Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Customer Service – Ungkapan Wajib Bagi Pelayanan Pelanggan dalam Bahasa Inggris

Customer Service

lister.co.id – Pada beberapa artikel specific purposes sebelumnya, telah dibahas beberapa bahasan mengenai berbagai keperluan spesifik dalam Bahasa Inggris.

Dan kali ini, akan dibahas mengenai materi yang lain yaitu: ‘Customer Service’.

Materi ini amat berguna bagi para pekerja yang menempati posisi sebagai pelayanan pelanggan, dimana kemampuan Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan sendiri yang tentunya perlu untuk dimiliki.

Maka artikel kali ini akan diberi judul yaitu: Ungkapan Wajib Bagi Pelayanan Pelanggan dalam Bahasa Inggris.

Menempati posisi pelayanan pelanggan mengharuskan seseorang agar mampu menguasai kemampuan berkomunikasi secara baik. Selain tampil sebagai salah satu ‘wajah’ dari perusahaan, posisi pelayanan pelanggan juga turut andil memberikan kepuasan dan umpan balik yang berguna bagi kelangsungan reputasi suatu perusahaan.

Karena itulah, sebagai salah satu kompetensi yang diperlukan dalam berkomunikasi, kemampuan menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar universal juga dirasa penting guna menunjang profesionalisme pekerjaan.

Atas dasar tersebut, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ungkapan-ungkapan dalam Bahasa Inggris yang perlu dikuasai oleh seorang pelayanan pelanggan (customer service), agar membantu kinerja para pembelajar tersebut.

Kaitan Bahasa Inggris dengan pelayanan pelanggan (customer service).

Dewasa ini, kemampuan Bahasa Inggris sebagai alat untuk berkomunikasi secara universal sudah merasuk kedalam berbagai lini kehidupan. Menjadi sebuah bahasa pemersatu dunia, Bahasa Inggris menjadi pilihan yang paling tepat bagi setiap orang guna kepentingan berinteraksi dalam ranah apapun.

Wajar jika Bahasa Inggris akhirnya menyebar pada bidang-bidang yang bertujuan spesifik atau juga dikenal sebagai English for Specific Purposes (ESP). Salah satu ‘ranting’ keilmuan dari materi tersebut adalah Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis (English for Business Communication) yang mana didalamnya juga terkandung materi mengenai komunikasi pelayanan pelanggan (customer service) ini.

Atas dasar itulah posisi pelayanan pelanggan juga ikut menjadi bagian dari industri komunikasi bisnis yang memerlukan kecakapan berbahasa, khususnya Bahasa Inggris secara fasih. Karena bukan tidak mungkin, jika pelanggan atau customer yang ada merupakan penutur asli (native speaker).

Kemungkinan ini akan semakin besar apabila perusahaan yang dimaksud sudah bergerak pada berbagai aktivitas dengan skala global, dimana akses produk maupun layanannya telah digunakan pada lingkup lintas negara maupun benua. Wajar jika akhirnya suatu kompetensi Bahasa Inggris dianggap krusial.

Istilah pelayanan pelanggan sendiri, memiliki banyak “belahan” istilah yang merujuk pada konsep yang berbeda-beda pula. Dengan semakin majunya perkembangan zaman, teknologi serta media pendukung pelayanan pelanggan-pun menjadi semakin canggih setiap harinya.

Namun, untuk artikel kali ini, parameter yang digunakan hanyalah terbatas pada pelayanan pelanggan yang didefinisikan secara umum saja, agar pembahasan yang ada menjadi lebih tepat guna dan tidak terlalu luas.

Pelayanan pelanggan menurut berbagai literatur.

Jika dilihat dari definisi berbagai sumber literatur yang ada, pelayanan pelanggan atau customer service merupakan upaya pemenuhan pelayanan terhadap pelanggan pada tahap sebelum, ketika, dan setelah transaksi (baik barang ataupun jasa) dilakukan.

Pandangan mengenai standar kecukupan dari berbagai periode interaksi tersebut ditentukan oleh bagaimana cara para pegawai atau karyawan dapat mengatur kinerja mereka sesuai dengan spesifikasi kebutuhan masing-masing pelanggan.

