Bahasa Asing

Kursus Bahasa Thailand

Explore Thailand a Million Steps Further

Mudahnya Kursus Bahasa Thailand dari Rumah!

Bahasa Thailand (Thai) adalah prasyarat wajib bagi para calon mahasiswa maupun karyawan di Thailand. Maklum saja, sebagian besar warga Thailand ternyata tidak bisa bahasa Inggris, lho!  Selain di Thailand, Anda juga bisa menjelajah Laos dan Vietnam dengan bekal bahasa Thailand. 

Kuasai komunikasi bahasa Thailand bersama Tutor Lister with years of cultural experience untuk membantu Anda beradaptasi dengan warga Thailand secara lebih cepat dan mudah! Ikut les bahasa Thailand online, bisa belajar kapan saja dimana saja.

Gabung di Lister Community!

Temui ratusan member lain dan dapatkan informasi terupdate seputar event, promo, dan program terbaru dari Lister secara GRATIS!

Deskripsi Program

Lister Kursus Bahasa Thailand dirancang khusus untuk membantu siswa belajar bahasa Thailand. Pembelajaran bahasa Thailand ini akan dimulai dari level dasar hingga mahir. Siswa akan belajar mengenai kosakata, tata bahasa, kepenulisan, dan percakapan sehari-hari bahasa Thailand. 

Karakteristik Siswa

Program kursus bahasa Thailand online ini terbuka bagi siswa dewasa yang ingin mempelajari bahasa Thailand secara lebih cepat dan terarah. Siswa yang mengikuti kelas ini merupakan mereka yang akan berkuliah, bekerja, maupun memahami culture Thailand secara lebih dalam.

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Keuntungan Anda Ikut Kursus Bahasa Thailand

Lister berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Sukses Bersosialisasi Saat Kuliah dan Bekerja di Thailand

Kemampuan komunikasi dalam bahasa Thailand akan memudahkan Anda mendapatkan lebih banyak teman ketika nanti berkuliah maupun bekerja di sana. Selain itu, Anda akan lebih mudah beradaptasi karena telah memiliki pengetahuan cross cultural understanding yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak belajar bahasa Thailand. 

Teori dan Praktik Langsung dari Tutor Terbaik Lister

Dapatkan semuanya sekaligus! Sesuaikan kebutuhan Anda untuk belajar bahasa Thailand. Apapun tujuan Anda, baik kuliah, bekerja, atau tujuan lain, Tutor Lister akan memberikan materi ajar yang paling sesuai serta menemani proses belajar Anda hingga mahir bahasa Thailand. Nikmati juga konsultasi dan sharing pengalaman dengan Tutor yang telah bertahun-tahun mengerti bahasa dan kebudayan Thailand tanpa tambahan biaya!

Bonus Program Bimbingan Beasiswa

Dapatkan Kelas Bonus Bimbingan Beasiswa bagi Anda yang mengambil program Ultimate Private, minimal 60x pertemuan. Anda pun akan semakin siap menghadapi dunia perkuliahan di Thailand dengan bekal bahasa yang mumpuni dan informasi beasiswa yang bermanfaat untuk financial support Anda saat berkuliah! 

Belajar Bahasa Thailand dari Level Dasar Sesuai Waktu dan Kebutuhan Anda!

Tertarik kuliah atau bekerja di Thailand? Pastinya kamu harus menguasai bahasa Thailand. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kursus bahasa Thailand.

Mengapa mengikuti les bahasa Thailand penting? Sebabnya tidak semua orang Thailand dapat berbahasa Inggris, sehingga penting menguasai bahasa tersebut saat berada di Thailand.

Untuk memudahkan peserta didik, kini tersedia kursus bahasa Thailand online atau les bahasa Thailand online. Keberadaan kursus online tersebut akan sangat memudahkan belajar bahasa Thailand untuk pemula. Kamu juga dapat belajar bahasa Thailand dan tulisannya.

 

Apa itu Kursus Bahasa Thailand?

Kursus bahasa Thailand menyediakan sarana belajar bahasa Thailand dasar. Kursus ini cocok bagi mereka yang ingin belajar bahasa Thailand pemula.

