Persiapan Tes

Kursus GMAT

Intermediate B2

Follow Our Solution to Get Your Acceptance Letter!

Apakah Anda Kesulitan Menemukan Tempat Kursus GMAT yang Sesuai Kebutuhan Anda?

GMAT merupakan tes/standar penilaian untuk mengukur kompetensi serta pencapaian akademis seseorang. GMAT secara spesifik digunakan untuk memenuhi persyaratan program pascasarjana (graduate) dan jenjang magister (master) di jurusan manajemen-bisnis di berbagai perguruan tinggi maupun universitas di dunia. Kredibilitas  GMAT memang sudah tidak perlu diragukan. Lebih dari 7.000 program yang tersebar pada 2.300 jurusan pascasarjana perguruan tinggi dan universitas mau menerima sertifikat GMAT.

Namun, saat ini masih sedikit lembaga kursus yang menyediakan layanan bimbingan GMAT, padahal kebutuhan kursus ini semakin tinggi. Ikuti cara belajar GMAT bersama Tutor Berpengalaman Lister dengan metode yang telah teruji! 

Deskripsi Program

LISTER Preparation Course for GMAT merupakan program yang dirancang secara khusus untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi GMAT, dengan cara memberikan strategi, tip dan trik khusus untuk mengerjakan soal dengan benar dan tepat sehingga mampu memperoleh skor tinggi yang sesuai harapan dan target siswa.

Karakteristik Siswa

Program GMAT Preparation ini ditujukan bagi siswa yang ingin melamar ke beberapa perguruan tinggi ternama di dunia atau pun pencari beasiswa yang berencana untuk mengikuti program S-2 / S-3 dengan jurusan bisnis yang pada umumnya  berada di Amerika Serikat dan negara berbahasa Inggris lainnya.Program ini dianjurkan bagi siswa yang sebelumnya pernah mempelajari bahasa Inggris dengan kemampuan bahasa yang memadai dan cukup familiar dengan kemampuan Writing and Reading. Jika calon siswa masih pada level dasar dan belum mahir pada kemampuan tersebut, kami menyarankan untuk mengambil program Academic Writing atau Academic English terlebih dahulu.

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Interaksi One on One memungkinkan Anda untuk lebih fokus belajar. Cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat.
Semi Private Berdua
Ajak 1 teman, sahabat dekat atau saudara Anda untuk Belajar Bersama! Lebih hemat karena biaya kursus bisa dibagi berdua.
Semi Private (3-5)
Anda bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Belajar GMAT yang Sesuai Kebutuhan

Lister berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Dibersamai oleh Tutor Bersertifikat & Berpengalaman

Sebagai wujud keseriusan kami kepada para student, Lister selalu menyediakan Tutor-Tutor Berpengalaman yang telah mengambil tes GMAT sebelum mereka akhirnya diterima di universitas internasional impian mereka. Anda bisa belajar langsung dari ahlinya serta mendapatkan informasi pendukung dari sharing ilmu para Tutor yang akan semakin mendekatkan Anda dengan mimpi untuk berkuliah jurusan Manajemen atau Bisnis di luar negeri.

Sesuaikan pada Bagian yang Anda Inginkan

Setiap orang tentu memiliki kendala masing-masing saat menghadapi soal tes GMAT. Tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari materi yang telah Anda kuasai, Anda bisa memilih kursus private yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda hanya ingin meningkatkan kemampuan di bidang writing, ataupun di bagian kuantitatif nya saja. Hal ini akan membuat waktu belajar Anda semakin efektif! 

Ambil Bonus Kelas untuk Anda

Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak sebelum hari H tes Anda, Anda bisa mengambil kelas Ultimate Private, mulai 60 pertemuan. Di kelas ini, pembelajaran akan sangat intensif dan mendalam sehingga Anda akan sangat familiar dengan tipe soal GMAT. Anda juga bisa mengambil Kelas Bonus Program Bimbingan Beasiswa/Job Interview sesuai kebutuhan Anda! 

Lebih Cepat Tingkatkan Skor GMAT dengan Metode Lister yang Telah Teruji. Sekarang, Anda Bisa Mulai Belajar Dimana Saja dan Kapan Saja.