Pelayanan pelanggan mencakup upaya-upaya dalam memprioritaskan hubungan-hubungan tertentu yang perlu dibangun antara perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, serta kebutuhan pelanggan.

Jika dilihat dari salah satu sudut pandang upaya tehnik prosedur penjualan, pelayanan pelanggan memiliki peran yang sangat penting pada kemampuan suatu organisasi dalam mempertahankan pemasukan dan pendapatan.

Customer Service

Atas dasar itulah pelayanan pelanggan perlu untuk diikutsertakan pada proses pengembangan sistemik yang berkelanjutan – karena cukup hanya dengan satu pengalaman pelayanan pelanggan saja, persepsi dari pelanggan dapat terbentuk (baik-buruknya persepsi tergantung pada satu pengalaman tersebut). Itulah gambaran bagaimana pentingnya peran suatu pelayanan pelanggan.

baca juga

Ungkapan-ungkapan Pelayanan Pelanggan dalam Bahasa Inggris.

Jika diatas sudah dibahas mengenai karakteristik dan spesifikasi dari pelayanan pelanggan atau customer service, maka sekarang akan beralih pada pokok pembahasan yaitu berbagai ungkapan berbahasa Inggris yang perlu dikuasai jika menempati posisi pelayanan pelanggan. Beberapa ungkapan tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut:

KategoriBahasa InggrisBahasa Indonesia
Menyapa – GreetingsGood morning/afternoon/evening. My name is…, how can I help you? Selamat pagi/siang sore. Nama saya…ada yang bisa saya bantu?
Okay Mr./Mrs., with whom am I speaking?Baik bapak/ibu, dengan siapa saya berbicara?
What was the nature of your session today?Adakah yang dapat saya bantu pada sesi kali ini?
Memohon untuk menunggu dan pengalihan (khusus via panggilan telepon) – Place on Holds and TransferringThank you for holding, Mr./Mrs…Terima kasih sudah menunggu, bapak/ibu…
Would you mind me if I place you on hold for sec?Apakah anda dapat menunggu sejenak?
I’ll transfer your call to the duty sections, please hold for a moment…Saya akan mengalihkan anda pada bagian yang bertugas, mohon tunggu sejenak…
Do you need to be directed to somebody else, Mr./Mrs.?Apakah anda perlu untuk dialihkan pada orang lain, bapak/ibu?
Menerima pesan – Receiving a messageHe/She is not here, can I take the message?Ia sedang tidak disini, bisakah saya menerima pesannya?
And for whom is the message, sis/mam?Dan untuk siapakah pesannya, bapak/Ibu?
Percakapan umum – General ConversationWhile I check it for you, from where are you calling me today, sir/mam?Sembari saya memeriksanya untuk anda, darimana anda menghubungi saat ini, bapak/ibu?
While I generate the thing, how’s the weather at your place today?Selagi saya memprosesnya, bagaimana cuaca ditempat anda sekarang?
What do you have planned for the season? Would you mind if I recommend you our best product/service for that…Apa yang anda rencanakan untuk musim ini? Apakah saya boleh merekomendasikan produk/jasa terbaik kami untuk itu…
Mengkonfirmasi rincian informasi – Confirming DetailsCan you give me some of your details, sir/mam?Bisakah anda memberikan beberapa rincian mengenai anda, bapak/ibu?
May you tell me about the detail more?Dapatkah anda memberi tahu saya tentang detil-detil yang lain?
Could I get the detail, Mr./Mrs.?Apakah anda bisa menceritakan rinciannya, tuan/nyonya?
Can you please confirm your…for me, sir/mam?Dapatkah anda menyebutkan…anda, pak/bu?
Do you know the name of person with whom you talk to?Apakah anda tahu nama orang yang terakhir anda ajak bicara?

Dan itulah beberapa ekspresi yang umum digunakan bagi para pelayanan pelanggan atau customer service. Tentunya berbagai ekspresi diatas hanyalah sedikit contoh yang dapat ditampilkan dan masih ada beberapa contoh lainnya lagi.

Karena itu pastikan agar lebih banyak lagi mencari muatan-muatan kompetensi kebahasaan yang diperlukan guna menunjang kebutuhan profesional.