Materi yang diajarkan mencakup kemampuan membaca dan menulis dasar. Pada tingkat lanjut, peserta didik akan belajar kemampuan berbicara dan mendengarkan.

Peserta didik juga akan banyak belajar tentang kebudayaan Thailand, termasuk belajar bahasa Thailand sehari-hari. Pembelajaran kebudayaan tersebut tentu akan menarik bagi mereka yang masih belajar bahasa Thailand pemula. Hal ini akan memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa Thailand.

 

Manfaat Mengambil Kursus Bahasa Thailand

Apa saja manfaat mengambil kursus bahasa asing? Tentunya untuk memperluas wawasan dan mengasah ketajaman berpikir.

Mempelajari bahasa asing juga akan membantu membuka banyak peluang baru dalam hidup, baik itu peluang kuliah maupun bekerja. Termasuk belajar bahasa Thai.

Dengan mempelajari bahasa tersebut, akan membuka peluang untuk kuliah di Thailand. Dengan mengikuti kuliah di negara asing, tentunya akan menambah pengalaman hidup dan dapat mempelajari kebudayaan baru yang tidak diketahui sebelumnya.

Selain itu, bukan tidak mungkin akan membuka peluang bekerja dengan perusahaan multinasional yang berbasis di Thailand. Kemampuan menguasai bahasa Thailand tentu akan menambah peluang kamu dilirik perusahaan Thailand.

 

Biaya Kursus Bahasa Thailand

Mengingat kebutuhan setiap peserta didik berbeda, kursus bahasa Thailand disajikan dengan beberapa metode. Ada beberapa peserta didik yang membutuhkan pembelajaran intensif, sehingga pelajaran dilakukan secara privat.

Selain itu ada beberapa peserta didik yang lebih menyukai lebih banyak interaksi, sehingga memilih pelajaran dalam grup.

Perbedaan tersebut tentu akan berpengaruh pada biaya kursus. Walaupun begitu, harga kursus bahasa Thailand relatif terjangkau.

Tempat kursus bahasa Thailand juga biasanya menyediakan paket pembelajaran, sehingga membuat biaya kursus semakin terjangkau. Tak hanya itu, semakin banyaknya kursus bahasa Thailand online membuat biaya kursus semakin terjangkau.

Peserta didik juga dapat memilih di mana mereka akan mengambil kursus. Saat ini ada banyak pilihan tempat yang menyediakan kursus bahasa Thailand, mulai dari perguruan tinggi sampai lembaga kursus.

 

Uji Kemahiran Bahasa Thailand

Seperti bahasa lainnya, bahasa Thailand juga memiliki uji kemahiran atau proficiency test. Tujuan dari uji kemahiran ini adalah mengukur tingkat keterampilan berbahasa bagi penutur jati maupun penutur asing.

Uji kemahiran tersebut mencakup kemampuan berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Uji kemahiran berbahasa Thailand disebut The Chulalongkorn University Proficiency Test of Thai as a Foreign Language (CU-TFL).

Ujian ini dirancang para ahli dari The Sirindhorn Thai Language Institute, Chulalongkorn University. Ada lima tingkat kecakapan berbahasa Thailand dalam CU-TFL.

  1. ดีเด่น (Chula Distinguished)
  2. ดีมาก (Chula Superior)
  3. ดี (Chula Advanced)
  4. กลาง (Chula Intermediate)
  5. ฝึก พูด/ฟัง/อ่าน/เขียน (Chula Novice)

Tes CU-TFL tersedia di sejumlah negara, di antaranya Thailand, Jepang, Taiwan, dan China. Biasanya penyelenggara tes berada di pusat studi bahasa atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Chulalongkorn University.

Peserta diberikan kebebasan memilih mengikuti salah satu ujian kemahiran saja. Pembayaran tes dilakukan berdasarkan jumlah uji kemahiran yang diambil.

 

Cara Mudah Belajar Bahasa Thailand

Apakah bahasa Thailand mudah? Tips belajar bahasa Thailand yang utama adalah banyak berlatih dan mengulang pelajaran. Dengan begitu, kamu dapat belajar dasar bahasa Thailand dengan cepat dan belajar bahasa Thailand mudah.