Tes GMAT vs Tes GRE

Baik GMAT maupun GRE sama-sama bisa digunakan untuk melamar ke perguruan tinggi pascasarjana di luar negeri. Namun, tes GMAT lebih spesifik penggunaannya, yakni hanya pada jurusan manajemen dan bisnis. Tes GRE juga bisa digunakan untuk melamar di kedua jurusan tersebut, namun tidak menutup kemungkinan untuk bisa digunakan di jurusan-jurusan lain. 

Pada tes GMAT, Anda akan dihadapkan pada soal dengan tipe Analytical Writing, Integrated Reasoning, Quantitative, dan Verbal dengan total pengerjaan kurang lebih 190 menit. Sedangkan pada GRE, bagian tesnya terdiridari Analytical Writing, Verbal, Quantitative Reasoning, dan Experimental dengan total durasi pengerjaan kurang lebih 160 menit.

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

GRE scaled

GRE PREPARATION

Intermediate B2

Kursus GRE Online – Lolos Seleksi Masuk S2 Luar Negeri dengan Skor GRE Tinggi

Beasiswa S2

SCHOLARSHIP MENTORING

Kursus Mentoring Beasiswa Online – Tip dan Trik serta Bimbingan Motivation Letter Jenjang S1-S3

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B2

Kursus IELTS Preparation Online – Garansi IELTS 7.5

University

UNIVERSITY PREPARATION

Kursus University Preparation – Kenali Atmosfer Kuliah di Luar Negeri 

Tentang GMAT: Pengertian, Manfaat dan Tips

Apa itu GMAT?

Graduate Management Administration Test atau biasa yang disebut GMAT adalah test potensi kemampuan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan gelar master atau doktoral di bidang bisnis, manajemen, dan akuntasi. Dan untuk gelar sarjana, biasanya GMAT tidak diperlukan.

Mengapa Harus Test GMAT

GMAT telah tersebar 650 pusat ujian dan lebih dari 114 negara. Test GMAT diperlukan untuk Anda yang ingin kuliah bisnis, manajemen atau bisnis diluar negeri, terutama untuk negara Amerika Serikat

Biaya Test GMAT

Untuk mengikuti test GMAT, peserta perlu membayar biaya sekitar USD 250 atau sekitar IDR 3.600.000

Bentuk Test GMAT
Quantitative

Test Quantitative menilai kemampuan Anda dalam menalar dan memecahkan masalah. Dalam tes ini menguji pengetahuan dasar SMA, seperti aritmatika, aljabar dan geometri dan menguji kemampuan penalaran berdasarkan dari logika kita memecahkan kasus. Test Quantitative berlangsung selama 75 menit terdiri dari 31 pertanyaan pilihan ganda,

Verbal

Test Verbal  menguji kemampuan membaca dan memahami setiap kasus, memberikan alasan dan menganalisa pendapat dan mengkoreksi materi serta menyimpulkan makna materi tersebut. Penting untuk menguasi kosakata dan grammar pada test ini. Test Verbal berlangsung selama 75 menit terdiri dari 36 pertanyaan pilihan ganda.

Analytical Writing Assessment

Test Analytical Writing Assesment menguji kemampuan Anda dalam menganalisa dan berpikir kritis. Anda harus membuat esai yang berisi argumen dari suatu kasus. Test Analytical Writing Assesment berlangsung selama 30 menit terdiri dari 1 essai.

Integrated Reasoning

Test Integrated Reasoning menguji kemampuan Anda dalam menganalisa data dan mengevaluasi informasi verbal dan kuantitatif yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, yaitu grafik, bagan, spreadsheets, email, dll. Test Integrated Reasoning berlangsung selama 30 menit terdiri dari 12 soal pilihan ganda.

GMAT sebenarnya bukan tes standarisasi, GMAT merupakan tes penyesuaian terhadap komputer. Artinya tes ini menyesuaikan soal-soal dengan tingkat kemampuan orang yang mengerjakan tes ini untuk menentukan nilai mereka. Di bagian awal anda diberikan soal dengan tingkat kesulitan yang sedang. Jika jawaban anda benar, anda akan diberikan soal yang lebih sulit, dan seterusnya. Jika jawaban anda salah, anda akan diberikan soal yang tidak terlalu sulit sampai komputer tersebut menentukan nilai anda secara akurat.

Penilaian Test GMAT:

Test GMAT memiliki skala nilai dari 200 (terendah) – 800 (tertinggi). Rata – rata syarat untuk masuk ke universitas top dunia, skor GMAT harus mencapai 600-700. Sertifikat GMAT berlaku selama 5 tahun

Cara Mendaftar Test GMAT

Untuk mendaftar test GMAT tersedia dapat melalui langkah – langkah berikut:

Online

Anda mendaftar lewat website mba.com. Anda juga harus melengkapi identitas diri pada website.

