DefinisiContoh Kalimat
Bahasa InggrisBahasa Indonesia
Bank guarantee: Bentuk garansi yang diberikan oleh bank; berhubungan dengan jaminan.My company agreed to provide us a bank guarantee.Perusahaanku setuju untuk menyediakan kita garansi bank.
Credit history: Rekam jejak aktivitas kartu kredit.I have an excellent credit history.Saya memiliki catatan kartu kredit yang baik.
Blank check: Cek absah dengan nominal yang belum diisi.She gets a blank check from her foreign relatives. So lucky!.Ia mendapatkan cek kosong dari saudaranya yang berasal dari luar negeri. Untung sekali!
Account: Rekening.There are two kinds of account: a checking account and a savings account.Ada dua jenis rekening: rekening penyimpanan dan rekening tabungan.
Debit: Jumlah uang yang di hutangkan.Dont’t use your debit card too often. It isn’t a “magic” card!Jangan gunakan kartu debit mu terlalu sering. Itu bukan kartu “ajaib”!
Balance: Jumlah uang yang dimiliki di rekening.I don’t have any balance in my account.Saya tidak punya saldo di rekening.
Loan: PinjamanThe loan money from the bank is not enough to buy a brand new car.Uang pinjaman dari bank tidaklah cukup untuk membeli sebuah mobil baru.

Dan itulah pembahasan Bahasa Inggris untuk ranah spesifik khususnya materi mengenai kegunaan praktisnya pada bidang perbankan. Beberapa contoh di atas hanya beberapa istilah yang paling sering digunakan, yang mana perlu diketahui oleh setiap orang, sebagai modal awal mempelajari Bahasa Inggris pada tema ini.