Apa saja cara belajar bahasa Thailand dengan cepat? Tips ini juga bisa diterapkan sebagai cara belajar bahasa Thailand untuk pemula dan belajar Thailand dasar. Tak hanya itu, tips ini juga bisa diterapkan sebagai cara belajar bahasa Thailand otodidak.

1. Belajar Bicara, Belajar dari Kesalahan

Cara berbahasa Thailand yang pertama ini adalah yang paling mudah diterapkan. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuanmu, maka kamu harus berlatih sesering mungkin.

Tidak hanya itu, jangan takut untuk membuat kesalahan. Ketika kamu takut membuat kesalahan, kepercayaan dirimu akan menurun bersamaan dengan motivasimu mempelajari bahasa tersebut.

2. Pelajari Bahasa Sehari-Hari

Cara belajar bahasa Thai yang selanjutnya adalah dengan mempelajari kata dan frasa yang bisa digunakan sehari-hari. Misalnya adalah belajar bahasa Thailand perkenalan.

Kamu bisa mempelajarinya dalam topik tertentu. Tips belajar dasar bahasa Thailand ini perlu kamu terapkan agar semakin dapat menyerupai penutur asli.

Sebagai contoh, pelajari kosakata tempat yang sering dikunjungi, seperti restoran, stasiun kereta api, bank, dan lain-lain. Pelajari kata sifat dasar, seperti kosakata warna.

Belajar bahasa Thailand angka untuk dapat mempermudah percakapan sehari-hari. Belajar bahasa Thailand audio untuk dapat meningkatkan kemampuan menyimak.

Pelajari pula ekspresi percakapan sehari-hari, seperti menanyakan kabar. Jika kamu kesulitan memutuskan harus mempelajari apa terlebih dahulu, buatlah daftarnya agar tidak kebingungan.

3. Pelajari Frasa dan Kalimat

Cara bisa bahasa Thailand berikutnya adalah gunakan frasa yang sudah kamu pelajari dalam percakapan sehari-hari. Dengan begitu, kamu akan lebih mengingat kosakata yang sudah dipelajari.

4. Jangan Samakan Aturan Tata Bahasa Thailand dengan Bahasa yang Sudah Dikuasai

Kalau kamu adalah seorang poliglot, berpindah dari satu bahasa ke bahasa lain memang bisa membingungkan. Terlebih jika bahasa tersebut sangat berbeda dengan bahasa yang dikuasai sebelumnya.

Pelajari tata bahasa yang kamu tuju dengan cermat. Sementara itu, teruslah berlatih menggunakan bahasa tersebut agar terbiasa.

5. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Cara belajar bahasa Thailand dengan cepat dan mudah berikutnya adalah dengan membiasakan diri berbahasa Thailand. Ciptakan lingkungan yang akan menstimulasi proses pembelajaran.

Contohnya adalah mendengarkan program radio bahasa Thailand, mendengarkan musik Thailand, membaca buku anak-anak berbahasa Thailand, menonton siaran televisi berbahasa Thailand, dan berbicara dengan diri sendiri menggunakan bahasa Thailand.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, kamu dapat mempelajari kosakata dasar bahasa Thailand.

6. Minimalisir Penggunaan Bahasa Asli

Cara mempelajari bahasa Thailand yang satu ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya. Untuk membiasakan diri berbahasa Thailand, minimalisir penggunaan bahasa yang sudah kamu kuasai sebelumnya.

Sebaliknya, gunakan bahasa Thailand sebisa mungkin dalam keseharian. Ketika berkunjung ke pasar tradisional, bicaralah menggunakan bahasa Thailand. Ketika bertemu teman asal Thailand, latih percakapan menggunakan bahasa Thailand.

Cobalah untuk menggunakan bahasa tersebut semaksimal mungkin dalam keseharian. Hindari menggunakan bahasa asli karena akan mengurangi kemampuan yang sudah kamu latih.

7. Manfaatkan Web Belajar Bahasa Thailand

Saat ini ada banyak sekali media pembelajaran bahasa Thailand, termasuk dari berbagai website dan aplikasi. Media-media alternatif tersebut menyediakan pelajaran yang sama lengkapnya dengan kursus bahasa Thailand.