Telepon

Anda dapat menjadwalkan tes GMAT dengan menghubungi pusat layanan pelanggan Pearson VUE. Anda dapat menelepon dari hari Senin sampai Jumat. Biaya tes dapat dibayar dengan kartu kredit, kartu debit atau voucher, dan dikenakan biaya sebesar $10. Anda harus menelepon layanan pelanggan di wilayah pilihan setidaknya tiga hari sebelum ujian:

Amerika Serikat

Telepon (Bebas Pulsa dalam Amerika Serikat dan Kanada): 1-800-717-GMAT (4628), Central Time: 07:00-07:00.

Telepon: 1 (952) -681-3680, Central Time: 07:00-19:00. Fax: 1 (952) 681-3681

Eropa/ Timur Tengah/ Afrika

Telepon: 44 (0) 161 855 7219, Greenwich Mean Time: 09:00-06:00. Fax: 44 (0) 161 855 7301

Wilayah Asia Pasifik

Telepon: 603 8318-9961, Australia Eastern Standard Time: 09:00-18:00.

Cina

Telepon: 86-10-82345675. China Standard Time: 08:30-17:00. Fax: 86-10-61957800

India

Telepon: 91 (0) 120 439 7830, India Standard Time: 09:00-18:00. Faks: 603 8319 1092

Fax

Anda dapat mengunduh dan mencetak formulir penjadwalan GMAT dari mba.com dan fax ke pusat layanan pelanggan Pearson VUE di wilayah Anda. Biaya tes dapat dibayar melalui kartu kredit atau debit atau voucher. Anda harus mengirim fax setidaknya tujuh hari sebelum tanggal tes.

Mail/ Courier

Anda dapat mengunduh formulir penentuan jadwal GMAT dari mba.com. Formulir yang telah dilengkapi bersama dengan biaya tes dapat dikirim melalui kurir ke:

Pearson VUE

Subjek: GMAT Program

PO Box – 581.907

Minneapolis, MN – 55458-1907

Amerika Serikat

Anda harus mengirimkan formulir dan biaya tes minimal tiga minggu sebelum tanggal tes yang diinginkan.

Di Indonesia, hanya ada 3 tempat yang melayani tes GMAT:

co.id
PT Ebiz Infotama Interindo AMD Center di Surabaya, Jawa Timur,
Pearson VUE Testing Center, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia Salemba, DKI Jakarta.
Perbedaan GMAT dan GRE 
Biaya

Untuk test GMAT membutuhkan biaya USD 250. Sedangkan test GRE membutuhkan biaya yang lebih murah, yaitu USD 205

Sistem

Jika Anda tertarik untuk masuk sekolah bisnis, tapi tidak terlalu jago matematika, Anda bisa memilih GRE. Namun bahasa Inggris yang digunakan dalam GRE lebih rumit dibanding GMAT. Anda harus menguasai kosakata yang banyak jika ingin memilih GRE.

Jika Anda tertarik untuk masuk sekolah bisnis tapi tidak terlalu jago bahasa Inggris, Anda bisa memilih GMAT. Bahasa Inggris yang digunakan di GMAT tidak serumit GRE. Tetapi jika memilih GMAT Anda harus jago grammar dan jago matematika

Penggunaan

GMAT hanya dapat dipergunakan untuk masuk sekolah bisnis dan tidak dapat digunakan untuk sekolah jurusan lain. Sedangkan GRE penggunaanya lebih umum, GRE terkadan dapat digunakan untuk masuk sekolah selain bisnis.

Bentuk test

Pada Test GMAT, akan terdiri dari Analytical Writng selama 30 menit, Integrated Reasoning selama 30 menit, Quantitative selama 62 menit, dan Verbal selama 65 menit.

Sedangkan pada test GRE, Akan terdiri Analytical Writing selama 60 menit, Verbal selama 30 menit, Quantitative Reasoning selama 35 menit, dan Experimental selama 30-35 menit.

Tips Belajar Test GMAT
Susun Jadwal untuk belajar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun jadwal untuk belajar. Setidaknya Anda minimal belajar 2 – 3 jam sehari. Anda juga harus mulai belajar setidaknya 6 bulan sebelum Anda memulai test.

Membaca buku

Anda dapat membaca buku yang membahas tentang materi GMAT. Beberapa buku yang direkomendasikan adalah:

Offical Book for GMAT Review dari ETS (Educational Testing Service)

Buku ini digunakan sebagai sumber latihan soal. Contohnya:

GMAT Official Guide
GMAT Official Guide Verbal Review
GMAT Official Guide Quantitative Review
Menguasai kosakata dan grammar

Anda juga harus menguasai kosakata dan grammar, terutama untuk test GMAT bagian Verbal. Anda dapat belajar dengan menonton film, mendengar lagu atau membaca kamus.

Menggunakan sumber online

Anda dapat menggunakan beberapa sumber yang bisa Anda cari dan kerjakan melalui situs – situs. Pada zaman sekarang banyak sumber yang bisa Anda, di Google, Youtube, atau media lainnya

Mengikuti kursus

Untuk Anda yang mau belajar lebih ampuh, Anda dapat belajar dengan mengikuti kursus. Dengan mengikuti kursus juga lebih efektif dibandingkan belajar secara otodidak.

  Info Terbaru Kursus GMAT dan Tes GMAT

          Untuk anda yang berencana mengambil program pasca sarjana di bidang manajemen, bisnis, administrasi, atau akuntansi di universitas luar negeri, anda pasti paham bahwa anda harus mengikuti tes GMAT terlebih dahulu.  Untuk anda yang baru mendengar syarat ini atau ingin tahu lebih dalam mengenai tes GMAT ini, berikut kami berikan penjelasannya.

 Seperti Apa Tes GMAT itu?

            Tes GMAT (Graduate Management Administration Test) adalah tes kemampuan administrasi manajemen yang dilakukan menggunakan media komputer untuk para sarjana strata-1 yang hendak menempuh pendidikan pasca sarjana dalam bidang bisnis, administrasi, manajemen, atau akuntansi di universitas di luar negeri. Tentunya tes ini menggunakan bahasa inggris, dan karena dikhususkan untuk para calon mahasiswa pasca sarjana di bidang bisnis, maka soal-soal dalam tes GMAT menggunakan bahasa inggris, yang lebih mengutamakan kemampuan grammar dari para calon pesertanya. Sekali lagi, tentu saja grammar yang banyak digunakan dalam bidang bisnis, manajemen, admistrasi, atau akuntasi.

            Tes GMAT berisi 87 pertanyaan yang terbagi dalam 4 bagian soal dengan durasi tes GMAT selama 3 jam 30 menit. Seperti apa soal tes GMAT itu? Soal dalam tes GMAT terbagi dalam 4 bagian seperti berikut ini:

Analytical Writting Assesment

Tes analytical writting assessment akan menguji kemampuan kerangka berpikir anda dan mendiskripisikan berbagai ide atau solusi dari sebuah persoalan bisnis dan manajemen melalui sebuah essay yang dikerjakan selama 30 menit.

Integrated Reasoning

Tes satu ini untuk menguji kemampuan anda di dalam memahami dan menginterpretasikan beberapa sumber data untuk dianalisa. Tes ini berlangsung selama 30 menit.

Verbal Reasoning

Dalam verbal reasoning, anda akan diminta untuk mempresentasikan sebuah kasus yang diberikan untuk anda analisa, dan memberikan solusi dari kasus atau persoalan tersebut. Tes ini pun berlangsung selama 75 menit.

Quantitative Reasoning

Sesuai judul materinya, anda akan diuji dalam hal aritmatika, seperti aljabar, geometri, logika matematika, grafik, tabel data, dan sejenisnya. Tes ini pun berlangsung selama 75 menit.

Score range tes GMAT ini berkisar antara 200-800, dan berlaku cukup lama yaitu selama 5 tahun. Biayanya pun tidak murah, sejak tahun 2005, biaya tes GMAT sekitar 250 USD di semua Negara di dunia. Anda bisa mendaftarkan diri anda melalui website resmi mereka di www.mba.com. Di sana, anda akan mendapatkan jadwal dan lokasi tes GMAT di masing-masing Negara.

Namun, dengan kondisi pandemic covid-19 seperti ini, tes GMAT bisa dilakukan secara online, khusus bagi calon peserta yang belum pernah mendaftarkan diri untuk mengikuti tes GMAT secara offline di Negara masing-masing. Kalau anda sudah terlanjur mendaftarkan diri anda untuk mengikuti tes GMAT secara offline dan sudah mendapatkan jadwalnya, namun anda ingin beralih ke tes GMAT secara online, anda harus membatalkan tes GMAT secara offline melalui website resmi mereka. Mereka akan mengembalikan seluruh uang pendaftaran anda. Setelah itu, baru anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti tes GMAT secara online.