Mulai dari belajar aksara Thailand, belajar menulis Thailand, belajar alfabet Thailand, belajar kosakata dasar bahasa Thailand, belajar huruf abc dalam bahasa Thailand, belajar percakapan sehari-hari bahasa Thailand, hingga belajar berbicara bahasa Thailand.

 

Belajar Huruf Thailand

Huruf abjad Thailand tak kalah pentingnya untuk dipelajari. Pasalnya huruf Thai sangat khas dan hanya digunakan secara terbatas.

Bagaimana cara belajar tulisan Thailand? Belajar menulis Thailand memang rumit dan membutuhkan ketekunan. Namun belajar alfabet Thailand akan sangat membantu karena aksara ini yang digunakan dalam penulisan bahasa Thailand.

Berikut ini sejumlah cara belajar tulisan Thailand yang dapat kamu terapkan.

1. Gunakan Teknik Visualisasi

Salah satu cara belajar huruf Thailand terbaik adalah dengan mengingatnya satu per satu. Mulailah dengan mengelompokkan huruf tersebut berdasarkan kategori rendah, tengah, dan tinggi. Dengan begini akan lebih mudah belajar huruf Thailand.

Lihat dan ingat baik-baik karakter abjad Thailand, lalu visualisasikan kembali. Teknik ini terbukti cepat membantu mengingat bentuk visual yang sulit.

2. Buat Bagan

Jika kamu memiliki dinding yang leluasa di rumah atau tempat kerja, kamu bisa memanfaatkannya. Beli atau buat bagan yang memuat seluruh alfabet bahasa Thailand. Jika kamu berada di Thailand, bagan semacam ini bisa ditemukan di toko buku lokal.

Bagan alfabet biasa digunakan di sekolah-sekolah Thailand. Umumnya alfabet dalam bagan ini sudah dikategorikan, misalnya berdasarkan kelompok huruf konsonan Thailand, huruf vokal Thailand, dan lain sebagainya.

Memasang bagan ini juga dapat menjadi cara yang baik untuk mengingatkan diri belajar bahasa Thailand setiap saat.

3. Belajar Menggunakan Buku Anuban

Buku anuban digunakan di sekolah dasar Thailand. Siswa sekolah dasar di Thailand belajar alfabet menggunakan buku ini.

Buku ini akan membantu kamu belajar menulis bahasa Thailand dengan menggunakan titik-titik sebagai panduannya. Buku ini murah dan mudah ditemui di mana saja.

4. Belajar Lagu Alfabet Thai

Seluruh siswa di Thailand belajar alfabet menggunakan lagu anak-anak. Lagu ini akan membantu kamu mengingat dan mengulang huruf Thailand dengan mudah.

Ada berbagai versi lagu ini yang bisa kamu hapalkan untuk membantu pelajaran bahasa Thailand kamu.

5. Biasakan Diri Menggunakan Font yang Berbeda

Kamu wajib membiasakan diri membaca alfabet Thailand dengan berbagai font yang berbeda. Pasalnya font yang berbeda dapat membuat pembaca kesulitan.

Jangan khawatir. Kamu tetap bisa belajar tulisan Thailand dengan mudah.

Misalnya dengan membaca tulisan Thailand di tempat umum, membaca koran bahasa Thailand, membaca majalah bahasa Thailand, dan memerhatikan bagaimana merk ditulis dalam bahasa Thailand.

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

portrait young asian woman room working home

KURSUS BAHASA JEPANG

Basic A1

Kursus Bahasa Jepang Online – Jelajahi Budaya Jepang dengan Fasih Berbahasa 

confident asian businesswoman sitting meeting office smiling

KURSUS BAHASA MANDARIN

Basic A1

Kursus Bahasa Mandarin Online – Belajar Huruf Hanzi dan Komunikasi Berbahasa Mandarin dengan Tutor Berpengalaman!

Beasiswa S2

MENTORING BEASISWA

-

Kursus Mentoring Beasiswa Online – Tip dan Trik serta Bimbingan Motivation Letter Jenjang S1-S3

Job Interview 1

KURSUS JOB INTERVIEW

Basic A2

Kursus Job Interview Online – Mudah Lalui Fase Interview, Semakin Dekat dengan Perusahaan Impian