Kursus GMAT untuk Efisiensi Biaya

Bila tes GMAT diselenggarakan dalam bahasa Indonesia, mungkin anda akan lebih mudah mencapai skor yang tinggi dalam tes tersebut, namun karena tes GMAT diselenggarakan dalam bahasa inggris, tentu tes ini tidak akan mudah untuk dikerjakan. Setidaknya anda harus menguasai berbagai kosa kata yang digunakan dalam dunia bisnis, manajemen, akuntansi, dan administrasi, selain kemampuan anda dalam hal ekonomi.

Untuk bisa mendapatkan skor GMAT yang dipersyaratkan universitas tujuan anda, anda perlu mengikuti kursus GMAT, mengingat biaya tes GMAT ini tidaklah murah. Jangan sampai anda memperoleh skor di bawah batas yang dipersyaratkan oleh universitas impian anda.

Saat ini, sudah banyak sekali lembaga kursus GMAT di beberapa kota besar di Indonesia. Anda bisa mencari info biaya dan materi yang akan diberikan lembaga kursus GMAT tersebut terlebih dahulu. Mereka akan melatih kemampuan anda dalam membaca, memahami, menganalisa, dan mengevaluasi berbagai data dari berbagai sumber yang berkaitan dengan dunia bisnis, administrasi, manajemen, dan akuntansi.

Dengan mengikuti kursus GMAT, kosa kata anda dalam hal ekonomi dan bisnis pun akan semakin kaya. Tentu ini akan memudahkan anda dalam mengikuti tes GMAT, mengingat tes GMAT mewajibkan anda menulis essay dan mempresentasikan sebuah persoalan bisnis dan manajemen dalam bahasa inggris, selain soal pilihan ganda.

Keragaman kosa kata dan kemampuan anda dalam menyampaikan argumentasi menggunakan grammar yang tepat, tentu akan meningkatkan perolehan skor tes GMAT anda. Dengan mengikuti kursus GMAT, secara tidak langsung anda telah mengivestasikan masa depan anda hingga 5 tahun ke depan.

Untuk mengetahui lembaga kursus GMAT yang terbaik, anda bisa mencari informasinya kepada mereka yang pernah mengikuti kursus GMAT. Carilah komunitas atau thread khusus yang dibuat oleh master manajemen yang sudah berhasil menempuh pendidikan di universitas impiannya.

Anda juga bisa mencari informasi lembaga kursus GMAT terbaik melalui komunitas para lulusan pasca sarjana bidang bisnis, administrasi, manajemen, dan akuntansi lulusan universitas luar negeri yang berasal dari Indonesia. Testimoni mereka tentu akan sangat mempermudah anda dalam memilih lembaga kursus GMAT yang terbaik.

Zaman sekarang mencari informasi apa saja bukanlah hal yang sulit. Bila anda berencana mengambil tes GMAT secara online, anda sebaiknya mengonsultasikan terlebih dahulu kepada lembaga kursus GMAT tersebut. Karena mungkin saja ada format tes yang berbeda, atau memerlukan tips dan trik menjawab soal yang lebih tepat lagi.

Dengan mengikuti kursus GMAT, anda juga akan mengetahui kelemahan dan kelebihan anda, sehingga dalam persiapannya pun anda bisa lebih memberikan perhatian khusus pada kelemahan anda. Fokus dengan perbaikan, dengan tetap mempertahankan kelebihan anda. Misal, kelemahan anda dalam grammar, karena kosa kata yang anda pahami tidak terlalu banyak.  Maka, anda bisa minta kepada mentor kursus GMAT anda tips dan trik memahami dan mengahafal berbagai kosa kata asing tersebut dengan cepat dan mudah.

Karena ini berkaitan dengan bisnis dan manajemen, tentu saja soal yang diberikan akan berkaitan dengan berbagai permasalahan ekonomi dan bisnis dunia yang sedang hits. Nah, anda bisa memfokuskan kekayaan kosa kata anda melalui berbagai informasi dan berita – berita terbaru tersebut. Sehingga persiapan anda pun lebih matang, dan siap untuk mendapatkan skor yang disyaratkan oleh universitas impian anda.